Rumus Osilasi – Pengertian Beserta Dengan Contoh Soal

Posted on

Rumus Osilasi – Pengertian Beserta Dengan Contoh Soal

Laelitm.com – Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai rumus osilasi yang juga akan disertai dengan pengertian dan contoh soalnya yang bisa digunakan untuk latihan. Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Osilasi

Osilasi merupakan sebuah variasi periodik terhadap waktu yang berasal dari suatu hasil pengkuran, contohnya seperti ayunan bandul. Osilasi biasanya dikenal dengan istilah vibrasi atau yang juga biasa disebut dengan gertaran, meskipun sebenarnya vibrasi lebih merujuk pada jenis spesifik osilasi mekanis.

Sementara itu silasi tak hanya terjadi pada 1 sistem fisik saja akan tetapi juga bisa terjadi pada sistem biologi dan bahkan di dalam masyarakat.

Osilasi sendiri dibagi menjadi dua macam, yakni :

  1. Osilasi Harmonis Sederhana
  2. Osilasi Harmonis Kompleks

Di dalam osilasi harmonis sederhana terdapat sebuah gerak harmonis sederhana dan biasa disebut dengan flicker dalam istilah hasil pengukuran kelistrikan atau bisa juga disebut dengan gangguan yang mengubah bentuk gelombang menjadi rusak dan cacat.

Dalam osilasi harmonis sederhana terdapat sebuah gerak harmonis sederhana. Untuk istilah dalam hasil pengukuran kelistrikan, osilasi dapat disebut dengan nama flicker atau gangguan yang mengubah bentuk gelombang menjadi rusak atau cacat.

Apabila benda yang memiliki massa di ujung pegas ditarik sejauh A untuk kemudian di lepas kira – kira apa nantinya yang akan terjadi? Benda tersebut akan ditarik dengan menggunakan gaya pegas melewati x = 0, kemudian menuju ke Z negatif yang kemudian dilanjutkan benda akan berbalik arah ke x = A negatif, dan nantinya akan kembali melewati x = 0, lalu ke x = A dan terakir akan berbalik arah.

Apabila dasarnya yang dipergunakan untuk meletakkan pegas dan juga massa adalah permukaan yang licin maka massa akan bergerak secara bolak – balik tanpa henti atau pun bisa dikatakan bendanya berosilasi.

Jarak sejauh A tersebut biasa disebut dengan amplitude atau pun simpangan maksimum benda, titik x = 0 juga disebut dengan titik keseimbangan dan juga arah gerakannya selalu melewati titik keseimbangannya.

Hubungan Frekuensi Dengan Frekuensi Sudut Dalam Osilasi

Hubungan di antara frekuensi dengan frekuensi sudut adalah :

ω = 2 π f

Fungsi ini sendiri bisa berupa fungsi cosines atau pun sinus dan tergantung dengan dimana massa pada saat t = 0.

Coba simak contoh yang ada di bawah ini:

Coba simak gambar yang ada di atas, pegasnya dalam keadaan diam dan diberi gaya sesaat sehingga dapat tertekan sejauh x cm, sehingga pada saat permulaan simpangan pegasnya adalah 0, jadi anda harus menggunakan fungsi sinus.

Apabila keadaan awal pegasnya ditekan kemudia dilepaskan maka keadaan awal simpangannya adalah x cm maka harus menggunakan fungsi dari cosines.

Contoh Soal Osilasi

Apabila ada sebuah motor yang mempunyai masa sejumlah 1800 kg ditopang oleh 4 buah pegas dimana mempunyai ketetapan gaya yakni 18.000 N/m, pada saat motor yang ditumpangi oleh 3 orang, maka total berat massanya adalah 200 kg melewati sebuah lubang yang terletak di tengah jalan, maka coba tentukan nilai frekuensi getaran pegas pada mobil tersebut.

Jawaban

Cara menyelesaikan :

Apabila diketahui :

  • Massa motor = 1.800 kg
  • Massa penumpang = 200 kg
  • Konstanta = 18.000 kg

Ditanyakan :

Nilai frekuensi getaran pegas pada mobil f ?

Jawaban :

Masa motor + penumpang = 1.800 kg + 200 kg = 2.000 kg

Berat total motor anggap saja merata pada keempat pegas sehingga setiap pegas dapat mendukung beban:

Sehingga getaran pegas motor bisa dihitung dengan menggunakan persamaan seperti di bawah ini :

Demikian pembahasan kali ini mengenai pengertian osilasi beserta rumus dan contoh soal yang bisa dijadikan sebagai media belajar. Jangan lupa nanti mampir lagi di website kami karena masih banyak sekali materi pembelajaran yang akan dibahas dengan jelas dan tuntas di laelitm.com, media belajar bersama sang guru.

Artikel Lainnya :