Perbedaan Profesi dan Profesional

Posted on

Perbedaan Profesi dan Profesional

Istilah profesi dan professional pastinya sering kamu dengar di dalam dunia kerja. Meski begitu masih banyak juga yang belum tahu dan belum mengerti betul mengenai arti dari kata profesi dan juga professional. Bahkan banyak orang pula yang tidak tahu mengenai perbedaan profesi dan professional. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasannya untuk kamu semua ya.

Karena kedua kata tersebut memanglah sangat diperlukan untuk membangu sebuah pekerjaan. Dan pastinya kamu juga sudah tahu jika pekerjaan sangat dibutuhkan oleh semua orang yang hidup di dunia ini. Sebab semua orang pasti membutuhkan penghasilan yang didapatkannya dari bekerja untuk menyambung hidup mereka.

Agar lebih jelas mari kita kupas satu persatu mengenai apa itu profesi dan juga professional di bawah ini :

Pengertian Profesi

Sebelum membahas pengertian profesi apakah kamu sudah tahu arti pekerjaan itu sendiri. Sebenarnya pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang dengan sengaja dilakukan oleh seseorang agar mereka mendapatkan penghasilan yang berasal dari gaji atau upah yang didapatkannya. Akan tetapi banyak juga yang mengatakan jika pekerjaan sama artinya dengan profesi. Padahal jelas saja berbeda. Meski masih memiliki keterkaitan antara satu sama lain.

Sebab profesi merupakan bagian dari sebuah pekerjaan, karena arti profesi tetap mengacu pada sebuah aktivitas bekerja. Hanya saja jika dilihat dari pengertiannya, profesi sendiri adalah sebuah pekerjaan yang hanya dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki keahlian dan kemampuan tertentu dan tentu saja kemampuan ini berhubungan dengan bidang yang digelutinya.

Kita bisa ambil contohnya misalnya dokter, akuntan, pilot, arsitek dan pelukis yang memang memiliki keahlian di dalam bidang tersebut. Untuk memiliki keahlian di dalam bidang tersebut mereka harus menempuh pendidikan dan berlatih keras. Hal ini membuat tidak semua orang bisa menjadi dokter, pilot atau pun pelukis. Karena dibutuhkan keahlian dan kemampuan tersendiri.

Sedangkan untuk contoh pekerjaan bisa kita ambil misalnya adalah sebagai Staf Administrasi, Manajer atau Karyawan Bank. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan merupakan kegiatan yang nyaris dilakukan oleh banyak orang, karena tidak dibutuhkan latihan yang lama dan pendidikan khusus untuk bekerja.

Pengertian Profesional

Pastinya kamu juga sudah tahu jika di dalam dunia pekerjaan, kamu akan mengenal istilah professional selain istilah profesi tentunya. Apakah kedua istilah ini saling berhubungan atau tidak.

Ya, kedua istilah ini memang mempunyai keterikatan antara satu sama lain, namun meski begitu keduanya memiliki arti yang berbeda dan tentu saja terdapat perbedaan antara profesi dan professional.

Istilah professional sendiri dibilang mempunyai beberapa versi yang dapat kalian pahami. Jika dilihat secara pengertian umumnya, maka professional ini adalah seroang yang mempunyai sebuah jabatan di dalam pekerjaannya. Dengan kemampuan yang dimiliki serta kecakapan yang sangat tinggi hingga dapat masuk ke dalam kategori ahli.

Hal ini membuat professional memiliki pengaruh pada penampilan seseorang ketika mereka melakukan pekerjaan yang digelutinya.

Dari pandangan beberapa ahli, mengatakan jika professional memiliki pengertian sebagai sebuah pekerjaan yang membutuhkan pendidikan lanjutan di dalam ilmu pengetahuan dan juga pada teknologi. Yang dipergunakan untuk menjadi dasar yang digunakan pada setiap pekerjaaan yang dijalankan oleh orang tersebut.

Jika dilihat pengertian professional berdasarkan pada bahasa, professional berarti adalah seseorang yang mempunyai sebuah profesi atau pekerjaan. Yang dilakukan berdasarkan pada kemampuan tinggi di dalam pekerjaannya. Seseorang yang professional ini juga selalu hidup dengan cara mempraktikkan semua keahlian yang dipunyai. Atau mereka melibatkan sebuah aktivitas tertentu berdasarkan pada keahliannya di kehidupan sehari-hari.

Namun di sisi lain terdapat orang yang hanya melakukan keahlian yang sama, namun keahlian ini hanya dijadikan sekadar hobi mau pun kesenangan yang dilakukannya untuk dirinya sendiri. Dan biasanya dilakukan hanya untuk mengisi waktu luang bukan untuk menunjukkan kemampuan pada banyak orang dan memberikan manfaat untuk masyarakat di sekitanya.

Sebagai contoh kita bisa mengambil kegiatan menulis. Terdapat seorang penulis seperti Dewi Lestari yang memang berprofesi sebagai penulis dan sangat professional di bidangnya, sebab karyanya sudah dikenal di seluruh Indonesia dan beberapa bukunya sudah diangkat menjadi sebuah film. Dewi Lestari akan terus menulis dan melakukan kegiatan ini untuk mendapatkan penghasilan.

Di sisi lain ada seseorang yang juga melakukan kegiatan menulis, namun hanya digunakan sebagai pengisi waktu luang dan menyenangkan dirinya sendiri. Dia tidak menunjukkan karyanya ke banyak orang sebab kegiatan ini hanya dilakukan sebagai hobi semata yang akan membuatnya merasa senang.

 

Perbedaan Profesi dan Profesional

Agar lebih jelas kami pun merangkum perbedaan antara kedua istilah ini, yakni profesi dan professional. Apa saja perbedaannya? Langsung simak ya!

ProfesiProfesional
Melibatkan keprbadian yang dalam untuk melakukannyaSeseorang yang mengetahui kemampuan dan keahlian yang dimilikinya
Dilakukan sebagai kegiatan utama. Atau biasa disebut pula dengan istilah purna waktuSeseorang yang sudah menghabiskan seluruh waktu untuk dapat melakukan pekerjaan atau kegiatan yang berhubungan dengan bidangnya
Mengandalkan keahlian dan ketrampilan tertentu untuk melakukannyaSebagai sumber penghidupannya atau penghasilan utama
Dilakukan agar mendapatkan sumber penghasilan hidupMereka memiliki rasa bangga terhadap pekerjaan yang digelutinya

 

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan profesi dan professional jika dilihat dari kacamata umum. Maka mulai sekarang jangan salah lagi dalam mengartikan kedua istilah di atas ya. Meski profesi dan professional memiliki keterkaitan antara satu sama lain dan tidak dapat dilepaskan keberadaannya.

Artikel Lainnya :