Pengertian Konjungsi Kronologis beserta Jenis dan Contohnya

Posted on

Pengertian Konjungsi Kronologis beserta Jenis dan Contohnya

Laelitm.com – Pengertian konjungsi kronologis beserta jenis dan contohnya yang akan kami sajikan di bawah ini tentunya akan sangat bermanfaat dan berguna bagi sahabat belajar semua.

Apalagi konjungsi merupakan salah satu materi yang sangat umum untuk dipelajari di dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Jadi mau tahu ulasan lebih lengkapnya, langsung simak di bawah ini.

 

Pengertian Konjungsi Kronologis

Konjungsi kronologi adalah merupakan salah satu jenis konjungsi yang berfungsi untuk menjadi penghubung dua klausa mau pun lebih. Tapi perbedaannya adalah, konjungsi kronologis menggambarkan urutan waktu kejadian yang ada di dalam kalimat yang dijelaskan.

Konjungsi kronologis sendiri merupakan salah satu jenis konjungsi, sudah tahu dong pastinya apa itu konjungsi. Konjungsi merupakan kata penghubung atau kata sambung. Fungsinya tentu saja untuk menghubungkan antar klausa, antar kalimat bahkan antar paragraf.

Kata konjungsi ditempatkan di tengah-tengah kalimat, atau berada di antara induk kalimat dengan anak kalimat.

Tapi kata konjungsi juga bisan diletakkan di awal kalimat yang disebut denga konjungsi antar kalimat. Sementara konjungsi antar paragraf letaknya di awal paragraf.

 

Jenis–jenis Konjungsi

Konjungsi sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis, selain konjungsi kronologis berikut ini adalah jenis-jenis konjungsi yang juga wajib untuk sahabat belajar ketahui :

1.)  Konjungsi Koordinatif

Konjungsi koordinatif ialah konjungsi yang merangkai dua kalimat ataupun lebih yang mempunyai kedudukan yang setara atau sederajat.

2.) Konjungsi Subordinatif

Konjungsi subordinatif ini menyatukan dua unsur klausa yang mempunyai kedudukan tidak sama atau tidak sederajat. Maka, Kedudukan klausa yakni sebagai klausa utama dan lebih tinggi daripada klausa ke kedua yang manjadi klausa bawahan atau lebih rendah dari kalimat utama.

3.) Konjungsi korelatif

Konjungsi korelatif ialah merupakan konjungsi yang menyatu padukan dua kata, frase atau klausa dan hubungan kedua unsur itu memiliki derajat yang sama. Hubungan ini biasanya dapat  dinyatakan dengan memakai konjungsi.

4.) Konjungsi Antarkalimat

Konjungsi antarkalimat ialah merupakan konjungsi yang digunakan sebagai penghubung antar kalimat. Konjungsi ini diawali dengan kalimat baru dan menggunakan huruf kapital karena berada di awal kalimat.

5.) Konjungsi Antarparagraf

Konjungsi antar paragraf yang biasanya selalu diawali dengan suatu paragraf yang berhubungan dengan paragraf sebelumnya yang di dasarkan pada kandungan makna di paragraf sebelumnya.

 

Tapi untuk kali ini, kita hanya akan fokus membahas konjungsi kronologis, berikut ini ulasan lengkap hingga contohnya.

Ciri-ciri Konjungsi Kronologis

Setiap konjungsi pastinya memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda termasuk konjungsi kronologi.

Berikut ini adalah ciri-ciri konjungsi kronologis :

1.) Penyambung kata agar menjadi kalimat utuh dengan makna yang gampang dimengerti.

2.) Penghubung kata antara induk kalimat dengan anak kalimat.

3.) Menggunakan tanda baca tambahan seperi koma ( , ).

4.) Terdapat keterangan waktu, sebab akibat dan tempat.

 

Fungsi Konjungsi Kronologis

Konjungsi kronologi tentu saja memiliki fungsi sebagai kata hubung dan beberapa fungsi lainnya, seperti :

1.) Menyusun teks eksplanasi untuk membuatnya menjadi lebih sempurna, teks eksplanasi adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan suatu proses atau rentetan kejadian.

2.) Digunakan untuk membuat teks berita yang memang mengharuskan teks ini dibuat dengan menjelaskan sebuah proses dan jalannya suatu peristiwa agar bisa lebih mudah diterima pembaca.

3.) Digunakan untuk membuat teks narasi, teks drama, cerpen dan teks lainnya yang memiliki urutan kata atau peristiwa yang runut di dalamnya.

 

Contoh Kata Konjungsi Kronologis

Kata konjungsi kronologi terdiri dari beberapa kata hubung dan kata lain yang dapat digunakan untuk tidak hanya sebagai penghubung kata dan kalimat. Namun juga dapat digunakan untuk mengurutkan waktu, kejadian dan peristiwa yang ada di dalam kandungan kalimatnya.

Beberapa contoh kata konjungsi kronologi antara lain :

1.) Lalu

2.) Sejak itu

3.) Sementara itu

4.) Pada akhirnya

5.) Kemudian

6.) Sesudah

7.) Mula-mula

8.) Setelah itu

9.) Pertama

10.) Kedua

11.) Ketiga

 

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Konjungsi Kronologis

Kami akan membuat contoh kalimat menggunakan kata konjungsi kronologi di atas. Simak contoh kalimatnya di bawah ini :

1.) Aku baru saja sampai di tempat kejadian lalu adikku menyeretku untuk sembunyi karena dia melihat hal yang janggal di lokasi ini.

2.) Ega pernah hanyut di sungai sejak itu dia tidak berani berenang dan mendekati tempat yang dipenuhi banyak air seperti danau.

3.) Setiap hari aku berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki, sementara itu mereka pergi ke sekolah dengan mobil mewah.

4.) Aku berlari sekencang-kencangnya ketika makhluk itu masuk ke dalam lorong ini, kemudian mencari jalan keluar agar tidak terhindar darinya.

5.) Karena terlalu lama menahan rasa sakit dan curiga pada akhirnya dia mengungkapkan semua kekesalannya pada suaminya.

6.) Ambil dulu pisaunya dan bersihkan dengan menggunakan air atau kain basah sesudah itu gunakan untuk memotong buah dan sayuran.

7.) Mula mula ambi buah mangga, cari buah dengan kematangan pas jangan terlalu muda dan jangan terlalu matang.

8.) Belilah kopi dan susu setelah itu gunakan kedua bahan ini untuk membuat kopi susu.

9.) Pertama ambil gunting dan kertas, buatlah desain gambar di atas kertas dan fungsi gunting adalah membuat bentuk dari desain yang sudah dibuat di atas kertas.

10.) Kedua, setelah menggunting desain yang ada pada kertas jangan lupa untuk memberikan lem super kuat agar desain dapat disusun satu sama lain.

 

Lengkap sudah pembahasan mengenai pengertian Konjungsi Kronologis beserta Jenis dan contohnya yang sudah kami bahas di atas. Jadikan sebagai refrensi belajar yang menyenangkan ya.

 

Artikel Lainnya: