Past Participle – Pengertian, Contoh Dan Arti Kalimatnya

Posted on

Past Participle – Pengertian, Contoh Dan Arti Kalimatnya

Past Participle – Di dalam bahasa inggris ada salah satu istilah yang sangat dikenal yakni past participle. Apa itu past participle? Nah maka dari itu artikel kali ini akan memberikan pembahasan mengenai past participle mulai dari pengertian lengkapnya hingga contoh kalimatnya. Past participle adalah perubahan dari suatu verb atau kata kerja tertentu, jika di Indonesia past participle ini biasa disebut dengan istilah ver 3 atau setiap kata kerja selalu mempunyai bentuk past participle yang entah itu regular verb atau perbuhan beraturan maupun irregular vern atau perubahan tidak beraturan.

Selain itu penggunaan dari past participle ini bisa sangat luas di dalam komunikasi bahasa inggris karena selain digunakan di dalam tense sebagai verb, past participle sendiri juga bisa digunakan di dalam passive voice, noun phrase, participle phrase dan juga reduced adjective clause.

Untuk lebih lengkapnya sebelum mulai ke contoh kalimat mari kita bahas mengenai pengertian dari past participle dan fokus pada pengertian lengkap, penggunaan dan juga contoh kalimatnya. Simak pembahasannya di bawah ini ya.

Apa Itu Past Participle

Sudah dijelaskan sedikit di atas jika past participle bisa dimaknai sebagai perubahan bentuk dari suatu kata kerja dasar yang memiliki arti suatu bentuk dasar dari suatu kata kerja yang bisa diubah sesuai dengan turunannya. Salah satunya bisa diubah menjadi past participle untuk regular verb, perubahan past participle biasanya akan diikuti oleh akhiran – d atau pun – ed. Sementara untuk irregular verb biasanya akan diikuti atau diakhiri dengan – t, – en maupun – n.

Contoh:

Bare Infinitive (verb1 tanpa akhiran s/esAdditional Infinitive (verb1 dengan akhiran s/es – kecuali kata kerja bantu)Past TensePast ParticiplePresent Partisiple
seeseessawseenSeeing
BeginBeginsBeganBegunBeginning
BeIs/am/areWas/wereBeenBeing
ComeComesCameComeComing
CutCutsCutCutCutting
playplaysplayedPlayedPlaying
flyfliesflewFlownFlying
mixmixesmixedMixedMixing
crycriescriedCriedcrying

 

Apabila ada suatu kata kerja yang merupakan regular verb maka untuk bisa membentuk past participle caranya hanya perlu menambahkan akhiran –d atau –ed saja, hal ini dikarenakan perubahannya selalu konsisten akan tetapi untuk irregular verb perubahannya tidak konsisten dan akhirannya yang digunakan juga biasanya akan berbeda-beda.

Penggunaan Past Participle

Pada past participle biasanya bisa digunakan untuk dua hal yakni digunakan untuk verb di dalam tense termasuk passive voice dan causative verbs, dan juga sebagai adjective. Apabila digunakan sebagai verb, terbatas meliputi past participle dan perfect continous tense. Baik digunakan untuk present, past atau pun future tense. Sehingga hal ini sudah menjelaskan jika di dalam penyusunan tense tersebut past participle adalah bagian dari rumusnya yang tak bisa dipisahkan begitu saja. Hal ini juga berlaku pada passive voice. Untuk itu passive voice, past participle selalu digunakan tak terbatas pada perfect saja atau pun perfect continous tense saja.

Contoh Kalimat Past Participle Beserta Dengan Artinya

  1. We have visited Makassar ( Kami telah mengunjungi Makassar )
  2. Dina has finished her repor ( Dina telah menyelesaikan laporannya )
  3. I am called by Dina every day ( Saya ditelpon oleh Dina setiap hari )
  4. English is being studied by them right now ( Bahasa inggris sedang dipelajari oleh mereka sekarang )
  5. My car has been repaired by the mechanic ( Mobilku telah diperbaiki oleh montir )
  6. Galih will have been checking my car for an hour before he gets home ( Galih akan telah memeriksa mobil saya selama sejam sebelum dia pulang ke rumah )
  7. My uncle will have been living in Surabaya for a few weeks before he moves to Banyuwangi ( Pamanku akan telah tinggal di Surabaya selama beberapa minggu sebelum dia pindah ke Bayuwangi )
  8. Galih will have been checking my car for an hour before he gets home ( Galih akan telah memeriksa mobil saya selama sejam sebelum dia pulang ke rumah )
  9. The mechanic will have checked my car before I drive it ( Montir akan telah memeriksa mobil saya sebelum saya mengendarainya )
  10. My friend will have graduated from Gadjah Mada University by the end of this month ( Teman saya akan telah lulus dari Universitas Gadjah Mada pada akhir bulan ini )

Demikian pembahasan mengenai past participle mulai dari pengertian lengkapnya hingga contoh kalimat yang disertai dengan artinya. Semoga pembahasan materi kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan anda. Bertemu lagi di pembahasan materi yang selanjutnya.

 

Artikel Lainnya: