Rumus Bangun Datar Matematika – Macam Macam Dan Sifatnya

Posted on

Rumus Bangun Datar Matematika – Macam Macam Dan Sifatnya

Laelitm.com – Rumus bangun datar memiliki banyak sekali macam – macam sudut dan rumus yang perlu diketahui dan pelajari, selain itu setiap bangun datar memiliki ciri – ciri dan sifat yang berbeda – beda di tiap tiap bangun datar tersebut.

Bangun datar sendiri terdiri dari bangun datar persegi panjang, bujur sangkar, segitiga, belah ketupat, tarpesium, lingkaran, persegi, jajar genjang dan layang – layang. Sementara untuk menghitung rumus bangn datar dan sifatnya bisa anda lihat pada penjelasan yang ada di bawah ini.

Rumus Bangun Datar Matematika Macam Macam Dan Sifatnya

Sebelum membahas mengenai rumus bangun datar sebaiknya anda mengetahui mengenai macam – macam dan sifat bangun datar terlebih dahulu. Berikut ini adalah macam – macam dan sifat bangun datar.

  1. Bangun datar Persegi panjang memiliki sisi yang saling berhadapan sama panjang dan sama lebar, serta semua sudutnya juga sama besar.
  2. Bangun datar Lingkaran memiliki simetri lipat dan simetri putar dengan jumlah yang tidak terhingga.
  3. Bangun datar Jajar genjang memiliki sifat dengan sisi yang paling berhadapan sama panjang san sudut yang berhadapan sama besar.
  4. Bangun datar Persegi memiliki sifat sisi yang sama panjang, sudut yang sama besar dan kedua diagonalnya saling berpotongan tegak lurus.
  5. Bangun datar Layang – layang memiliki sifat terbagi atas dua buah diagonal yang saling berbeda ukurannya.
  6. Bangun datar Belah ketupat memiliki sifat sisi yang sama panjang dan sudut yang saling berhadapan sama besar dan kedua diagonalnya tidak sama panjang dan juga berpotongan tegak lurus.

Itu lah macam – macam dan sifat dari bangun datar yang wajib anda ketahui, setelah mengetahui macam – macam dan sifat dari bangun datar, sekarang saatnya anda juga harus mengetahui rumus bangun datar.

Rumus Bangun Datar Matematika

Bangun datar sendiri dapat dihitung untuk bisa mengetahui luas dan kelilingnya, agar dapat menghitung keliling dan luas bangun datar bisa menggunakan sebuah rumus. Setiap bagun datar sendiri memiliki rumus yang berbeda – beda untuk menghitungnya.

Untuk itu kami juga akan memberikan rumus keliling dan luas bangun datar khusus bagi anda yang sedang mencari rumus bangun datar. Apalagi rumus bangun datar sendiri merupakan salah satu materi matematika yang paling sering muncul di dalam pembelajaran mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, materi ini juga sering sekali bahkan tak pernah terlewatkan untuk masuk ke dalam soal ujian.

Berikut ini adalah rumus bangun datar matematikan lengkap mulai dari rumus keliling hingga rumus luas bangun datar lengkap dengan penjelasannya.

  1. Persergi

Rumus Luas

Luas = Sisi x Sisi

L = s²

Rumus Keliling

Keliling = 4 x Sisi

K = 4 . s

  1. Persegi Panjang

Rumus Luas

Luas = Panjang x Lebar

L = p . l

Rumus Keliling

Keliling = 2 x ( Panjang + Lebar )

K = 2 . ( p + l )

  1. Lingkaran

Rumus Luas

Luas = π × d²/4 = π × r²

Rumus Keliling

Keliling = π × d = 2 × π × r

  1. Lingkaran

Rumus Luas

Luas = ½ x alas x tinggi

L = ½ . a . t

  1. Layang – Layang

Luas

Luas = ½ x diagonal 1 x diagonal 2

L = ½ . d1 . d2

Keliling

Keliling = a + b + c + d

Atau

Keliling = 2 × (a + c)

  1. Rumus Belah Ketupat

Rumus Luas

Luas = ½ x diagonal 1 x diagonal 2

L = ½ . d1 . d2

Rumus Keliling

Keliling = sisi × 4

K = s . 4

 

Sudah tahu kan rumus lengkap dari bangun datar matematikan. Beberapa bangun datar merupakan jenis bangun datar yang paling banyak dan sering untuk dibahas di dalam pembelajaran matematika.

Semoga pembahasan mengenai rumus bangun datar dan macam – macam serta sifat bangun datar di atas bisa menambah ilmu pengetahuan anda semua. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :