Ringkasan – Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Manfaatnya

Posted on

Ringkasan – Pengertian, Ciri, Tujuan, dan Manfaatnya

Laelitm.com – Ringkasa merupakan penyajian singatan dari sebuah karangan asli, sementara perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proporsionam masih tetap dipertahankan di dalam bentuknya tapi ditulis dengan lebih singkat, jelas dan padat agar menjadi lebih efektif.

Pengertian Ringkasan

Dapat dibilang jika membuat ringkasan menjadi sebuah keterampilan karena terbukti bahwa tidak semua orang sanggup secara cermat dan juga cepat dalam membuat ringkasan dari bahan bacaan yang telah dibacanya, hal ini dikarenakan pada hakekatnya hasil dari meringkas tersebut merupakan sebuah karya reproduksi dari sebuah karya yang lain.

Sehingga dibutuhkan sebuah kemampuan untuk membahasakan dengan bahasa yang lain, yang terkadang membuat setiap orang berbeda – beda dalam hal membuat ringkasan atau pun membutuhkan kecermatan di dalam mengungkapkan inti dari bacaan tersebut.

Ciri-ciri Ringkasan

Ringkasan sendiri memiliki ciri – ciri tertentu dan berikut ini adalah ciri – ciri dari sebuah ringkasan :

  1. Sebagai pengungkapan kembali bentuk kecil dari sebuah karangan.
  2. Ringkasan digunakan untuk mereproduksi kembali apa kata pengarang.
  3. Pengungkapan kembalu dengan bentuk kecil dari sebuah kerangan
  4. Memproduksi kembali dalam bentuk kecil apa kata pengarang.
  5. Tetap berusaha mempertahankan urutan urutan gagasan yang membangun sosok atau badan karangan.
  6. Menyusun ringkasan yang terikan oleh penataan, isi serta sudut pandang dari pengarangnya.
  7. Kalimat – kalimat pendek yang senada dengan kalimat pengarang yang asli.

Tujuan Membuat Ringkasan

Karangan dibuat tentu saja dengan sebuah tujuan mau pun topic utama, tema maupun topic utama ini lalu dikembangkan menjadi rangkaian bagian – bagian karangan yang terdiri atas paragraf – paragraf yang kemudian pada setiap paragrafnya mempunyai sebuah tema atau pokok pemikiran utama yang mendukung tema mau pun topic utama karangan.

Untuk bisa memahami sebuah makna karangan atau pun buku, pembaca haruslah bisa memahami sebuah tema mau pun poko pemikiran utanma yang terkandung di dalam setiap paragraf yang membentuk keseluruhuna karangan atau buku tersebut. Tema mau pun pokok pikiran utama tersebut bisa ditemukan di bagian awal mau pun akhir atau pun di awal dan akhir dari paragraf atau mungkin bisa juga secara tersirat.

Langkah – Langkah Membuat Ringkasan

Berikut ialah langkah-langkah dalam membuat ringkasan yaitu:

1.Membaca Naskah Asli

Jika perlu mengulang beberapa kali untuk mengetahui topik utama dari karangan secara menyerluruh, seorang penulis tentu juga harus mengetahui maksud dari pengarang lewat sudut pandang pengarang itu sendiri.

2.Mencatat Gagasan Utama

Pencatatan yang dilakukan memiliki tujuan untuk memudahkan penulis pada saat meneliti kembali pokok poko yang dicatanya penting atau tidak, lalu sebagai dasar bagi pengolahan selanjutanya.

3.Mengadakan Reproduksi

Hal pertama yang wajib diperhatikan untuk menyusun ringkasan yakni harus menyusun wacana yang jelas serta bisa diterima dengan akal yang sehat terlebih dahulu untuk kemudian menggambarkan kembali isi dari karangan yang asli.

4.Ketentuan Tambahan

Terdapat beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan agar ringkasan tersebut dapat diterima sebagai suatu tulisan yang baik yakni :

  • Ada baiknya dalam menyusun ringkasan dipergunakan kalimat tunggal dibandingkan kalimat majemuk, karena kalimat majemuk menunjukkan jika ada dua gagasan atau pun lebih yang memiliki sifat paralel, apabila kalimat majemuk maka telitilah kembali apakah tidak mungkin untuk dijadikan kalimat tunggal.
  • Usahakan untuk meringkas kalimat menjadi sebuah frasa dan frasa menjadi sebuah kata dan begitu pula rangkaian gagasan yang panjang sebaiknya diganti dengan suatu gagasan utama saja.
  • Jumlah alinea sendiri tergantung pada panjang pendeknya ringkasan serta jumlah topic utama yang akan dimasukkan di dalamnya, sehingga alinea yang merupakan ilustrasi, deskripsi dan lain sebagainya sebaiknya dihilangkan saja, kecuali jika dianggap penting.
  • Apabila mungkin semua keterangan mau pun kata sifat dihilangkan saja karena terkadang sebuah kata sifat atau pun keterangan masih bisa untuk digunakan menjelaskan gagasan umum yang memiliki sifat di dalam rangakaian keterangan mau pun rangkaian kata sifat yang terdapat di dalam naskah tersebut.

5.Manfaat Membuat Ringkasan

  1. Mempermudah membaca isi yang penting di dalam naskah.
  2. Mempermudah untuk mengingat materi atau topik utama di dalam naskah.
  3. Mempermudah untuk memahami materi atau topik di dalam naskah

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai ringkasan, pengertian, ciri – ciri, tujuan dan manfaatnya.

Artikel Lainnya :