Pengertian Kebugaran Jasmani

Posted on

Pengertian Kebugaran Jasmani

Laelitm.com – Kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan fisik yang dimiliki oleh sahabat belajar untuk melakukan segala aktivitas fisik dan tidak mengalami kelelahan yang berartu. Physical fitness sendiri adalah istilah kebugaran jasmani dalam bahasa Inggris. Lalu apa ya, pengertian lebih jelas kebugaran jasmani.

Nah, berikut ini kami sudah merangkum pengertian tentang kebugaran jasmani dari berbagai sumber. Mau tahu penjelasan lebih lanjutnya? Simak di bawah ini ya!

Pengertian Kebugaran Jasmani

Jika menurut KBBI berasal dari dua kata yaitu kebugaran yang artinya hal yang sehat dan segar dan mengacu pada tubuh. Dan kata jasmani yang artinya adalah badan atau tubuh.

Jika secara umum pengertian kebugaran jasmani adalah keampuan serta daya tahan fisik atau pun tubuh seseorang di dalam melakukan berbagai macam aktifitas kehidupannya sehari – hari dan tak mengalami kelehan yang berarti. Tapi meski begitu orang tersebut masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan segala macam aktifitas melelahkan lainnya.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Sudah tahu kan, pengertian kebugaran jasmani jika dilihat menurut KBBI dan pengertian umumnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah pengertian kebugaran jasmani yang kami rangkum dari beberapa para ahli.

  1. Jika Menurut Muhajir

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk beradaptasi dengan banyak kegiatan yang dilakukan tanpa adanya rasan lelah.

  1. Menurut Agus Muklholid, M.Pd

Mengatakan jika kebugaran jasmani merupakan kemampuan dari seseorang untuk melakukan kerja atau pun segala aktivitas untuk mempertinggi daya kerja tanpa adanya rasa lelah yang berlebihan.

  1. Jika Menurut Bucher

Menurutnya kebugaran jasmani tak hanya fokus pada keberhasilan serta kemampuan jasmaniah saja namun juga dalam pengembangan sikap dan pengetahuan yang memiliki manfaat untuk mendukung proses pembelajaran dalam bidang pendidikan jasmani.

  1. Jika Menurut Sadoso Sumosardjono

Kebugaran jasmani merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk bisa menunaikan tugasnya sehari hari tanpa merasakan lelag dan memiliki cadangan tenaga untuk bisa menikmati waktu luangnya dan untuk kepentingan mendadak.

  1. Jika Menurut Rusli Lutan

Menurut Rusli Lutan kebugaran jasmani merupakan sebuah kemampuan dari seseorang untuk bisa melakukan berbagai macam aktivitas fisik yang membutuhkan daya tahan, kekuatan hingga fleksibilitas.

 

Manfaat Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani tentunya memiliki manfaat bagi sahabat belajar yang selama ini sangat memperhatikan kesehatan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat kebugaran jasmani yang bisa diperoleh oleh sahabat belajar.

  1. Menghindari Obesitas

Manfaat pertama yang akan bisa dirasakan oleh sahabat belajar jika menjaga kebugaran jasmani adalah dapat menghindarkan diri dari resiko obesitas karena pola hidup sehat dan olahraga teratur yang dijalani oleh sahabat belajar. Karena obesitas juga menjadi salah satu penyebab berbagai macam penyakit kronis lainnya.

  1. Terhindar Penyakit Jantung

Pola makan yang tidak teratur serta pola hidup yang kurang sehat menjadi salah satu penyebab resiko penyakit jantung sehingga dengan menjalankan pola hidup sehat, makan dengan teratur serta olahraga akan menjadikan sahabat belajar terhindar dari penyakit jantung. Apalagi penyakit jantung menjadi salah satu penyakit menakutkan yang sangat mematikan.

  1. Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Banyaknya makanan cepat saji yang tidak sehat pastinya dapat meningkatkan kadar kolesterol sahabat belajar ya. maka dari itu jika sahabat belajar mengimbanginya dengan olahraga dan latihan fisik yang rutin maka hal ini bisa membantu sahabat belajar untuk menurunkan kadar kolesterol selain itu tetap jaga pola makan dan pola hidup yang sehat ya.

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Sahabat belajar pasti pernah dengar, di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan rajib berolahraga tak hanya raga atau tubuh sahabat belajar saja yang sehat namun juga dapat meningkatkan suasana hati sahabat belajar agar senantiasa bahagia dan gembira.

  1. Mencegah Insomnia

Dewasa ini banyak sekali orang yang dengan mudah terkena insomnia karena pola hidup yang tak sehat seperti mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein. Apa sahabat juga mengalaminya? Jika iya, maka olahraga menjadi salah satu cara terbaik nih, coba saja dan nikmati manfaatnya.

 

Nah, itu dia pengertian kebugaran jasmani yang telah dirangkum secara lengkap. Semoga dapat menjadi refrensi belajar untuk sahabat belajar semua ya, jangan lupa untuk kembali pada pembahasan lainnya di website ini.

Artikel Lainnya :