Rumus Energi Kinetik

Posted on

Rumus Energi Kinetik

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai rumus energi kinetik yang bisa langsung kamu lihat pembahasannya di bawah ini. Karena kami tak hanya memberikan penjelasan mengenai rumus energi kinetik saja namun juga memberikan contoh soal yang disertai dengan jawaban yang benar.

Pengertian Energi Kinetik

Jika dilihat dari pengertiannya, energi kinetik sendiri merupakan sebuah energi yang dimiliki oleh sebuah benda pada saat benda tersebut bergerak. Selain itu rumus energi kinetik sendiri memiliki keterkaitan dengan energi potensial serta energi mekanik.

Perlu kamu ketahui, jika energi memiliki banyak sekali jenis. Namun untuk jenis energi yang paling utama adalah energi kinetik dan juga energi potensial. Lalu ada energi mekanik yang merupakan energi yang berasal dari gabungan kedua energi yakni energi potensial dan energi kinetik.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika energi kinetik merupakan energi yang dimiliki oleh benda benda yang dapat bergerak. Jika dilihat dari pengertiannya secara umum, kinetik sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani. Yakni kinetikos yang berarti bergerak sesuai dengan pengertian kinetik secara umum.

Selain itu wajib untuk kamu ketahui bahwa nilai energi kinetik sendiri memiliki kaitan yang cukup erat dengan massa serta kecepatan dari sebuah benda. Maka besaran energi kinetik dianggap berbading secara lurus dengan besaran pada massa. Dan juga berbanding dengan kuadrat kecepatan dari gerak suatu benda.

Benda yang massa dan juga kecepatannya besar pun pastilah akan mempunyai energi kinetic yang cukup besar pada saat benda tersebut bergerak. Hal ini juga berlaku sebaliknya, yakni benda yang massa dan juga kecepatannya yang kecil maka energi kinetiknya pun akan kecil.

Untuk lebih mudah mengerti materi ini, kamu bisa melihat contoh dari truk yang bergerak pada saat kamu berlari atau melakukan berbagai macam gerakan yang lainnya.

Selain itu kamu juga bisa melihat contoh lainnya ketika kamu melempar sebuah batu, batu yang kamu lempar tersebut akan melaju dengan kecepatan tertentu sesuai dengan besar gaya lemparannya. Dan laju yang terjadi pada batu tersebut mempunyai energi kinetik. Energi kinetik ini sendiri dapat dengan mudah diperhatikan pada saat batu mengenai sasarannya.

Rumus Energi Kinetik

Nah, sudah tahu kan pengertian lengkap mengenai energi kinetik. Untuk itu sekarang saatnya kita simak rumus energi kinetik yang wajib untuk kamu tahu. Rumus energi kinetik sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis, sesuai dengan jenis dari gaya kinetik itu sendiri.

Jenis Jenis Rumus Energi Kinetik

1.) Rumus Energi Kinetik Translasi

Yang pertama adalalah energi kinetik yang jenisnya paling dasar yakni energi kinetik translasi. Jenis energi kinetik ini juga bisa disebut dengan energi kinetik saja karena jenis ini merupakan jenis energi kinetik yang paling dasar. Energi ini merupakan energi yang berasal dari benda yang bergerak secara translasi.

Rumus Energi Translasi : “ Ek = ½  x m x v 2 “

Penjelasan :

mmassa dari benda tegar (kg)
vkecepatan (m/s)
Ekenergi kinetik (Joule)

 

2.) Rumus Energi Kinetik Rotasi

Pada kenyataannya tak semua benda dapat bergerak dengan cara transalsi linier. Karena ada juga benda yang dapat bergerak di dalam gerakan rotasi atau gerakan melingkar.

Rumus energi kinetik sendiri digunakan untuk menghitung gerakan pada jenis energi kinetik rotasi. Karena nilainya sendiri berbeda dengan energi kinetik biasa maka rumusnya pun akan berbeda.

Parameter yang ada di dalam energi kinetik rotasi juga menggunakan momen inersia. Serta pada ketepatan sudut dan akan dituliskan dengan rumus berikut ini.

Rumus Energi Kinetik Rotasi : “ Er = ½ x I x ω 2 “

Penjelasan :

Imomen inersia
ωkecepatan sudut

 

 

Jadi untuk menghitung energi kinetik rotasi kamu perlu terlebih dahulu mengetahui momen inersia dan kecepatan sudut bendanya ya.

3.) Rumus Energi Kinetik Relativistik

Jenis yang ketiga adalah energi kinetik relastivitik yang merupakan sebuah energi kinetik yang ada pada saat benda mengalami pergerakan yang lebih cepat dari biasanya.

Benda yang bergerak pada energi kinetik berikut ini memiliki kecepatan yang nyaris mendekati kecepatan cahaya, saking cepatnya benda ini bergerak.

Benda yang bisa mencapai kecepatan ini biasanya adalah benda benda yang merupakan partikel penyusun atom. Dikarenakan akan sangat mustahil sekali bagi benda besar untuk mencapai kecepatan ini.

Karena itulah rumus energi kinetik relativistik ini memiliki perbedaan dengan energi kinetik jenis biasa. Hal ini dikarenakan pergerakannya tidak sesuai dengan mekanika milik Newton Klasik. Maka dari itu, untuk membuat rumus energi ini dibutuhkan pendekatan yang dilakukan dengan teori relativitas Eisntein.

Rumus energi kinetik relativistic : “ Ek = (γ-1) mc2

Penjelasan :

γkonsep konstanta relativistic
ckecepatan cahaya
mmassa objek

 

Contoh Soal

Jika kamu memiliki apel yang memiliki massa 300 gram jatuh dari sebuah pohon yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Apabila grativasi (g) memiliki besa = 10 m/s2.

Pertanyaan : Coba hitunglah energi mekanik pada apel!

Cara Mengerjakan :

Jika Diketahui

– massa benda : 300 gram (0,3 kg)

– gravitasi g = 10 m/s2

– ketinggian h = 10 m

 

Ditanyakan :

Energi mekanik (Em) apel?

 

Jawaban :

Jika benda yang terjatuh tersebut tidak diketahui berapa kecepatannya. Sehingga energi kinetik (Ek) akan diasumsikan dengan nilai 0.

Ek = 0

Maka :

Em = Ep + Ek

Em = Ep + 0

Em = Ep

Em = m.g.h

Em = 0,3 kg . 10 .10

Em = 30 joule

Dari sin bisa ditemukan jika energi mekanik yang dimiliki oleh apel yang terjatuh tersebut ialah sebesar 30 joule.

 

Contoh soal di atas mengakhiri pembahasan kali ini mengenai rumus energi kinetik. Jangan lupa untuk kembali ke website penuh inspirasi dan rekomendasi pembelajaran ini, dan sampai jumpa.

Artikel Lainnya :