Narasumber adalah – Pengertiannya menurut para ahli

Posted on

Narasumber adalah – Pengertiannya, tugas dan Syarat

Untuk Mendapatkan sebuah informasi yang valid tentunya kita memerlukan narasumber untuk dapat kita wawancarai. Orang yang kita wawancarai tentunya narasumber yang memang harus benar-benar ahli dalam bidang tertentu sesuai tema judul wawancara kita. Nara sumber yang ahli sangat kita butuhkan untuk mendapatkan data yang kita butuhkan dengan kriteria terbaik.

Nara sumber adalah

 

Pengertian Narasumber secara umum

Secara umum artinya merujuk kepada salah satu orang, orang itu mewakili pribadi ataupun suatu badan atau juga lembaga yang mengetahui secara jelas tentang suatu informasi atau menjadi sumber informasi untuk kepentingan pemberitaan di media massa. Biasanya data yang didapat yaitu hasil wawancara langsung tentang isu yang sedang menjadi bahan perbincangan di media masa.

 

Menurut Bagong Suyatna

Yang dimaksud Narasumber adalah seorang yang berperan atau seorang yang menjadi informan dalam pengambilan data yang akan digali dan menguasai didalam persoalan yang ingin diteliti dan berwawasan cukup.

 

Menurut Pasal 1 Angka 13 permendagri No. 33 Tahun 2007

Penelitian dan Pengembangan dalam ruang lingkup Departemen Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah berpedoman pada hal berikut : Tenaga Ahli atau Narasumber adalah orang yang memiliki kompetensi dibidang ilmu atau keahlian tertentu.

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Narasumber yaitu orang yang memberikan sebuah informasi secara jelas”.

 

Menurut Masyarakat Setempat

Narasumber yaitu orang yang memiliki keahlian yang berkaitan dengan tema atau topik yang sedang dibahas dalam sebuah wawancara atau tanya-jawab.

 

Tugas Narasumber

Tugas dari seorang Narasumber sebagai berikut : memberikan sebuah informasi ,dimana  hanya narasumber saja yang tau tentang informasi tersebut “tentang peristiwa/kejadian” yang akan menjadi pokok diskusi ” inti dari narasumber”.

 

Syarat Menjadi Seorang Narasumber

Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang Narasumber supaya didalam proses wawancara penyampaian materi akan lebih optimal ialah sebagai berikut:

  1. Pamahaman tentang materi yang akan disampaikan.
  2. Metode pengajaran yang menarik.
  3. Pemanfaatn kemajuan teknologi.
  4. Disiplin waktu dan menghargai meoderator.
  5. Dan Interaktif.

 

Baca juga artikel kami yang ini :