Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus

Posted on

Rumus Luas Kubus dan Rumus Volume Kubus

Ekosistem.co.id – Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai rumus diagonal sisi kubus dan rumus diagonal ruang kubus, nah maka kali ini kita akan membahas mengenai rumus luas kubus dan rumus volume kubus secara lengkap yang akan disertai juga dengan contoh soal yang bisa anda gunakan sebagai latihan.

Tapi sebelum membahas mengenai rumus luas kubus dan rumus volume kubus ada baiknya jika kita mengetahui pengertian kubus terlebih dahulu.

Pengertian Kubus

Kubus sendiri merupakan salah satu bangun ruang, dan kubus mempunyai bentuk tiga dimensi yang sudah dibatasi dengan enam bidang yang sisi sisinya memiliki bentuk yang kongruen atau memiliki bentuk bujur sangkar. Bangun ruang kubus ini juga sering disebut dengan bidang enam beraturan yang memiliki bentuk hampir mirip dengan prisma segi empat.

Sifat Sifat Kubus

Coba perhatikan gambar yang ada di atas, selain mengetahui pengertian dari kubus, anda juga wajib mengetahui sifat – sifat yang dimiliki oleh kubus. Sesuai dengan gambar di atas, berikut ini adalah sifat – sifat kubus :

  1. Sisi dan rusuk kubus memiliki bentuk persegi
  2. Diagonal bidan dan diagonal ruang kubus berukuran sama panjang.
  3. Setiap bidang diagonal kubus memiliki bentuk persegi panjang

Seperti yang sudah dijanjikan dari awal, bahwa kali ini kita akan memberikan pembahasan mengenai rumus luas kubus dan rumus volume kubus, karena seperti yang sudah kita semua ketahui jika kubus sendiri merupakan salah satu bangun ruang yang cukup populer dan sering sekali dibahas, materi kubus ini juga sering dimasukkan ke dalam soal ujian, maka dari itu tidak perlu berlama – lama lagi ya, berikut ini adalah rumus luas dan volume kubus beserta dengan contoh soal dan cara mengerjakannya.

Rumus Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Cara Menghitungnya

Untuk mencari luas permukaan, luas volume dan diagonal sisi kubus dibutuhkan suatu titik sudut, sisi dan rusuk dari bangun ruang kubus itu sendiri hal ini dikarenakan untuk mengetahui rumus luas kubus dan rumus volume kubus sangat membutuhkan jumlah sisi – sisinya.

Cara Menghitung Rumus Luas Permukaan Kubus

Untuk menghitung luas kubus dibutuhkan jumlah dari luas permukaan kubus tersebut, permukaan bangun ruang kubus sendiri mempunyai 5 dan untuk itu rumus luas kubus bisa dinyatakan dengan menggunakan rumus matematika yang ada di bawah ini :

Rumua Luas Kubus

6 x s²

Cara Menghitung Rumus Volume Kubus

Untuk menghitung rumus volume kubus dibutuhkan isi dari kubus itu sendiri, besarnya volume adalah perpaduan di antara perkalian dari sisi panjang, lebar dan juga tinggi. Sementara untuk ukuran rusuk dari sebuah bangun ruang kubus tersebut semuanya sama yakni s maka dari itu rumus volume kubus bisa dinyatakan dengan rumus matematika sepeti di bawah ini :

Volume Kubus  

s x s x s atau V = S³

Contoh Soal Kubus

Tak hanya memberikan penjelasan mengenai pengertian kubus, sifat sifat kubus dan rumus luas kubus serta rumus volume kubus, artikel ini juga akan memberikan contoh soal yang bisa anda gunakan sebagai latihan. Nah berikut ini adalah contoh soalnya.

 

Apabila terdapat sebuah bangun ruang kubus dengan panjang sisi sebuah kubus kira – kira sebesar 20 cm, maka coba hitunglah !

  1. Volume kubus
  2. Keliling kubus
  3. Luas permukaan kubus

Jawabnya:

Apabila diketahui sisi kubus adalah 20 cm maka,

Penyelesaian :

  1. Volume kubus

Volume = sisi³

V = s³

V = 20 x 20 x 20

V = 8000 m³

 

Sehingga bisa diketahui jika volume kubus adalah 8000 m³

 

  1. Keliling Kubus

Keliling = 12 x sisi

K = 12 x s

K = 12 x 20

K = 240 cm

 

Sehinggga bisa diketahui jika keliling kubus adalah 240 cm

 

  1. Luas Permukaan Kubus

Luas = 6 x sisi²

L = 6 x s²

L = 6 x 20 x 20

L = 2400 cm²

 

Sehingga bisa diketahui jika luas permukaan kubus adalah 2400 cm²

 

Demikian penjelasan kali ini mengenai rumus luas kubus dan rumus volume kubus yang disertai dengan pengetian dan contoh soalnya.

Artikel Lainnya :