Rumus Persentil Data Kelompok

Posted on

Rumus Persentil Data Kelompok

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai rumus persentil data kelompok beserta dengan penjelasan lengkapnya, dan tentu saja nantinya akan dibarengi dengan contoh soal yang disertai dengan jawaban yang benar serta penyelesaiannya.

Persentil data kelompok sendiri merupakan materi di dalam pelajaran matematika yang cukup banyak dibahas, maka dari itu akan sangat bermanfaat jika pada kesempatan kali ini kamu menyimak dengan lengkap ulasan yang kami berikan di bawah ini. Lansung saja kita lihat pengertian dari persentil yang ada di bawah ini.

Pengertian Persentil

Seperti yang kamu tahu, kuartil membagi data menjadi empat buah bagian. Dan setiap bagian memiliki nilai yang sama banyak. Dengan 3 nilai kuartil yang sama. Pada desil data nya sendiri akan dibagikan untuk menjadi 10 data yang nilai nya sama banyak. Sedangkan ada 9 buah nilai desil di data tersebut.

Sementara pada persentil data ini sendiri akan dibagikan menjadi 100 dengan ninlai yang sama banyak. Sehingga akan menghasilkan 99 buah nilai persentil.

Jadi jika dilihat berdasarkan dengan pengertiannya, persentil sendiri sebenarnya merupakan arti dari kata persen atau perseratus. Maka dati sini kamu bisa menyimpulkan jika persentil merupakan pembagian data yang terurut menjadi 100 buah bagian yang nilainnya sama banyak.

Sedangkan dari 100 buah bagian yang dibagi ke dalam data yang sama banyak ini hanya terbatas pada 99 buah nilai persentil nya saja. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat gambar yang ada di bawah ini, sebagai contoh :

Sementara itu rumus untuk mencari nilai kuartil, nilai desil beserta dengan nilai persentil yang ada pada data tunggal tidaklah sama dengan rumus yang digunakan untuk mencari nilai kuartil, nilai desil dan juga pada nilai persentil yang terdapat pada data kelompok.

Maka dari itu, agar lebih jelas kami pun akan memberikan dua rumus yang berbeda. Rumus yang pertama adalah rumus persentil data tunggal dan juga rumus persentil data kelompok beserta dengan ulasannya secara lengkap.

Rumus Persentil

Seperti yang sudah kamu ketahui, rumus persentil dibagi ke dalam dua jenis. Yang pertama adalah rumus persentil data tunggal, dan yang kedua adalah rumus persentil data kelompok. Meski pun sebenarnya kesempatan kali ini, kami akan memberikan rumus persentil data kelompok, tapi tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui rumus persentil data tunggal.

Karena bagaimana pun cara menyelesaikan persentil data tunggal dan persentil data kelompok sangatlah berbeda satu dengan yang lainnya. Rumus persentil data tunggal tidak akan bisa digunakan untuk menghitung persentil data kelompok, begitu pula sebalinya, rumus persentil data kelompok tidak akan bisa digunakan untuk menghitung rumus persentil data tunggal.

Untuk lebih jelasnya kami sudah menyiapkan pembahasannya di bawah ini, mengenai rumus persentil data tunggal sekaligus dengan rumus persentil data kelompok. Simak penjelasannya di bawah ini :

Rumus Persentil Data Tunggal

Sebelum mengetahui rumus persentil data kelompok, ada baiknya jika kamu juga mengetahui rumus persentil dari data tunggal.

Rumus Persentil Data Tunggal :

Penjelasannya :

Ibilangan bulat yang kurang dari 100 (1, 2, 3, …, 99)
nbanyak data

 

Rumus Persentil Data Kelompok

Jika sebelumnya kita sudah membahas dan memberikan rumus persentil data tunggal maka pada kali ini kita akan memberikan pembahasan utamanya, yakni rumus persentil data kelompok. Sesuai dengan janji kita di awal ulasan ini.

Rumus persentil data kelompok ini biasa juga disebut dengan persentil bergolong. Rumus ini berfungsi untuk menentukan sebuah nilai persentil yang berasal dari suatu data kelompok.

Rumus Persentil Data Kelompok :

Penjelasannya :

IMerupakan sebuah bilangan bulat yang nilainya kurang dari 100 (1, 2, 3, 4, 5… ,99).
TbMerupakan tepi bawah kelas yang ada pada persentil.
nMerupakan jumlah dari seluruh frekuensi yang ada.
f {k}Merupakan jumlah frekuensi yang ada sebelum kelas persentil.
f {i}Merupakan frekuensi kelas persentil.
pMerupakan panjang dari kelas interval.

 

Agar kamu lebih jelas dengan materi pembelajaran kali ini mengenai persentil data kelompok, kami pun akan memberikan contoh soal persentil data kelompok, beserta dengan cara penyelesaian dan jawaban yang benar.

Contoh Soal Persentil Data Kelompok

Apabila diketahui terdapat sebuah kelompok data, seperti yang ada pada tabel seperti di gambar yang ada di bawah ini :

Maka pertanyaannya adalah, coba tentukan letak persentil kelompok yang ke 25!

Jawaban :

Coba lihat pada gambar di bawah ini :

Apabila letak persentil yang ke – 25 adalah (25/100) dan 40 = 10. Yakni data yang ada pada tabel ke – 10 dan kelas persentil yang ada ke – 25 = 51 – 55. Maka akan diperoleh hasil :

Jadi dari perhitungan di atas kamu bisa menemukan nilai persentil ke – 25 yakni 50 dan 81.

 

Nah, itu dia pembahasan kali ini mengenai rumus persentil data kelompok secara jelas dan lengkap beserta dengan contoh soal dan cara pengerjaannya. Semoga pembahasan kali ini memberikan ilmu pengetahuan baru bagi kamu semua, sampai jumpa pada artikel yang berikutnya.

Artikel Lainnya :