Rumus Bangun Datar Matematika – Macam Macam Dan Sifatnya

Posted on

Rumus Bangun Datar Matematika

Laelitm.com – Rumus bangun datar matematika yang akan kami bahas di bawah ini beserta dengan macam-macam dan sifatnya. Di dalam ilmu matematika terdapat beberapa bangun datar yang sangat menarik untuk kita pelajari.

Mulai dari sifat-sifat, bentuk hingga rumusnya yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Bangun datar sendiri terdiri dari bangun datar persegi panjang, bujur sangkar, segitiga, belah ketupat, tarpesium, lingkaran, persegi, jajar genjang dan layang–layang.

Sementara untuk menghitung rumus bangn datar dan sifatnya bisa anda lihat pada penjelasan yang ada di bawah ini.

 

Sifat-sifat Bangun Datar

Sebelum membahas mengenai rumus bangun datar sebaiknya anda mengetahui mengenai macam–macam dan sifat bangun datar terlebih dahulu. Berikut ini adalah macam–macam dan sifat bangun datar.

1.) Bangun datar Persegi panjang memiliki sisi yang saling berhadapan sama panjang dan sama lebar, serta semua sudutnya juga sama besar.

2.) Bangun datar Lingkaran memiliki simetri lipat dan simetri putar dengan jumlah yang tidak terhingga.

3.) Bangun datar Jajar genjang memiliki sifat dengan sisi yang paling berhadapan sama panjang san sudut yang berhadapan sama besar.

4.) Bangun datar Persegi memiliki sifat sisi yang sama panjang, sudut yang sama besar dan kedua diagonalnya saling berpotongan tegak lurus.

5.) Bangun datar Layang–layang memiliki sifat terbagi atas dua buah diagonal yang saling berbeda ukurannya.

6.) Bangun datar Belah ketupat memiliki sifat sisi yang sama panjang dan sudut yang saling berhadapan sama besar dan kedua diagonalnya tidak sama panjang dan juga berpotongan tegak lurus.

 

Rumus Bangun Datar Matematika dan Macam-macamnya

Bangun datar sendiri dapat dihitung untuk bisa mengetahui luas dan kelilingnya, agar dapat menghitung keliling dan luas bangun datar bisa menggunakan sebuah rumus. Setiap bangun datar sendiri memiliki rumus yang berbeda–beda untuk menghitungnya.

Berikut ini adalah rumus bangun datar matematikan lengkap mulai dari rumus keliling hingga rumus luas bangun datar lengkap dengan penjelasannya.

 

1.) Persergi

Persegi merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari empat buah rusuk dengan panjang yang sama. Juga mempunyai empat buah sudut yang semuanya merupakan sudut siku-siku.

Bangun persegi sering juga disebut dengan nama bujur sangkar.

 

Gambar Bangun Datar Persegi

 

Rumus Luas Persegi

Luas = Sisi x Sisi

L = s²

 

Rumus Keliling Persegi

Keliling = 4 x Sisi

K = 4 . s

 

2.) Persegi Panjang

Persegi panjang merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari dua pasang sisi. Masing-masing sisinya sama panjang dan sejajar dengan pasangannya. Persegi panjang juga mempunya empat buat sudut. Dan semua sudutnya merupakan sudut siku siku.

 

Gambar Persegi Panjang

 

Rumus Luas Persegi Panjang

Luas = Panjang x Lebar

L = p . l

 

Rumus Keliling Persegi Panjang

Keliling = 2 x ( Panjang + Lebar )

K = 2 . ( p + l )

 

3.) Lingkaran

Lingkaran merupakan bentuk yang terdiri dari semua titik yang ada pada bidang dan berjarak tertentu dari titik yang juga tertentu. Baik pada pusat mau pun ekuivalennya merupakan kurva yang dapat dilacak dengan menggunakan titik gerak di dalam bidang.

Sehingga jarak dari titik tertentu pada bidang datar lingkaran adalah konstan atau tetap.

 

Gambar Lingkaran

 

 

Rumus Luas Lingkaran

Luas = π × d²/4

Atau = π × r²

 

Rumus Keliling Lingkaran

Keliling = π × d

Atau = 2 × π × r

 

4.) Segitiga

Segitiga atau bisa juga disebut dengan istilah poligon merupakan sebuah bangun datar dengan tiga ujung dan juga tiga simpul. Bangun datar ini merupakan salah satu bentuk dasar di dalam geometri.

Segitiga biasanya dapat disimpulkan A, B dan juga C.

 

Gambar Segitiga

 

Rumus Luas Segitiga

Luas = ½ x alas x tinggi

L = ½ . a . t

 

Rumus Keliling Segitiga

Keliling = a + b + c

 

5.) Layang–layang

Layang-layang merupakan sebuah bangun datar atau berdimensi dua yang terbentuk oleh dua pasang sisi. Masing-masing sisinya memiliki pasangan dan memiliki panjang yang sama. Serta saling membentuk sudut.

Sedangkan layang-layang dengan empat rusuk yang panjangnya sama, disebut dengan bangun datar belah ketupat.

 

Gambar Layang-layang

 

Rumus Luas Layang-layang

L = ½ . d1 . d2

 

Rumus Keliling Layang-layang

Keliling = a + b + c + d

Atau

Keliling = 2 × (a + c)

 

6.) Rumus Belah Ketupat

Belah ketupat merupakan sebuah bangun datar dua dimensi yang terbentuk oleh empat buah segitiga siku siku. Dan masing masing sikunya sama besar dengan sudut yang saling berhadapat dan juga sama besar.

Meski kadang dianggap mirip dengan bangun datar layang-layang, nyatanya belah ketupat memiliki rumus yang berbeda dengan layang-layang.

 

Gambar Belah Ketupat

 

Rumus Luas Belah Ketupat

L = ½ . d1 . d2

 

Rumus Keliling Belah Ketupat

Keliling = sisi × 4

K = s . 4

 

7.) Trapesium

Trapesium merupakan bangun datar atau bangun dua dimensi yang terbentuk dari empat buah rusuk. Dua di antaranya saling sejajar akan tetapi panjangnya tidak sama. Bisa dibilang trapesium merupakan jenis bangun datar segi empat namun dengan ciri khusus yang unik dan berbeda.

 

Gambar Trapesium

 

Rumus Luas Trapesium

 

Rumus Keliling Trapesium

Keliling = AB + BC + CD + DA

 

9.) Jajar Genjang

Jajar genjang merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari dua pasang rusuk. Masing-masing rusuknya sejajar dan memiliki panjang yang sama. Juga memiliki dua sudut yang sama besar dan saling berhadapan.

Jajar genjang juga biasa disebut dengan jajaran genjang.

 

Gambar Jajar Genjang

 

Rumus Luas Jajar Genjang

L = a × t

 

Rumus Keliling Jajar Genjang

Keliling = 2 × (a + b)

 

 

 

Semoga pembahasan mengenai rumus bangun datar matematika dan macam–macam serta sifat bangun datar di atas bisa menambah ilmu pengetahuan anda semua. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

 

Artikel Lainnya :