Rumus Luas Prisma dan Rumus Volume Prisma

Posted on

Rumus Luas Prisma dan Rumus Volume Prisma

Laelitm.com – Jika sebelumnya kita telah belajar dan mengenal beberapa bangun ruang yang ada, kemudian belajar mengenai rumus kubus dan rumus limas maka kali ini kita akan mempelajari mengenai rumus prisma yang meliputi rumus luas prisma dan rumus volume prisma. Akan tetapi sebelum beranjak ke pembahasan mengenai rumus ada baiknya jika kita membahas pengertian bangun ruang yang satu ini terlebih dahulu. Apa itu ptisma? Silahkan cek penjelasannya di bawah ini ya.

Pengertian Prisma

Prisma sendiri adalah salah satu dari 7 macam bangun ruang yang ada di dalam matematika dan prisma adalah bangun ruang yang memiliki bentuk tiga dimensi yang dibatasi dengan suatu alas atau tutup yang memiliki bentuk segi dan sisi nya tegak dengan bentuk persegi atau pun memiliki bentuk persegi panjang.

Di dalam dunia geometri pengertian bangun ruang prisma adalah bangun ruang yang mempunyai penampang yang melintang dengan bentuk dan ukuran yang nyaris selalu sama, kemudian untuk prisma sendiri dengan alas dan tutup yang memiliki bentuk persegi akan disebut dengan balok sementara prisma dengan alas dan juga tutup yang memiliki bentuk lingkaran akan disebut dengan tabung.

Maka dari itu jangan sampai anda lupa untuk menyimpulkan dari rumus menghitung prisma tersbeut dikarenakan yang paling penting di dalam menghitung rumus limas adalah dengan mengetahui nilai suatu alas dan juga tutup prisma tersebut.

Rumus matematika prisma ini sendiri dibagi menjadi dua turunan yang antara lain yakni rumus luas prisma dan juga rumus volume prisma yang kemudian kedua rumus prisma ini tak dapat dipisahkan dari alas dan juga tutupnya.

Cara Menghitung Rumus Luas dan Volume Prisma

Untuk itu di sini kita akan membahas serta menjekaskan secara detail pada anda mengenai cara menghitung rumus luas prisma dan juga rumus volume prisma. Hal ini dikarenakan prisma juga merupakan salah satu dari 7 macam bangun ruang yang selalu saja muncul di dalam materi pembelajaran matematika, anda pastinya sering menemukan pembahasan mengenai rumus bangun ruang prisma ini sejak masih sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Bahkan tak jarang pula jika rumus dan cara menghitung prisma dimasukkan ke dalam soal ujian baik soal ujian akhir semester, soal ujian akhir sekolah bahkan soal ujian akhir nasional. Maka dari itu, bukan hanya rumus kubus dan rumus balok saja yang wajib anda ketahui, rumus prisma juga tak boleh anda lupakan. Nah, berikut ini adalah rumus dan cara menghitung prisma.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Wajib anda ingat jika rumus luas permukaan prisma dan rumus luas prisma tersebut sama pengertiannya sehingga anda juga tidak boleh terkecoh pada saat menghitungnya. Karena rumus luas permukaan prisma adalah L = Luas Alas + Luas Tutup + Luas Selimut, untuk besaran luas alas dan luas tutup sendiri apabila sama maka bisa disimpulkan dengan rumus seperti di bawah ini :

Rumus Luas Prisma

Luas Prisma = 2 x Luas Alas + Luas Selimut (Selubung)

Rumus Volume Prisma

Lalu untuk menghitung rumus volume prisma sendiri cukup sederhana karena hanya dengan menggunakan rumus Luas Alas x Tinggi saja. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat rumusnya di bawah ini :

Rumus Volume Prisma

V = Luas Alas x Tinggi

Contoh Soal Bangun Ruang Prisma

Jika terdapat sebuah prisma yang mempunyai volume sebesar 240 cm3, dan alas dari prisma tersebut memiliki bentuk segitiga siku – siku dengan panjang sisi siku sikunya masing – masing adalah 8 cm dan 6 cm. Coba hitunglah, tinggi dari prisma tersebut!

Jawaban :

Jika diketahui :

panjang sisi siku siku 8 cm dan 6 cm

volume 240 m3

Penyelesaian :

Jika :

Volume Prisma = Luas Alas x Tinggi Prisma

240 = ( ½ x a x t) x tinggi prisma

240 = ( ½ x 8 x 6 ) x tinggi prisma

240 = 24 x tinggi prisma

Maka :

Tinggi prisma = volume : ( ½ x a x t)

Tinggi prisma = 240 = ( ½ x 8 x 6 )

Tinggi prisma = 240 : 24 = 10

Tinggi prisma = 10 cm

Maka dari sini bisa diketahui jika tinggi prisma adalah 10 cm.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai rumus prisma semoga bermanfaat bagi anda semua ya.

Artikel Lainnya :