Rumus Desil – Lengkap dengan Contoh

Posted on

Rumus Desil – Lengkap dengan Contoh

Rumus desil merupakan salah satu rumus yang ada di dalam materi pembelajaran matematika, rumus ini sendiri sering sekali dibahas dan menjadi salah satu materi yang selalu ada di sekolah.

Pengertian Desil

Sebelum kita berlanjut ke rumus desil, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui pengertian tentang desil. Jika dilihat dari pengertiannya, desil sendiri adalah sebuah bilangan yang digunakan untuk menjadi ukuran pemusatan data dan dijadikan ke dalam 10 bagian yang sama.

Dari sini bisa diartikan dengan cara matematis jika desil biasanya menggunakan lambang huruf D.

Desil ini sendiri juga dibagi ke dalam 9 macam yakni : D1, D2, D3, D4, D5, D6, D7, D8, dan D9. Dikarenakan desil ini membagikan data hingga menjadi 10 bagian, maka hal ini akan digunakan sebagai dasar penghitungan desil jika menggunakan angka persepuluhan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh pada data berikut ini : D1= 1/10 N, D2, 2/10 N, D3, 3/10 N hingga seterusnya.

Nah, jika kamu ingin mendapatkan nilai desilnya, maka kamu bisa menggunakan sebuah rumus. Untuk menentukan rumus yang digunakan sendiri, kamu bisa menggunakan beberapa langkah seperti di bawah ini :

  1. Langkah pertama adalah dengan menyusun data menurut suatu nilainya.
  2. Kemudian langkah berikutnya adalah dengan menentukan suatu letak yang terdapat pada desil.
  3. Jika kedua langkah di atas sudah kamu lakukan maka kamu akan bisa menentukan suatu nilai yang ada pada desil.

 

Kira – kira itulah langkah yang bisa kamu lakukan untuk menentukan nilai desil. Nah, lalu bagaimana dengan rumus desilnya?

Rumus Desil

Rumus desil sendiri dibagi ke dalam dua macam rumus, yakni rumus yang digunakan untuk mencari nilai desil data tunggal dan digunakan untuk mencari nilai desil data kelompok. Untuk lebih jelasnya kami pun, akan memberikan ulasan mengenai kedua rumus tersebut yakni rumus desil data tunggal dan juga rumus desil data kelompok.

Rumus Desil Data Tunggal

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa kami akan memberikan rumus desil data tunggal, dan berikut ini adalah rumusnya :

Penjelasannya :

DDesil
iBilangan Bulat kurang dari 10 ( 1,2,3,4,…,9 )
nBanyaknya Data

 

Rumus Desil Data Kelompok

Setelah memberikan rumus desil data tunggal, kami juga memberikan rumus desil data kelompok. Nah, untuk menghitung nilai desil data kelompok kamu bisa menggunakan rumus yang ada di bawah ini :

Penjelasannya :

iBilangan Bulat kurang dari 10 ( 1,2,3,4,…,9 )
TbTepi bawah kelas desil
nJumlah seluruh banyak data
f_{k}Jumlah frekuensi kumulatif sebelum kelas desil
f_{i}Frekuensi kelas kuartil
pPanjang kelas interval

 

Contoh Soal

Sudah tahu kan, penjelasan mengenai nilai desil dan rumus desil mulai dari rumus desil data tunggal dan rumus desil data kelompok. Untuk lebih jelasnya kami juga menyediakan contoh soal untuk mencari nilai desil, mulai dari desil data tunggal hingga desil data kelompok.

Contoh soal di bawah ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban dan cara mengerjakannya, silahkan simak dan coba kerjakan contoh soal yang ada di bawah ini.

Contoh Soal 1

Jika terdapat nilai yang ada pada pelajara statistik 1 ini ada sekitar 10 mahasiswa dan memiliki nilai yang ada di bawah ini :

60, 80, 90, 70, 85, 95, 75, 65, 70 ,65

Nah, dari seluruh nilai mahasiswa yang ada di atas, cobalah untuk menentukan nilai desil D6 nya!

 

Penyelesaian :

Untuk menentukan desil D6 nya, kamu bisa menggunakan dua langkah seperti di bawah ini :

1.) Langkah yang pertama adalah dengan mengurutkan data menjadi :

60, 65, 65, 70, 70, 75, 80, 85, 90, 95

2.) Lalu jika kamu suda megurutkannya maka langkah yang kedua adalah dengan memasukkan data ke rumus desil data tunggal seperti di bawah ini :

D6 = data ke – 6 + 0,6 (data ke- 7 – data ke- 6)

D6 = 75 + 0,6 (80 – 75)

D6 = 75 + 3

D6 = 78

Nah, jika berdasarkan dari hasil perhitungan yang di atas maka posisi D3 menunjuk pada nilai 78.

 

Contoh 2

Coba lihat data yang ada di bawah ini :

Dari data yang sudah kami sediakan di atas, coba tentukan nilai desil data kelompokknya!

Penyelasaian :

Untuk mencari nilai desil data kelompok dari data yang ada di atas, kamu bisa menggunakan dua langkah, seperti di bawah ini :

1.) Langkah pertama adalah dengan cara mencari sebuah interval kelas. Caranya adalah seperti di bawah ini.

2.) Kemudian langkah keduanyya adalah dengan cara memasukkan data interval yang sudah kamu temukan pada rumus desil data kelompok seperti di bawah ini :

 

Jika berdasarkan pada hasil perhitungan yang sudah kamu lakukan di atas, maka kamu akan mengetahui jika posisi D8 menunjuk pada nilai 43.

 

Nah, sudah jelaskan penjelasan mengenai rumus desil yang kami ulas di atas lengkap dengan contoh soal yang ada di atas, semoga pembahasan kali ini berguna bagi kalian semua dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :