Motivasi – Contoh Motivasi Kerja, Hidup, Belajar, Cinta, Sukses

Posted on

Motivasi

Laelitm.com – Motivasi adalah salah satu cara yang banyak dilakukan untuk meningkatkan lagi semagat hidup dan semangat diri sendiri di saat merasa tumbang. Ada banyak kata motivasi yang bisa diambil dari beberapa tokoh penting yang bisa sahabat belajar gunakan sebagai pemicu semangat.

 

Apa Itu Motivasi

Motivasi merupakan proses yang memberikan penjelasan intensitas, arah dan ketekunan dari seorang individu untuk bisa mencapai tujuannya. Ada tiga elemen utama di dalam definisi ini di antaranya merupakan intensitas, arah dan juga ketekunan.

Motivasi bisa menjadi sebuah dasar atau alasan yang mendasari seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi sendiri dimiliki oleh orang tersebut dan merupakan alasan yang sangat kuat untuk seseorang agar dapat mencapai apa yang diinginkan.

Akan tetapi dalam msayarakat motivasi diartikan sebagai sebuah semangat, motivasi digunakan untuk mendorong seseorang agar bisa melakukan apa yang mereka inginkan dan mencapainya.

Sehingga ada dua pengertian motivasi di masyarakat yang kita kenal saat ini, yang pertama motivasi diartikan sebagai sebuah alasan dan yang kedua motivasi diartikan sebagai sebuah semangat.

 

Bentuk Motivasi

Setiap orang sejatinya mempunyai motivasi di dalam dirinya sendiri yang menjadi semangat dan memacu diri sendiri untuk menjadi lebih baik. Spirit ini dapat berasal dari mana saja, bisa dari diri sendiri mau pun berasal dari faktor luar.

Kedua faktor ini bisa memberikan dampak yang hebat jika keduanya hadir bersamaan untuk mendorong seseorang agar termotivasi. Jadi selain memotivasi diri sendiri, motivasi dari orang terdekat seperti keluarga atau teman-teman. Dapat menjadi dorongan yang hebat bagi seseorang ketika mereka membutuhkannya.

Berikut ini adalah bentuk bentuk motivasi yang bisa sahabat belajar pelajari :

Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ini berasal dari luar misalnya dari keluarga, teman teman atau pun sesuatu yang membuat seseorang menjadi termotivasi. Membangun dan menumbuhkan semangat dari diri sendiri bisa berasal dari faktor luar.

Motivasi Instrinsik

Tidak hanya dari luar, motivasi juga bisa tumbuh dan berkembang di dalam diri sendiri dan memberikan pengaruh yang positif bagi orang tersebut. Agar dapat melakukan sesuatu yang bernilai dan berarti.

 

Faktor-Faktor Motivasi

Terdapat dua faktor yang menimbulkan suatu motivasi dari diri sendiri, berikut ini adalah faktornya :

Faktor Internal (Intern)

Faktor ini bersumber dari diri sendiri dan memunculkan semangat untuk dapat melakukan apa yang harus dilakukan. Kita tidak harus menunggu motivasi dari orang lain atau dari luar. Namun dengan menumbuhkan motivasi dalam diri kita, maka kita akan dapat melakukan apa yang seharusnya kita lakukan sebaik-baiknya.

Beberapa hal yang termasuk dalam motivasi faktor internal adalah sebagai berikut :

1.) Harga diri dan prestasi yang dapat menimbulkan motivasi dalam diri kita ketika kita ingin prestasi yang kita inginkan. Dengan begitu kita akan berusaha untuk melakukan yang terbaik, bahkan 200% usaha akan dikerahkan. Agar kita dapat membuktikan prestasi dan menaikkan harga diri kita.

2.) Kebutuhan juga dapat menimbulkan motivasi karena kebutuhan akan sesuatu di dalam hidup kita. Maka kita akan termotivasi untuk memenuhi kebutuhan itu.

3.) Adanya harapan yang hendak kita capai akan membuat kita berusaha sebisa mungkin untuk dapat mencapai apa yang kita harapkan di masa depan.

4.) Tanggung jawab dari dalam diri sendiri untuk bekerja lebih keras dari orang lain juga bisa menjadi motivasi dari diri sendiri.

5.) Kepuasan ketika melihat hasil kerja akan memberikan semangat dan motivasi tersendiri yang berasal dari dalam diri kita. Dan mendorong kita bekerja dengan lebih keras dan lebih baik dari orang lain.

 

Faktor Eksternal (Ekstern)

Faktor dari luar juga menjadi salah satu faktor yang cukup penting untuk menumbuhkan motivasi dalam diri kita. Sebab dengan adanya faktor dari luar maka kita akan merasa lebih termotivasi. Misalnya dari keluarga atau teman-teman di sekitar kita.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor eksterna, di antara adalah :

1.) Jenis dan sifat pekerjaan bisa menjadi salah satu pendorong bagi seseorang untuk bekerja dengan lebih keras dan lebih baik. Karena dipengaruhi dengan imbalan yang besar dan menggiurkan.

2.) Kelompok kerja juga menjadi salah satu pendorong bagi kita untuk memberikan yang terbaik dan bekerja lebih baik.

3.) Kondisi kerja bisa membuat seseorang termotivasi agar dapat bekerja sesuai dengan harapannya.

4.) Hubungan interpersonal yang berasal dari keluarga, teman, saudara dan sahabat menjadi salah satu pendorong motivasi bagi seseorang untuk menjadi lebih baik.

 

Fungsi Motivasi

Motivasi ini pun memiliki beberapa fungsi di antara adalah :

1.) Mendukung timbulnya sebuah tindakan dan kerja keras dari seseorang untuk melakukan sesuatu sebaik mungkin.

2.) Menjadi pengarah untuk mewujudkan impian dan tujuan hidup seseorang.

3.) Menjadi penggerak bagi seseorang untuk dapat melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya.

 

Contoh Motivasi

Tidak hanya akan memberikan pembahasan mengenai motivasi, kami juga sudah menyiapkan beberapa contoh motivasi. Mudah-mudahan saja bisa memberikan motivasi bagi sahabat belajar dan menumbuhkan semangat.

Di sini kami memiliki beberapa contoh motivasi, mulai dari motivasi kerja, hidup, belajar, cinta dan motivasi sukses. Semoga dapat dijadikan sebagai salah satu pemicu motivasi bagi kita semua.

Motivasi Kerja

 

 

 

 

 

Motivasi Hidup

 

 

 

 

 

 

Motiovasi Belajar

 

 

 

 

 

 

Motivasi Cinta

 

 

 

 

 

Motivasi Sukses

 

 

 

 

 

 

Nah, itu dia bebebrapa motivasi yang bisa kami susun semoga dapat meningkatkan semangat bagi sahabat semua dalam menjalani kehidupan.

Artikel Lainnya: