Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Cara Mengitungnya

Posted on

Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Cara Mengitungnya

Laelitm.com – Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai macam – macam bangun ruang, maka kali ini kita akan membahas mengenai rumus diagonal sisi kubus dan bagaimana cara menghitungnya. Kubus sendiri merupakan bangun ruang yang mempunyai bentuk tiga dimensi yang sudah dibatasi oleh enam bidang sisi sisinya dan sisi tersebut memiliki bentuk kongruen atau memiliki bentuk bujur sangkar.

Lalu bangun ruang kubus ini sendiri juga biasa disebut dengan bidang enam beraturan yang memiliki bentuk mirip dengan prisma segi empat. Sementara itu untuk diagonal sisi sisi kubus ini biasanya dipergunakan untuk menghitung jumlah sisi yang ada.

Di dalam soal matematika kubus dijelaskan jika untuk dapat mencari serta menghitung diagonal sisi dan ruang kubus sendiri dibutuhkan suatu data mau pun jumlah nilai yang falid dikarenakan kebanyakan jumlah nilainya hampir sama.

Materi pembelajaran mengenai bangun ruang kubus sendiri sering sekali diajarkan pada masa sekolah mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, materi pembelajaran mengenai bangun ruang kubus ini juga selalu muncul dan tak pernah absen muncul dalam soal ujian baik ujian akhir sekolah maupun ujian nasional, untuk itu artikel kali ini akan membahas mengenai rumus bangun ruang kubus.

Wajib diingat selalu jika rumus kubus sendiri dibagi dari 4 jumlah rutunan yang susah sangat paten dan ke empat rumus matematika kubus ini sendiri adalah rumus dari luas permukaan kubus, rumus volume kubus, rumus diagonal sisi kubus dan yang terkhir adalah rumus diagonal ruang kubus.

Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai rumus menghitung diagonal sisi kubus dan ruang kubus, mau tahu bagaimana rumus dan cara menghitungnya? Berikut ini penjelasannya.

Rumus Diagonal Sisi Kubus dan Rumus Diagonal Ruang Kubus

Coba perhatikan gampar di atas, karena gambar di atas merupakan salah satu gampar yang mengekspose letak diagonal sisi serta ruang kubus tersebut. Sebab apabila anda lihat garis yang memiliki warna merah pada gambar yang ada di atas, merupakan diagonal sisi kubus sementara untuk yang digambar dengan warna hijau adalah diagonal ruang kubus.

Nah, berikut ini adalah rumus diagonal sisi dan rumus ruang kubus yang bisa anda lihat di bawah ini :

Rumus Diagonal Sisi Kubus

Ds = s√2

Diagonal sisi kubus sendiri merupakan ruas garing yang bentuknya saling mengubungkan dua titik yang berasal dari sudut yang berhadapa pada setiap bidangnya atau sisi kubus. Yang harus selau anda ingat yakni jika bangun ruang kubus sendiri mempunyai 6 bidang sisi dengan 12 diagonal sisinya.

Rumus Diagonal Ruang Kubus

Dr = s√3

Sementara untuk diagonal ruang kubus sendiri merupakan salah satu ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut yang saling berhadapan di dalam suatu ruang yang ada di dalam kubus tersebut.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai rumus sisi diagonal kubus dan rumus diagonal kubus. Jika sudah mengetahui penjelasan dan rumusnya rasanya tak akan lengkap jika tak mengetahui cara menghitungnya, untuk itu kami sudah menyediakan contoh soal yang dilengkapi dengan jawabannya yang bisa anda gunakan sebagai latihan untuk menyelesaikan soal matematika bangun ruang kubus.

Contoh Soal Matematika Diagonal Kubus

Jika diketahui terdapat bangun ruang kubus yang mempunyai panjang rusuk sekitar 10 cm maka coba hitunglah diagonal sisi kubus dan diagonal ruang kubusnya.

Jawaban :

Diketahui :

S = 10

Ditanyakan

  1. Diagonal sisi kubus
  2. Diagonal ruang kubus

Penyelesaian

  1. Diagonal sisi kubus

Ds = s√2

Maka :

Ds = 10√2

  1. Diagonal Ruang Kubus

Dr = s√3

Maka :

Dr = 10√3

Kira – kira begitulah cara menghitung diagonal sisi kubus dan diagonal ruang kubus, semoga pembahasan mengenai bangun ruang kubus mulai dari pengertian, penjelasan rumus diagonal sisi kubus dan diagonal ruang kubus bisa memberikan ilmu pengetahuan baru bagi anda terutama dalam materi bangun ruang kubus. Demikian pembahasan kali ini, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Artikel Lainnya :