Pantun – Pengertian Dan Ciri Ciri Pantun

Posted on

Pantun – Pengertian Dan Ciri Ciri Pantun

Laelitm.com – Pantun adalah salah satu dari jenis puisi lama yang masih terkenal hingga saat ini bahkan masih banyak digunakan. Saat mendengar pantun anda semua pastinya sudah pernah membuat atau membacakan pantun bukan, karena pantun sendiri merupakan karya sastra yang cukup mudah untuk dibuat jika dibandingkan dengan jenis karya sastra yang lainnya.

Jika berbicara mengenai pantun pasti tak akan luput dengan pantun jenaka ya, karena pantun memang seringkali digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang lucu, meski begitu pantun sendiri memiliki banyak jenis selain pantun jenaka, ada pantun anak – akan dan patun religi. Untuk lebih jelasnya yuk, kita simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Pantun

Pantun merupakan jenis puisi lama yang pada tiap baitnya memiliki atau teridiri dari empat yang terdiri dari sampiran dan isi. Pada dua bait pertama pantun akan berisi sampiran dan dua bait berikutnya akan berisi makna atau isi dari pantun tersebut.

Pantun sendiri memiliki beberapa ciri – ciri yang membedakan jenis puisi lama ini dengan jenis puisi baru pada umumnya. Dan berikut ini adalah ciri – ciri pantun yang wajib untuk anda pelajari agar anda bisa mengetahui apa perbedaan pantun ini dengan puisi yang lainnya.

Ciri – Ciri Pantun

Pantun merupakan jenis puisi lama yang berasal dari kata patuntun yang pada awalnya dijadikan sebagai penuntun hidup bagi orang – orang yang mendengar mau pun membaca pantun ini. Sehingga pantun berisi nasihat atau kata – kata bijak pada dua bait terakhirnya atau isi pantun tersebut.

Bukan hanya sekadar memberikan nasihat dan imbauan, penyampaian pantun ini pun mempunyai ciri – ciri khas yang begitu kental dan sangat terasa. Berikut ini adalah ciri – ciri pantun yang wajib untuk anda ketahui :

  1. Tiap Bait Terdiri atas Empat Baris

Apabila di dalam prosa anda lebih mengenal istilah pragraf pada setiap rangkaian kalimat yang berada di dalam satu gagasan utama, maka untuk puisi sendiri lebih aktab dengan bait pada setiap rangkaian kalimatnya. Tiap bait berisi untaian kata – kata yang berada pada satu gagasan yang setiap gagasan atau isinya berbeda – beda tergantung ciri khas dari jenis puisi itu sendiri.

Untuk pantun sendiri mempunyai ciri khas yang kuat yakni terdiri dari empat baris pada tiap baitnya dan memiliki barisan kata – kata yang disebut dengan larik.

  1. 8-12 Suku Kata di Tiap Baris

Pantun sendiri adalah jenis puisi lama yang pada awal kemunculannya tidak pernah dituliskan akan tetapi disampaikan hanya dalam bentuk lisan sehingga tiap baris pada pantun dibuat sesingkat mungkin dengan isi yang padat sehingga ciri – ciri panting yang berikutnya adalah terdiri atas 8 hingga 12 suku kata.

  1. Memiliki Sampiran dan Isi

Pantun tak hanya padat berisi akan tetapi juga mempunyai pengantar yang puitis sehingga terdengar lebih jenaka, hal ini lah yang membuat pantun lebih mudah dikenal dan diingat banyak orang. Pengantar pada pantun biasanya tidak memiliki hubungan dengan isi akan tetapi menjabarkan mengenai peristiwa mau pun kebiasaan yang terjadi pada masyarakat.

Pengantar pada pantun ini sendiri disebut dengan sampiran dan ditempatkan di baris pertama dan kedua. Sedangkan pada baris ketiga dan keempat akan berisikan makna atau isi dari pantun yang ingin disampaikan.

  1. Berima a-b-a-b

Ciri – ciri yang paling mencolok dari pantun adalah rima atau bisa juga disebut dengan sajak yang merupakan kesamaan bunyi yang terletak di dalam puisi. Biasanya jenis – jenis pada puisi lama akan memiliki rima yang terlihat begitu terasa dan kental. Hal ini juga berlaku pada pantun, yang memiliki ciri khas kuat yakni terdapat pada rima yang berbentuk a-b-a-b.

a-b-a-b sendiri merupakan kesamaan bunyi di antara baris pertama dengan ketiga pantun dan baris kedua dengan baris keempat pada pantus sehingga kesamaan bunyi yang ada pada pantun ini selau terjadi di antara sampiran dan juga isi.

Jenis – Jenis Pantun

Pantun sendiri memiliki beberapa jenis dan berikut ini adalah jenis – jenis yang terdapat pada pantun :

  1. Pantun Nasihat
  2. Pantun Jenaka
  3. Pantun Anak
  4. Pantun Agama
  5. Pantun Berkasih – Kasihan
  6. Pantun Teka Teki

Contoh Pantun

Ada sumur di tengah ladang

Boleh kah kita menunpang mandi

Jika ada umur panjang

Bolehkan kita bertemu lagi

Artikel Lainnya :