Rumus Luas Jajar Genjang – Pengertian, Cara Menghitung Disertai Contoh Soal

Posted on

Rumus Luas Jajar Genjang – Pengertian, Cara Menghitung Disertai Contoh Soal

Laelitm.com – Pastinya anda sudah tahu dan pernah melihat bentuk dari jajar genjang kan. Karena jajar genjang sendiri sering sekali dimasukkan ke dalam materi bangun ruang yang diajarkan sejak sekolah dasar. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menghitung jajar genjang dan rumus luas jajar genjang, anda sangat beruntung telah mengunjungi website ini, karena kali ini kita akan membahas mengenai rumus luas jajar genjang.

Namun sebelum memepelajari rumus jajar genjang dan latihan dengan contoh soal yang sudah kami siapkan, sebaiknya kita ketahui dulu pengetian dari jajar genjang. Berikut ini pengertiannya.

Pengertian Jajar Genjang

Jajar Genjang atau bisa juga disebut dengan jajaran genjang merupakan bangun ruang yang memiliki sifat dua dimensi dan dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing – masingnya mempunyai rusuk yang sama panjang dan sejajar dengan pasangannya dan mempunyai dua pasang sudut yang memiliki besaran yang sama dengan sudut yang berada di hadapannya

Sementara itu jajar genjang yang memiliki empat sudut rusuk yang sama panjang disebut juga dengan belah ketupat.

Apabila dilihat secara sekilas bentuk jajar genjang ini memang sedikit mirip dengan trapezium dan tidak sedikit orang yang menjadi terkecoh dengan bentuk jajar genjang dan trapesium sehingga menganggap keduanya sama. Akan tetapi jika dilihat secara teliti sebenarnya bentuk keduanya sangatlah berbeda.

Maka dari itu dalam artikel ini akan menjelaskan dan juga memberikan gambar dari jajar genjang beserta dengan rumus dan detail lengkapnya yang akan dibahas secara jelas agar bisa memberikan ilmu pengetahuan baru bagi anda semua. Sehingga anda bisa membedakan yang mana jajar genjang dan yang mana trapesium, anda juga akan bisa menghitung jajar genjang dengan menggunakan rumus yang telah kami siapkan.

Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus jajar genjang memiliki dua turunan rumus matematika yang dibagi antara luas jajar genjang dan menghitung keliling jajar genjang dikarenaka apabila dilihat gambar yang ada di bawah ini.

Sehingga dari huruf ABCD adalah keliling dari jajar genjang dan mari langsung saja untuk mencari tahu bagaimana cara untuk mencari luas jajar genjang dengan menggunakan rumus keliling jajar genjang di bawah ini.

Cara Mencari Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus jajar genjang sendiri memang sangat mudah dan sederhana karena hanya menggunakan alas x tinggi sehingga apabila diterapkan di dalam rumus maka akan menghasilkan rumus luas jajar genjang seperti yang ada di bawah ini :

Luas = Alas x Tinggi

Cara Mencari Rumus keliling Jajar Genjang

Sementara itu untuk bisa mencari keliling jajar genjang sendiri caranya memang sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan mencari luasnya. Karena untuk menghitung kelilingnya maka anda harus terlebih dahulu mencari jumlah sisi mirinya akan tetapi apabila anda sudah mengetahui dan memahami cara menghitung keliling jajar genjang, maka rumus untuk menghitung keliling jajar genjang akan sangat mudah. Maka dari itu mari kita lihat bagaimana cara mencari keliling jajar genjang.

Keliling = 2 (Alas + Sisi Miring)

Contoh Soal

Apabila ada sebuah jajar genjang yang mempunyai panjang suatu sisi miring sebesar 5 satuan dan panjang allas sebesar 20 satuan serta tingginya sebesar 4 satuan. Maka coba tentukan :

  1. Berapakah Panjang Keliling Jajar Genjang ?
  2. Berapakah Luas Jajar Genjang nya ?

Jawaban :

Jika diketahui :

Alas (a) : 5 satuan

Sisi miring (m) : 20 Satuan

Tinggi (t) : 4 Satuan

Penyelesaiaan :

1.Panjang keliling jajar genjang adalah :

Keliling : 2 x (Alas x Sisi Miring)

K : 2 (5 + 20 ) : 2. 25 = 50 Satuan

Maka bisa diketahui jika keliling dari jajar genjang adalah 50 satuan.

2.Luas Jajar Genjang

Luas Jajar Genjang = Alas x Tinggi

L = 5 x 4 = 20 Satuan²

Maka bisa diketahui jika luas dari jajar genjang adalah 20 Satuan²

 

Dengan ulasan di atas sekarang anda sudah tahu kan, pengertian jajar genjang dan juga rumus luas jajar genjang dan cara mencarinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mampir lagi ke website kami, materi pembelajaran bersama sang guru.

Artikel Lainnya: