Pengertian Pengukuran Dalam Ilmu Fisika Beserta Dengan Contohnya

Posted on

Pengertian Pengukuran Dalam Ilmu Fisika Beserta Dengan Contohnya

Laelitm.com – Di dalam ilmu fisika sendiri terdapat banyak sekali istilah yang familiar di telinga kita atau pun tidak pernah kita dengar sama sekali istilah tersebut. Karena di dalam ilmu fisika memang terdapat banyak istilah yang digunakan untuk mempelajari ilmu ini dengan mudah. Salah satu istilah yang cukup sering didengar adalah pengukuran yang akan kita bahas secara tuntas di dalam artikel ini.

Pengukuran ini sendiri memang merupakan salah satu ilmu yang sangat dibutuhkan di dalam kehidupan sehari hari, bukan hanya dibutuhkan untuk materi di sekolah saja namun setiap orang pasti membutuhkan ilmu pengkuran ini. Karena setiap orang pasti pernah melakukan pengukuran untuk mengetahui berapa panjang suatu benda yang ada di sekitar kita.

Pengertian Pengukuran

Ilmu pengukuran ini memang sangat penting untuk dipelajari oleh beberapa profesi meski sebenarnya semua orang juga membutuhkan ilmu pengukuran seperti yang sudah dijelaskan di atas. Salah satu profesi yang paling membutuhkan ilmu pengukuran adalah tukang jahit yang harus mengukur bahan yang akan dijahitnya sebelum memutuskan untuk membentuk baju yang akan dibuatnya, sehingga baju yang dibuatnya akan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Ilmu pengukuran memang merupakan salah satu hal yang sangat penting di dalam ilmu pengetahuan dan memegang peran penting di dalam perkembangan ilmu pengetahuan hingga saat ini. Sehingga kita semua bisa menikmati sebua benda dengan segala bentuk yang baik sekarang ini karena adanya ilmu pengukuran.

Bayangkan jika di dunia ini tak pernah ada ilmu pengukuran, maka tak akan ada benda yang memiliki ukuran sesuai dengan kebutuhan karena dibuat tanpa menggunakan ilmu pengukuran sehingga membuat hasil benda yang dibuat tidak beraturan atau tak mempunyai ukuran.

Lord Levin pernah mengungkapkan jika pada saat mengukur suatu benda kemudian menuliskan hasilnya dengan menggunakan angka – angka maka dengan begitu anda telah mengetahui mengenai hal tersebut. Dengan artian lain, anda sendiri sudah mengetahui ilmu pengaturan namun tidak menyadari hal ini. Maka dari itu kita akan membahas mengenai ilmu pengukuran secara lengkap dan jelas.

Pengertian Pengukuran

Pengukuran merupakan ilmu yang digunakan untuk menentukan sesuatu agar bisa mengetahui berapa panjang, lebar atau pun tinggi dari suatu benda yang diukur. Setiap orang pastinya pernah melakukan pengukuran hampir dalam segala hal dengan menggunakan metode pengukuran yang benar dengan bantuan alat pengukur atau hanya mengukur suatu benda dengan menggunakan alat yang ada seperti jengkal tangan dan jengkal kaki yang juga bisa digunakan untuk mengukur suatu benda hanya saja hasilnya tentu tidaklah akurat hal ini dikarenakan ukuran tangan dan kaki setiap orang berbeda – beda sehingga cara ini tidak bisa dianggap sebagai cara mengukur yang benar. Hanya saja sering digunakan pada saat tidak memiliki alat ukur yang dibutuhkan.

Secara umum pengertian ilmu pengukuran adalah membandingkan nilai dari suatu besaran yang diukur dengan menggunakan besaran sejenisnya yang telah ditetapkan sebagai satuan.

Contoh Pengukuran

  1. Tukang jahit yang menggunakan alat pengukur seperti meteran untuk menentukan ukuran dari baju yang akan dibuatnya. Mula mula penjahit akan mengukur ukuran tubuh seseorang yang ingin dibuatkan baju untuk kemudian ukuran ini digunakan sebagai patokan. Penjahit juga membutuhkan alat pengukur untuk mengukur kain sebelum dipotong dan dibuat menjadi sebuah pakaian.
  2. Penjual telur yang mengukur berat telur pada saat ada pembeli yang hendak membeli telur darinya. Misalnya saja ingin membeli telur 1 kg kemudian penjualan akan mencari bobot telur yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
  3. Tukang kayu yang mengukur kayu sepanjang 4 meter untuk kemudian dibuat menjadi sebuah kursi dengan cara mencari kayu dengan menggunakan pengkuran yang tepat.

Jadi itulah pengertian pengukuran di dalam ilmu fisika beserta dengan contohnya yang mudah mudahan bisa membuat anda lebih mengerti mengenai ilmu pengukuran yang sangat berguna bagi kehidupan sehari – hari karena tentu anda sangat membutuhkan ilmu pengukuran ini untuk mengetahui dan menentukan ukuran yang anda butuhkan.

Artikel Lainnya :