Rumus Rubik 4×4 – Cara Mengerjakan Cepat dan Benar Beserta Gambar

Posted on

Rumus Rubik 4×4 – Cara Mengerjakan Cepat dan Benar Beserta Gambar

Rumus Rubik 4×4 merupakan rumus yang digunakan untuk bermain rubik 4 x 4. Memang sebenarnya rubik adalah sebuah permainan yang banyak dimainkan oleh orang dari berbagai kalangan. Mulai dari anak – anak hingga orang dewasa semuanya suka bermain rubik.

Namun meski rubik dianggap sebagai sebuah permainan, ternyata rubik sendiri tidak bisa dimainkan secara sembarangan loh. Karena ada cara dan rumus khusus yang harus digunakan pada saat bermain rubik.

Inti dari teknik bermain rubik 4 x 4 ini sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan rubik 3 x 3. Karena prinsip yang digunakan oleh kedua jenis rubik ini adalah center, edge serta corner.

Tak hanya prinsip dan inti pengerjaannya saja yang nyaris sama namun rumus dari kedua jenis rubik ini pun memiliki kesamaan hingga 80%. Akan tetapi tetap terdapat perbedaan di antaranya keduanya khususnya pada bagian algoritma yang digunakan.

Hal ini karena rubik 3 x 3 hanya memiliki kubus dengan 3 layer serta satu titik center. Sementara pada kubus 4 x 4 terdapat 4 layer serta 4 titik center 2 x 2. Dari sini bisa dilihat bahwa rubik 4 x 4 lebih rumit dibandingkan dengan rubik 3 x 3. Maka dari itu ada baiknya jika kamu bermain rubik 3 x 3 terlebih dahulu sebelum akhirnya mencoba bermain dan memecahkan rumus rubik 4 x 4.

Tapi sebelumnya kami pun sudah memberikan ulasan mengenai rumus 3 x 3 untuk itu sekarang kami akan memberikan rumus 4 x 4.

Bagian – Bagian Rubik

Arah Pergerakan dari Rubik 4 x 4

 

Rumus Rubik 4 × 4

1.) Cara Menyelesaikan Centernya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika rubik 4 x 4 ini memiliki perbedaan yang signifkan dengan rubik 4 x 4. Hal ini dikarenakan rubik 3 x 3 telah memiliki center yang tetap atau sifatnya konstan. Pada rubik 3 x 3 centernya tidak akan pernah berubah posisi meskipun kamu memutarnya ke segala arah. Sementara center pada rubik 4 x 4 selalu berubah posisi sesuai dengan gerakan yang kamu lakukan pada saat ingin memecahkan rumus rubik 4 x 4 ini.

Selain itu perbedaan yang paling mencolok di antara kedua rubik ini adalah karena rubik 4 x 4 ini terdiri atas 2 x 2 piece muka kubus. Nah, bagian ini yang harus diseslesaikan secara runut.

Secara umum posisi pada center rubik 4 x 4 dan 3 x 3 sebenarnya memiliki kesamaan. Kamu bisa melihat dari contoh yang ada pada sisi putih ketika kamu meletakkan pada bagian atas. Nah, di sini sisi kuningnya akan berubah menjadi berlawanan dengan sisi bagian putih.

Jika sisi biru ada pada bagian depan maka pada sisi yang belakang akan terlihat warna hijau. Serta ketika sisi ornge ada pada sebelah kiri sehingga sisi merah aka nada pada sebelah kanan.

Sederhananya kamu bisa meletakkan putih pada bagian atas, kuning pada bagian bawah sehingga pada sisi sampingnya adalah warna merah, biru, orange dan warna hijau atau disingkat dengan MBOH.

Untuk menyelesaikan sisi centernya kamu bisa mengunakan langkah seperti berikut :

2.) Samakan 2 Buah Pinggir yang Letaknya Bersebalahan

Pada cara kedua ini kamu akan menemukan 12 buah pasang di pinggir. Dan kamu harus menyamakan posisinya. Perlu kamu tahu jika pada rubik 4 x 4 pinggir seperti yang ada pada gambar A berikut ini. Kemudian kamu harus menyelesaikan satu per satu pada pinggirnya untuk dijadikan seperti pada gambar B. Nah, untuk lebih mudahnya kamu bisa menggunakan pedoman dan langkah – langkah pada gambar berikut. Jangan lupa untuk memperhatikan dan juga mencari kondisi yang sesuai dengan kondisi rubik kamu pada gambar ini.

Di sini kamu akan menemukan 12 buah pasang pinggir yang wajib untuk kamu selesaikan. Makan pada saat tersisa 2 buah pasang pinggir kamu bisa menggunakan rumus seperti berikut ini. Nah, di sini pun kamu juga bisa menyesuaikan posisi warna. Simak saja penyelesaian pada double edge atau degde yang terakhir.

Apabila semua pinggir atau dedge telah bertemu satu sama lain bersama pasangannya, sehingga akan menghasilkan :

Kemudian kamu bisa merampungkan bagian ini dengan cara memanfaatkan rumus 3 x 3. Mulanya kamu harus membuat 1 buah layer terlebih dahulu untuk kemudian disusun untuk menjadi layer keduanya. Jika kamu perhatikan terdapat perbedaan dengan rubik 3 x 3 meski hanya sedikit saja. Karena apabila rubik 3 x 3 ini sudah tersusun atas layer keduanya sehingga pada tahapan berikutnya kamu bisa langsung membuat palang ( + ). Akan tetapi hal ini berbeda jika pada rubik 4 x 4, karena setelah kamu menyusun 2 buah layer kamu akan menemukan kondisi seperti pada gambar yang ada berikut ini sebelum membentuk palang ( + ). Untuk peluang terjadi kondisi di bawah ini sendiri memiliki angka 50%.

Selain kondisi yang ada pada gambar di atas. terdapat juga kondisi lain yang juga sering terjadi yakni peluang 50%. Kondisi ini merupakan kondisi kedua dari peluang yang ada di atas. berikut ini gambar dan penjelasannya :

 

Nah, itu dia rumus rubik 4×4 beserta dengan cara mengerjakan cepat dan benar beserta gambar yang pastinya akan membuat materi ini menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Artikel Lainnya :