Pantun Teka Teki

Posted on

Pantun Teka Teki

Laelitm.com – Seperti yang sudah anda ketahui jika pantun memiliki banyak sekali jenis, mulai dari pantun teka – teki, pantun jenaka, pantun anak, pantun agama dan pantun nasehat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pantun teka teki. Pantun ini sendiri memiliki ciri dan karakteristik yang sama dengan pantun jenaka karena tujuan dari pantun ini adalah memberkan hiburan dengan cara memberikan teka teki yang lucu di dalamnya.

Nah, lalu apa sih pantun teka teki ini? Anda bisa mencari tahunya melalui penjelasan yang sudah kami rangkum di bawah ini. Karena artikel kali ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian pantun teka – teki beserta dengan contohnya. Simak di bawah ini ya!

Pengertian Teka Teki

Pantun teka – teki merupakan pantun yang berisikan teka – teki di dalamnya dan pantun ini sendiri tergolong ke dalam salah satu jenis permain di dalam sebuah karya sastra.

Pantun ini juga termasuk ke dalam salah satu di antata jenis pantun yang lainnya yang memuat berbagai macam teka – teki yang wajib untuk dijawab oleh pendengarnya. Pantun ini tak hanya memberikan teka – teki namun juga hiburan yang bisa memunculkan gelak tawa, karena biasanya teka – teki dan jawaban yang digunakan memiliki unsur lucu yang membuat orang tertawa, maka dari itu pantun ini termasuk ke dalam salah satu jenis permainan yang ada di dalam sebuah karya sastra.

Karakteristik Pantun Teka – Teki

Pantun ini sendiri memiliki karakteristik dan ciri ciri yang sama dengan pantun atau puisi lama pada umumnya, yakni :

  • Terdiri atas 4 baris.
  • Terdapat 8 hingga 12 suku kata pada setiap baris.
  • Bersajak a-b-a-b.
  • Baris 1 dan 2 berisi sampiran
  • Baris ke 3 dan 4 berisi gagasan atau makna

Secara umum karakteristiknya hampir sama dengan pantun pada umumnya, seperti terdiri dari 4 baris, memiliki 8 hingga 12 suku kata pada setiap bari dan bersajak a-b-a-b. Hanya saja yang membedakannya adalah pertanyaan yang terkandung di dalam pantun ini terletak di akhir baris pada pantun teka – teki ini.

Pantun teka – teki ini tak hanya bisa dijadikan sebagai hiburan saja tapi juga bisa digunakan untuk memacu otak agar lebih terasah dan tetap dalam keadaan fresh dengan teka – teki yang dihadirkan.

Karena pada dasarnya segala hal yang memiliki bentul teka – teki ini sendiri akan membuat kita menjadi semaki penasaran dan menarik otak kita agar lebih terpicu untuk mencari jawabannya yang disajikan secara tersirat dan menggunakan kalimat sastra yang menarik, aktifitas yang kelihatannya berat karena harus mencari jawaban dari teka teki ini justru membuat otak kita merasa lebih ringan sehingga membuat kita merasa lebih terhibur pada saat mendengarkan pantun ini.

Contoh Pantun Teka – Teki

Sawah besar indahnya sungguh tiada tara

Bisa kau lihat di pedesaan

Ada ekor di atas kepala

Hewan apa gerangan

Jawab : Gajah

Kenapa ada upacara di hari ini

Baris berbaris secara teratur

Hobi keluar di malam hari

Lah kok siang malah tidur

Jawab : Kelelawar

Pergi berlibur ke Cibodas

Jangan lupa juga menanam padi

Jika kau mengaku cerdas

Coba cari binatang apa tanduk di kaki

Jawab : Ayam

Buah nanas buah semangka

Dijual di pasar buah buahan

Cobalah jawab hai saudara

Apa yang makin diisi makin ringan

Jawab : Balon

Liburan ke kota naik angkutan

Jangan lupa mampir ke balai kota

Punya sisik tapi bukan ikan

Pakai mahkota tapi bukan raja

Jawab : Nanas

Adik suka main bola sama teman

Pulang hingga sore hari

Jika panas tak dihiraukan

Sudah hujan banyak yang cari

Jawab : Payung

Berangkat ke sekolah naik sepeda

Dikayuh kencang sepanjang jalan

Bentuknya kotak keluar suara

Coba tebak benda apakah gerangan

Jawab : Radio

Nah, akhirnya pembahasan kali ini selesai juga. Bagaimana dengan contoh puisi teka teki di atas? Apakah anda bisa menjawab atau malah tertawa dibuatnya, semoga bermanfaat untuk anda semua ya.

Artikel Lainnya :