Pendiri ASEAN – Nama Tokoh Lengkap Dengan Gambarnya

Posted on

Pendiri ASEAN – Nama Tokoh Lengkap Dengan Gambarnya

Laelitm.com– Sahabat belajar harus tau nih, bahwa negara tercinta kita Indonesia juga ikut loh dalam mendirikan ASEAN bersama 5 negara lainnya. Nah, diartikel ini akan membahas mengenai tokoh yang ikut mendirikan ASEAN. Pasti penasarankan? Simak penjelasan dibawah ini ya! Selamat membaca.

ASEAN memiliki singkatan Association of Southeast Asian Nations yang dalam bahasa Indonesia adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Asean dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand dipelopori oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filiphina, Thailand.

Mereka berlima lah yang menandatangani perjanjian dalam Deklarasi Bangkok. Deklarasi itu memuat tentang pendirian perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara untuk kerja sama Internasional dalam bidang politik, ekonomi, serta olahraga.

Nama Nama Pendiri Asean

Siapa saja nama  kah tokoh pendiri ASEAN? Simak penjelasan dibawah ini, untuk mengetahui siapa saja yang berpengaruh dan memiliki peran penting dalam berdirinya ASEAN.

Adam Malik (Indonesia)

Tokoh pendiri Asean yang pertama ialah Adam Malik. Ia lahir di Pematansiantar, Sumatera Utara tanggal 22 Juli 1917. Ia merupakan pria yang ikut dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Disaat Jepang kalah dari Sekutu, Adam Malik bersama dengan kawannya memaksa Saoekarno dan Hatta untuk ke Rengasdengklok supaya segera memproklamasikan Indonesia.

Adam Malik terjun ke dunia politik pertama kali ketika aktif di Partindo Pematang Siantar, selain itu ia juga seorang penulis disurat kabar. Ia juga tercatat dalam pendirian kantor berita pada tahun 1937 bersama rekannya.

Pada tahun 1966 sampai 1977, ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia dan tahun 1967 terpilih untuk mewakili Indonesia dalam sebuah peristiwa Deklarasi Bangkok, yang ikut serta dalam medirikan ASEAN dan juga dipercaya untuk menjadi Ketua Sidang Majelis Umum PBB ke-26 di Newyork.

Setelah beberapa tahun Adam Malik dikenal sebagai orang yang begitu penting hingga, akhirnya ia divonis penyakit kanker liver dan meninggal pada 5 September 1984 di Bandung dan makamnya terletak di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Narcisso Ramos (Filipina)

Tokoh pendiri ASEAN kedua ialah Narcisco Ramos. Ia lahir di Pangasinan, Filiphina tanggal 11 Maret 1922. Ia merupakan seorang yang berprofesi sebagai pengacara, penulis dan legislator

dan sekaligus pendiri Partai Liberal. Narsisco Ramos juga merupakan Duta Besar Filipina terhadap Taiwan.

Pada Tahun 1966 barulah ia di angkat sebagai Menteri luar Negeri sampai tahun 1968 saat itu Filipina dipimpin Presiden Ferdinand Marcos. Pada tahun 1967 ia menjadi perwakilan dari Filipina untuk ikut serta penandatangan Deklarasi Bangkok dalam pelopor berdirinya ASEAN.

Dan ia juga menekankan bahwa kerjasama regional sangatlah penting untuk dilakukan dalam menghadapi sebuah tantangan yang akan dihadapi oleh negara Asia-Asia Tenggara.

Pada tahun 1986 Narsisco Ramos wafat karena disebabkan sakit berkepanjangan.

Tun Abdul Razak (Malaysia)

Selanjutnya bapak yang ketiga merupakan perwakilan dari Malaysia yaitu Tun Abdul Razak. Ia lahir di Pahang, Pulau Keladi tanggal 11 Maret 1922. Ia menjabat sebagai perdana menteri Malaysia pada tahun 1960 sampai 1970.

Sewaktu kuliah di salah satu Universitas Inggris dengan jurusan hukum ia terpilih sebagai Ketua Perhimpunan Mahasiswa Malaysia yang berada di Inggris. Abdul Razak juga mendirikan Forum Malayan yang tujuannya untuk mewadahi para pelajar Malaysia.

Pada tahun 1955 ia terjun dalam dunia politik dengan jabatan Menteri Pendidikan Pahang. Dan pada tahun 1967 ia mewakili Malaysia di Deklarasi Bangkok dalam berdirinya ASEAN. Pada saat penandatanganan Deklarasi ASEAN, Tun Abdul Razak menekankan bahwa para anggota harus melakukan bekerja sama.

Rajaratnam (Singapura)

Rajaratnam merupakan seorang jurnalis dan ia juga pendiri Partai Aksi Masyarakat di Singapura bersama dengan rekannya. pada tahun 1959 ia pertama kali terjun ke dunia politik sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Budaya. Pada tahun 1965 Singapura akhirnya bisa merdeka dan Rajaratnam sebagai Menteri Luar Negeri pertama di Singapura. Karena itu, ia dipilih sebagai perwakilan Malaysia pada tahun 1967 untuk ikut serta dalam penandatanganan Deklarasi ASEAN. Dan juga terpilih sebagai perwakilan PBB. Dalam pidatonya ia menekankan bahwa negara anggota ASEAN harus mengawinkan pemikiran nasional dan regional.

Thanat Khoman (Thailand)

Yang terakhir ini Thanat Koman ia merupakan perwakilan dari Thailand. Ia lahir di Bangkok tanggal 9 Mei 1914. Thanat Koman menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada tahun 1959 sampai dengan 1971 dan juga menjabat sebagi anggota Komisi Hukum Internasional PBB .

Ia dipercaya sebagai duta besar dari berbagai negara seperti kedutaan Thailand di Tokyo, Washington DC, New Delhi dan New York. Setelah ia keluar dari menlu ia kemudian masuk kedunia politik dan menjabat sebagai Ketua Democtratic Party sampai tahun 1982. Dan Ia meninggal pada 3 Maret 2016.

 

Sahabat belajar sudah tahu kan, mengenai siapa saja pendiri ASEAN. Nah, jangan lupa untuk belajar dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sahabat belajar.

Artikel Lainnya :