Pancasila Adalah? Sila, Dasar, Lambang, Nilai Beserta Ideologi

Posted on

Pancasila adalah dasar dari Negara Indonesia yang memiliki 5 sila di dalamnya dan merupakan pedoman untuk hidup sebagai bangsa Indonesia. Pancasila sendiri sudah dipelajari sedari dini, bahkan mulai di sekolah taman kanak–kanak kita sudah diperkenalkan dengan Pancasila.

Pancasila sendiri menjadi lima dasar atau lima pedoman penting Indonesia yang harus dipegang teguh oleh masyarakatnya.

Isi Pancasila sendiri dirangkum sedemikian rupa dan menggambarkan Indonesia sebagai negeri yang kaya tidak hanya oleh kekayaan alamnya saja. Namun juga kaya akan adat dan budaya dari Sabang hingga Merauke.

Hal ini adalah salah satu kebanggaan dari Indonesia yang tidak boleh dilupakan oleh masyarakatnya.

Teks Pancasila

Jangan bilang kamu warga Indonesia jika tidak tahu isi teks dari Pancasila. Sebab teks Pancasila sendiri biasanya sudah mulai diajarkan dan dihafalkan sejak duduk di sekolah taman kanak kanak.

Jadi kamu harus malu jika kamu lupa atau bahkan tidak hafal jika diminta untuk menyebutkan teks Pancasila.

Nah, berikut ini sahabat belajar isi teks Pancasila :

Nilai Pancasila

Pancasila sendiri merupakan ideologi Indonesia dan mempunyai peran serta nilai yang sangat penting untuk dimaknai dan diaplikasikan di dalam kehidupan sehari–hari.

Pancasila sendiri memiliki nilai yang sangat luhur dan menjadi pandangan hidup bagi rakyat Indonesia. Untuk masyarakat Indonesia harus mengetahui apa saja makna yang terkandung di dalam Pancasila.

Ideologi Negara ini dibentuk dari sejarah dan proses yang sangat panjang serta melibatkan pemikiran dari para pahlawan Nasional Indonesia yang menggunakan pemikiran itu tercipta suatu susunan ideologi atau pun dasar Negara yang saat ini dikenal dengan nama Pancasila.

Pancasila tersusun atas 5 sila yang menjadi dasar dari Negara Indonesia dan ditetapkan sebagai pedoman hidup berbangsa dan juga bernegara karena adanya nilai – nilai yang terkandung di dalam Pancasila itu sendiri.

Apa saja nilai nilai dari Pancasila yang terkandung di dalam ke lima sila ini dan menjadi sumber dari ideologi berbangsa dan bernegara.

Berikut ini adalah makna dari Pancasila yang wajib sahabat belajar ketahui dan pelajari :

1.) Nilai Religius dan Keagamaan dalam Sila Pertama

Jika membicarakan mengenai nilai – nilai Pancasila di dalam sila pertama ini terkandung nilai mengenai religious dan juga keagamaan. Sila pertama dari Pancasila ini mengalami perubahan dan sejarah yang sangat panjang sehingga akhirnya diperoleh sila yang saat ini anda kenal.

Perubahan yang dibuat tersebut ditujukan agar tidak terjadi konflik antar umat Bergama dikarenakan penggunaan kata yang tidak terlalu tapat.

Nilai Pancasila inilah yang dibuat sebagai pedoman masyarakat Indonesia yakni untuk dapat saling menghargai berbagai perbedaan keyakinan yang ada sehingga tidak lagi menimbulkan konflik.

2.) Nilai Kemanusiaan dalam Sila Kedua

Pancasila menjadi sumber nilai di dalam kehidupan bermasyarakat untuk mengajarkan banyak sekali hal yang bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari – hari. Salah satunya adalah yang terkandung di dalam sila ke dua dari Pancasila ini yang memiliki nilai kemanusiaan di dalamnya.

Apabila diterapkan di dalam kehidupan sehari – hari, nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – hari ini bisa diterapkan adalah adanya sikap dan nilai untuk saling mengakui terhadap sesama manusia dan juga untuk bisa memperlakukan sesama dengan adil.

3.) Nilai Persatuan Bangsa dalam Pasal Ketiga

‘Persatuan Indonesia’ merupakan bunyi dari Pancasila yang mengandung nilai yang begitu berarti dan begitu besari karena di dalam satu sila yang sangat singkat ini mengandung nilai – nilai Pancasila yang mengacu pada persatuan dan kesatuan dari Bangsa Indonesia di tengah perbedaan yang dimiliki oleh bangsa ini.

Sehingga dari sila ini pula lah akan diperoleh nilai jika kekuatan terbesar dari bangsa ini adalah perbedaan yang bisa tetap menyatukan masyarakatnya. Maka dari itulah sebagai generasi muda anda harus ikut dalam menjaga persatuan dan kesatuan tersebut.

4.) Nilai Kerakyatan dalam Sila Keempat

Sila ke empat dari Pancasila ini masih membahas mengenai sumber nilai dan sumber nilai Pancasila selanjutnya yang bisa ditemukan pada Pancasila sila ke empat ini ialah mengenai kerakyatan.

Di mana di dalam sila ini terkandung nilai yang lebih dalam yang menjelaskan mengenai kedaulatan yang ada di tangan rakyat dan juga budaya bermusyawarah untuk mufakat yang digunakan untuk mengambil sebuah keputusan ini menjadi salah satu dasar dari bangsa ini.

5.) Nilai Keadilan Sosial dalam Sila Kelima

Pada sila ke lima di Pancasila ini nilai instrumental yang ditunjukkan berkaitan dengan keadilan sosial. Karena Pancasila merupakan sumber nilai yang menjadi pedoman hidup yang ada di dalam sila ke lima ini yang sangat mengedepankan keseimbangan di antara hak dan juga kewajiban untuk saling menghormati satu sama lain.

 

Nah, semua makna yang terkandung di dalam Pancasila di atas, haruslah sahabat belajar pahami. Untuk kemudian diterapkan di dalam kehidupan kita sebagai masyarakat Indonesia. Sebab Pancasila sendiri mencerminkan masyarakat Indonesia yang terdiri dari keberagaman suku, agama dan budaya.

Jadi selain menghafal isi dari Pancasila, sahabat belajar juga wajib mengerti maknanya ya. Jangan hanya hafal di mulut saja namun tidak mengamalkan ke lima sila yang ada.

 

Demikian pembahasan mengenai Pancasila dan nilai yang terkandung di dalam kelima sila yang ada di dalam Pancasila dan menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia.

Sekarang sudah tahu kan, jika Pancasila adalah sebuah pedoman hidup yang harus selalu diingat dan dijalani oleh kita sebagai warga Negara Indonesia.

Artikel Lainnya: