Pengertian Puisi Adalah – Ciri – Ciri, Jenis, Disertai Dengan Contoh

Posted on

Pengertian Puisi Adalah – Ciri – Ciri, Jenis, Disertai Dengan Contoh

Laelitm.com – Kalian tentunya sudah pernah mendengar puisi bahkan pernah membuat puisi untuk seseorang yang istimewa kan? Tapi apa kalian sudah tahu apa itu puisi? Mulai dari pengertiannya, ciri – ciri, dan juga jenisnya. Jika belum tahu, sangat tepat sekali jika kalian mampir ke website yang merupakan media belajar dari seorang guru, yang pada kesempatan kali ini akan memberikan pembahasan lengkap mengenai puisi. Yuk, simak sampai habis artikel di bawah ini.

Pengertian Puisi

Secara umum puisi adalah bentuk karya sastra yang berdasarkan dari hasil ungkapan mau pun perasaan dari pembuatnya yang biasa disebut dengan penyair, dengan bahasa yang terikat irama, matra , rima dan penyusunan lirik serta bait yang dibuat dengan penuh makna agar pesan yang disampaikan bisa diterima dengan indah oleh pembaca.

Pikiran dan perasaan penyair akan diungkapkan secara imajinatif dan disusun dengan cara mengonsentrasikan kekuatan bahasa dengan struktur fisik dan struktur batinnya.

Puisi juga dibuat dengan mengutamakan bunyi, bentuk dan juga makna yang disampaikan, dan makna yang mendalam dibuat dengan cara memadatkan segala unsur bahasa.

Puisi juga merupakan seni tertulis yang menggunakan bahasa sebagai kualitas estetiknya atau keindahan.

Ciri – Ciri Puisi

Puisi memiliki ciri – ciri yang menjadi suatu ciri khas dari sebuah puisi, sementara itu puisi memiliki dua jenis yang mengikuti perkembangan zaman yakni, puisi lama dan puisi baru. Berikut ini adalah ciri – cirinya.

A.Puisi Lama

Puisi lama sendiri adalah puisi yang masih terikat oleh beberapa aturan yang tak boleh dilanggar, aturannya adalah sebagai berikut.

  1. Jumlah kata dalam 1 baris
  2. Jumlah baris dalam 1 bait
  3. Persajakan (rima)
  4. Banyak suku kata di tiap baris
  5. Irama

Ciri-Ciri Puisi Lama

  1. Puisi lama biasanya tidak diketahui pengarangnya.
  2. Penyampaian dari puisi lama bersifat dari mulut ke mulu.
  3. Puisi lama terikat dengan aturan seperti jumlah baris tiap bait dan juga jumlah pada suku kata mau pun rima.

B.Puisi Baru

Puisi baru ini merupakan puisi modern yang sudah lepas dari aturan dan bentuknya juga lebih bebas sehingga puisi baru biasanya dibuat lebih bervariatif tergantung pada penyairnya.

Ciri-Ciri Puisi Baru

  1. Puisi baru memiliki bentuk yang rapi dan simetris.
  2. Puisi baru memiliki persajakan akhir yang lebih teratur.
  3. Puisi batu menggunakan pola sajak pantun dan syair meski dengan pola berbeda.

Jenis – Jenis Puisi

Puisi juga memiliki beberapa jenis dan berikut ini adalah jenis – jenis dari puisi yang wajib anda tahu.

  1. Puisi Naratif

Puisi naratif adalah puisi yang mengungkapkan suatu cerita mau pun penjelasan penyair dan terbagi dalam beberapa macam yaitu romansa dan balada.

  1. Puisi Lirik

Jenis puisi ini dibedakan menjadi beberapa macam yakni, elegi, ode dan serenade. Elegi merupakan puisi yang mengungkapkan perasaan duka sementara serenade adalah sajak percintaan yang bisa dinyanyikan karena kata serenade sendiri memiliki makna nyanyian di waktu senja, sedangkan ode adalah puisi yang berisi pujian pada seseorang, sesuatu hal atau suatu keadaan.

  1. Puisi Deskriptif

Puisi ini adalah jenis puisi yang membuat penyair memiliki peran sebagai pemberi kesan terhadap suatu keadaan atau peristiwa, benda mau pun suasana yang dirasakannya. Puisi ini terbagi dalam beberapa macam yaitu satire dan puisi yang memiliki sifat kritik sosial.

Satire sendiri adalah puisi yang mengungkapkan perasaan mengenai ketidak puasan oleh penyair terhadap suatu keadaan akan tetapi dengan menggunakan cara menyindir mau pun menggunakan ungkapan sebaliknya.

Sedangkan puisi kritik sosial adalah puisi yang juga menyampaikan ketidak puasaan oleh penyair akan tetapi dengan cara membeberkannya secara langsung.

Contoh Puisi

Judul : Sajak Putih

Penyair : Chairil Anwar

 

Bersandar pada tari warna pelangi…

Kau depanku bertudung sutra senja..

Di hitam matamu kembang mawar dan melati…

Harum rambutmu mengalun bergelut senda…

 

Sepi menyanyi, malam dalam mendoa tiba…

Meriak muka air kolam jiwa..

Dan dalam dadaku memerdu lagu…

Menarik menari seluruh aku…

 

Hidup dari hidupku, pintu terbuka…

Selama matamu bagiku menengadah..

Selama kau darah mengalir dari luka..

Antara kita Mati datang tidak membelah…

 

Sudah tahu kan apa itu puisi berkat ulasan artikel di atas, jadi sekarang kalian sudah mengerti apa pengertian, ciri – ciri dan jenis puisi. Semoga bermanfaat sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya: