Pantun Anak

Posted on

Pantun Anak

Laelitm.com – Pantun anak merupakan salah satu dari jenis pantun yang paling sering digunakan di dalam sebuah materi pembelajaran, karena pantun ini memang dibuat untuk anak anak maka gaya bahasa yang digunakan pun lebih sederhana dibanding dengan jenis pantun lainnya.

Pantun sendiri merupakan salah satu dari jenis puisi lama yang memiliki karakter unik sehingga mudah untuk dikenali. Pantun terdiri atas 4 baris, dan setiap barisnya terdapat sekitar 8 hingga 12 suku kata, menggunakan saja a – b – a – b, baris pertama dan yang kedua merupakan sampiran sementara baris ketiga dan ke empat atau terakhir merupakan makna, isi atau gagasan dari pantun tersebut.

Pantun terdiri atas beberapa jenis yakni pantun agama, pantun nasehat, pantun jenaka, pantun teka – teki, pantun romantis dan pantun anak.

Untuk karakterisitiknya sendiri pantun anak sama saja dengan pantun biasa, hanya yang membedakannya dengan pantun jenis lainnya terletak pada isi dan gagasannya pada baris ketiga dan keempat, dimana pantun anak biasanya berisikan hal hal yang berhubungan dengan anak anak tentunya.

Namun biasanya pantun anak berisi beberapa tema seperti humor atau lucu – lucuan namun bisa juga diisi dengan nasehat yang tentu saja ditujukan untuk anak – anak. Nah, kira – kira itu dia ciri dan karakteristik dari pantun anak – anak, lalu apa sih pengertian dari pantun anak – anak. Nah, penjelasannya ada di bawah ini! Silahkan disimak!

Pengertian Pantun Anak – Anak

Pantun anak – anak merupakan salah satu dari jenis pantun yang tema dan isinya tertuju untuk anak – anak baik isi di dalamnya berupa jenaka, nasehat atau berisi sebuah ajakan atau perintah untuk melakukan sesuatu yang baik tentunya.

Pantun anak – anak juga bisa diartikan sebagai sebuah pantun yang mempunyai tujuan dengan masa kanak – kanak karena pantun ini menggambarkan maknsa suka cita, nasehat dan ajakan bagi anak – anak untuk melakukan kegiatan yang benar dan bermanfaat sepert beribadah, patuh pada orang tuan, rajin belajar serta bersikap sopan.

Pantun anak – anak ini juga menggambarkan dunia mau pun kehidupan anak – anak yang menyenangkan, menggembirakan dan penuh dengan kesenangan seperti bermain, belajar dan juga kegiatan anak – anak yang lainnya.

Berbeda dengan jenis pantun dan karya sastra lainnya, pantun anak – anak ini menggunakan bahasa yang jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan karya sastra yang lain hal ini dikarenakan pantun anak – anak yang dibuat dan ditujukan pada anak – anak yang masih memiliki kosakata yang terbatas.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah contoh puisi anak – anak :

Contoh Puisi Anak – Anak

Burung bangau burung dara

Terbang tinggi melayang – layang

Hati ku jadi sangat gembira

Mendengar ayah akan pulang

Di atas langit ada burung elang

Hinggap di puncuk dedaunan

Ayah kini sudah pulang

Bawa banyak sekali makanan

Makan kolang kaling campur kelapa

Dicampur sedikit dengan nira

Adik merasa sangat gembira

Lihat kakak sudah pulang ke rumah

Bikin selendang benang benang

Merajut bersama pasutri dayang

Hatiku merasa sangat senang

Dengar ayah akan pulang

Sapi kerja dengan menarik pedati

Pedatinya bergoyang goyang

Kakak selalu baik hati

Sehingga banyak yang sayang

Ayo kita segera benih padi kita sebar

Ada burung susah dikejar

Ayah memang sangat penyabar

Sehingga aku suka belajar

Kancil melompat lompat karena senang

Katak melompat dengan pelan

Sebentar lagi waktu liburan

Aku ingin jalan jalan

Beli penggaris dengan bunga

Cicak meratap hatinya merenung

Kemana yang ayah suka

Ke pantai apa ke gunung

Bunga mawar bunga seroja

Ada hewan yang namanya rusa

Liburan nanti mau ke mana

Jalan jalan keliling desa

Makan empek empek lebih enak sama cuka

Lezat sekali menggoyang lidah

Ke kota ayah sangat suka

Tapi di desa ada yang lebih indah

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai pantun anak – anak mulai dari pengertian, ciri – ciri hingga contoh pantunnnya. Semoga dengan pejelasan kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan anda semua jangan lupa mampir ke website kami lagi untuk pembahasan materi yang berikutnya.

Artikel Lainnya :