Rumus Daya – Pemaparan, Gambar, Contoh Soal Terlengkap

Posted on

Rumus Daya – Pemaparan, Gambar, Contoh Soal Terlengkap

Rumus Daya – Pada kali ini kita akan membahas mengenai rumus daya mulai dari pengertian lengkapnya, gambar hingga contoh soal terlengkap beserta dengan cara penyelesaiannya. Sebelum memulai untuk membahas lebih lanjut, apakah anda sudah mengetahui apa itu daya dan rumusnya? Jika belum mengetahuinya sama sekali, anda tepat mengunjungi website ini karena pada kesempatan ini kami akan membahas lengkap mengenai pengertian daya, satuan daya dan juga macam-macam daya.

Pengertian Daya

Daya adalah laju energi yang dihantarkan selama melakukan usaha di dalam periode waktu tertentu, Satuan SI atau Satuan Internasional untuk Daya yakni Joule / sekon atau bisa juga dituli dengan (J/s) = Watt (W). Satuan Watt sendiri digunakan sebagai salah satu penghormatan untuk seseorang yang sangat berjasa di bidang ilmu pengetahuan dan telah menemukan sebuah penemuan yang sangat berguna hingga sekarang. Salah satunya adalah mesin uap yang berkat penemuan ini membuat banyak sekali penemuan lainnya di bidang teknologi hingga di masa modern ini. Penemunya sendiri bernama James Watt sehingga tak heran kan jika satuan daya diukur dengan satuan Watt. Selain itu satuan lainnya yang biasa digunakan oleh daya yakni daya kuna atau horse power  yang biasa disingkat dengan hp. 1 hp sendiri setara denga 746 Watt.

Daya merupakan besaran scalar karena daya hanya memiliki nilai dan tak memiliki arah. Selain itu juga intergral daya terhadap waktu bisa mendefisinikan kerja yang dilakukan sehingga intergral juga bergantung kepada lintasan dari gaya mau pun torsi sehingga perhitungan kerja sangat tergantung pada lintasan yang ada.

Rumus dan Satuan Daya

Di dalam fisika daya sendiri ditunjukkan dengan menggunakan persamaan sebagai berikut ini: P = W / t

Bisa dilihat dari persamaan di atas maka bisa disimpulkan juga bahwa rumus daya adalah seperti di bawah ini:

P = (F.s) / t

P = F . v

Hasil tersebut bisa didapatkan karena rumus sebagai berikut Rumus Usaha (W) = Gaya (F) dikali Jarak (s) dibagi Waktu (t)

Dan juga pada Rumus Kecepatan (v) = jarak (s) dibagi waktu (t)

Berikut ini adalah keterangan lengkapnya:

P = Daya ( satuannya J/s atau Watt )

W = Usaha ( Satuannya Joule [ J ] )

t = Waktu ( satuannya sekon [ s ] )

F = Gaya (Satuannya Newton [ N ] )

s = Jarak (satuannya Meter [ m ] )

v = Kecepatan (satuannya Meter / Sekon [ m/s ] )

 

Dengan rumus yang sudah dijelaskan di atas makan berdasarkan persamaan fisika yang ada di atas bisa simpulkan jika semakin besar laju usaha makan akan semakin besar pula laju daya sementara jika semakin lama waktunya maka laju daya pun akan semakin kecil.

 

Jika Didasarkan Pada Persamaan Tersebut:

Bisa dilihat penggunaan rumus di atas bisa digunakan di dalam usaha dengan waktu yang bisa diketahui, misalnya saja ada sebuha microwave yang melakukan usaha sebesar 10.000 joule di dalam waktu kurang lebih 50 detik maka daya yang dibutuhkannya adalah sekitar: P = W/t = 10.000 J/ 50 s= 200 J/s atau 200 Watt.

Harus anda ketahui jika di dalam ilmu fisika daya yang disimbolkan dengan menggunakan huruf P membutuhkan perusabahan usaha (W) dan juga waktu (s) yang spesifik pada saat perubahan itu sendiri muncul. Hal ini tentu saja bisa berbeda dengan konsep kerja yang biasanya hanya mengukur adanya perubahan pada kondisi benda yang ada saja.

Konsep tersebut dapat dijelaskan ke dalam sebuah contoh pada pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang pada saat mengangkat beban di atas dan tidak peduli baik itu lari atau [un berjalan karena kerja yang dilakukan adalah sama. Tapi jika orang tersebut berlari tentu daya yang dibutuhkan juga akan lebih besar karena kerja tersebut dilakukan ke dalam waktu yang lebih singkat pada saat sambil berlari.

 

Sudah tahu kan pengertian lengkap mengenai daya, rumus daya bahkan contohnya. Setelah anda mengetahui pengertian lengkapnya sekarang anda bisa melihat contoh soal yang sudah kami sediakan. Anda bisa mencoba untuk mengerjakannya dan melihat apakah jawabannya benar. Akan tetapi jika anda tidak bisa memecahkan contoh soal yang kami sediakan anda juga bisa melihat jawaban beserta dengan pembahasan lengkapnya.

 

Contoh Soal Daya

Apabila ada seorang anak yang melakukan usaha sebesar 750 J untuk memindahkan balok selama kurang lebih 5 menit, maka coba hitung berpakah daya yang digunakan oleh anak tersebut?

Cara Menyelesaikannya:

Jika diketahui:

W = 750 J

t = 5 menit = 5 × 60 s = 300 s

 

Cari: P = . . .?

 

Berikut Adalah Jawabannya:

P = W/t

P = 750/300

P = 2,5 watt

Sehingga daya yang dipunyai oleh anak yang memindahkan balok selama 5 menit di atas adalah sebesar: 2,5 watt.