Rumus Kerucut – Volume Luas Permukaan dan Tinggi

Posted on

Rumus Kerucut – Volume Luas Permukaan dan Tinggi

Laelitm.com – Setelah sebelumnya kita mengetahui mengenai macam – macam bangun ruang, dan rumus dari kubus, maka kali ini kita juga akan membahas mengenai bangun ruang lain yang tak kalah populer, bahkan bentuk bangun ruang satu ini mudah sekali kamu temukan di dalam kehidupan sehari hari kamu, ya berikut ini kita akan membahas mengenai rumus kerucut beserta dengan pengertiannya.

Kerucut sendiri merupakan bangun ruang yang memiliki sisi lengkung yang mirip dengan limas beraturan namun dengan bidang alas yang memiliki bentuk lingkaran. Bentuk kerucut ini pastinya sering kamu temukan di sekitar kamu kan, sebut saja seperti topi petani, topi ulang tahun bahkan terompet yang memiliki bentuk seperti kerucut.

Karena kerucut sendiri bisa dibentuk dengan menggunakan sebuah segitiga siku siku yang dapat diputar sejauh 360 derajat di mana siku siku ini berperan sebagai pusat puraran. Untuk lebih jelasnya kamu bisa memperhatikan gambar yang ada di bawah ini, gambar dari sebuah bangun ruang kerucut.

rumus kerucut1


 

Sifat – Sifat Kerucut

Kerucut adalah salah satu dari 7 macam bangun ruang yang cukup populer di dalam materi pelajaran matematika, dan bangun ruang ini memiliki beberapa sifat dan berikut ini adalah sifat sifat dari bangun ruang kerucut yang wajib kamu tahu.

  1. Kerucut adalah salah satu bangun ruang yang memiliki bentuk limas namun dengan alas lingkaran.
  2. Jaring jaring dari bangun ruang kerucut ini terdiri dari lingkaran dan juga segi tiga.
  3. Bangun ruang kerucut ini memiliki 2 sisi dan juga 1 rusuk.
  4. Satu sisi dari bangun ruang kerucut ini memiliki bentuk bidang lengdung yang biasa disebut dengan selimut kerucut.
  5. Bangun ruang kerucut ini memiliki satu titik sudut.
  6. Bangun ruang kerucut ini mempunyai satu titik puncak.

Jaring – Jaring Kerucut

Coba perhatikan gambar jaring jaring dari bangun ruang kerucut di bawah ini. Jaring – jaring ini bisa digunakan untuk membuat rumus kerucut.

rumus Kerucut2

Jaring – jaring dari bangun ruang kerucut ini sendiri terdiri dari lingkaran yang berperan sebagai alasnya dan bangun segitiga dengan alas lengkung yang merupakan selimut dari kerucut.

Unsur – Unsur Kerucut

Bangun ruang kerucut sendiri memiliki unsur unsur, dan untuk mengetahui unsur unsur yang dimiliki oleh kerucut adalah dengan cara melihat gambar yang ada di bawah ini. Coba perhatikan gambar di bawah ini!

rumus Kerucut3

Dari gambar yang ada di atas maka bisa ditentukan jika kerucut memiliki unsur unsure sebagai berikut ini :

  1. Bidang alas yaitu sisi yang memiliki bentuk lingkaran atau daerah yang diraster dengan pusat di titik O.
  2. Diameter bidang alas dari kerucur adalah d yakni ruas di antara garis AB.
  3. Jari jar bidang alas dari kerucut adalah r yakni ruas garis antara OA dan ruas garis OB.
  4. Tinggi dari bangun ruang kerucut adalah t yakni jarak dari titik puncak kerucut C ke pusat bidang alas O yaitu ruas garis antara CO.
  5. Selimut kerucut ini sendiri yakni sisi kerucut yang tidak dirastes yang adalah bidang lengkung.
  6. Apotema atau garis pelukis kerucut adalah s yakni sisi miring BC.

 

Sementara itu hubungan antara r, s dan juga t yang ada pada kerucut ini dinyatakan dengan persamaan – persamaan seperti berikut ini :

s2 = r2 + t2    

r2 = s2 ─ t2   

t2 = s2 ─ r2

Volume Kerucut

Kerucut pada dasarnya merupakan salah satu jenis limas karena memiliki puncak sehingga volume kerucut sama dengan volume limas yakni 1/3 kali luas alas kali tinggi, hal ini dikarenakan alas kerucut memiliki bentuk lingkaran sehingga luas alas kerucut ini sendiri memiliki bentuk lingkaran sehingga rumus volume kerucut bisa ditentukan seperti di bawah ini :

Rumus Volume Kerucut

Rumus  Kerucut4

Penjelasan :

r = jari-jari lingkaran alas

t = tinggi kerucut

Hal ini dikarenakan r = 1/2 d (d merupakan diameter lingkaran) sehingga bentuk lain dari rumus volume kerucut ialah sebagai berikut in :

Rumus Kerucut 5


Contoh Soal :

rumus kerucut6

 

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai rumus volume kerucut yang disertai dengan penjelasan dan contoh soalnya. Semoga bermanfaat bagi anda ya.

Artikel Lainnya :