Rumus Volume Limas Segitiga Dan Rumus Luas Permukaan Limas

Posted on

Rumus Volume Limas Segitiga Dan Rumus Luas Permukaan Limas

Laelitm.com – Setelah membahas mengenai rumus kubus secara lengkap maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas menegnai rumus volume limas segitiga dan rumus luas permukaan limas.

Limas segitiga adalah limas yang mempunyai alas dan memiliki bentuk segitiga maka, baik itu segitiga sama kaki, segitiga sembarang, segitiga siku siku mau pun segitiga sama sisi. Maka dari itu bangun ruang ini disebut dengan segitiga. Karena pada umumnya ada sekitar 4 buah limas yakni limas segi lima, limas segi empat, limas segi enam dan limas segitiga. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan fokus untuk membahas limas segitiga.

Sifat Limas Segitiga

limas segitiga sendiri memiliki sifat yang berbeda dengan limas segi empat, segi lima dan segi enam, nah berikut ini adalah sifat dari limas segitiga :

  1. Limas segitiga mempunyai 4 buah tiitk sudut serta 3 buah titik sudut yang terletak di bagian alas kemudian 1 titik susut terletak di bagian atas.
  2. Limas segitita mempunyai 4 buah sisi, 1 sisi terletak pada alas dan 3 sisi lainnya merupakan sisi tegak.
  3. Limas segitiga mempunyai 6 buah jumlah rusuk.
  4. Limas segitiga mempunyai alas yang memiliki bentuk segitiga.

Sehingga denga limas segi empat mau pun limas segi enam sangat berbeda dikarenakan jumlah sisi dan juga titik sudut serta rusuknya pun juga berbeda jumlahnya. Sehingga bisa dibilang jika limas segitiga merupakan limas yang lapling sederhana jika dibandingkan dengan limas lainnya dan bisa dibuat dengan menggunakan kertas, jika dibanding dengan limas lainnya yang cukup sulit untuk dibuat dengan menggunakan kertas.

Rumus Volume Limas Segitiga

Untuk dapat menghitung limas segitiga bisa menggunakan rumus di bawah ini :

Rumus Luas Alas Limas

1/2 x a x t

 

Rumus Luas Permukaan Alas

Alas + jumlah seluruh sisi tegak

 

Rumus Volume Limas Segitiga

V= 1/3 x ( 1/2 x Panjang X Lebar ) X Tinggi

Nah, itu dia rumus kira – kira rumus limas segitiga lengkap, mulai dari rumus luas alas limas, luas permukaan limas hingga rumus volume limas. Jika hanya mengetahui rumus tanpa tahu bagaimana cara menghitungnya, rasanya kurang lengkap ya. oleh sebab itu kami sudah menyiapkan soal di bawah ini yang bisa anda gunakan sebagai media pembelajaran dan berlatih di rumah. Berikut ini contoh soal bangun ruang limas beserta contoh soalnya.

Contoh Soal

1.

Coba perhatikan gambar yang ada di atas. Jika terdapat sebuah limas dengan t.ABCD kemudian terdapat alas dan alas satu sisi tegak yang mempunyai bentuk segitiga siku siku, dari gambar yang ada di atas, jika diketahui panjang BC = BT maka coba tentukan berapa volume dari limas tersebut.

Jawaban :

Untuk dapat mencari berapa volume ( V ) anda dapat menggunakan rumus V= 1/3 x luas alas x tinggi.

Maka berikut ini adalah penyelesaiannya.

 

  1. Jika terdapat alas dari sebuah limas yang mempunyai bentuk segitiga sama kaki dengan panjang dari sisi alasnya merupakan 15 cm kemudian mempunyai panjang kaki 10 cm coba hitung berapa volume limas tersebut jika tinggi dari limas itu sendiri adalah sekitar 9 cm.

Jawaban :

Jika alas limas tersebut berbentuk segitiga sama kaki maka anda bisa mencari tinggi dari segitiga tersebut dengan menggunakan phytagoras :

t² = 10² – 8²

t² = 100 – 64

t² = 36

t = √36 = 6

kemudian setelah itu anda baru bisa mencari luas segitiga dengan menggunakan rumus

LΔ = ½ × a × t

LΔ = ½ × 16 × 6

LΔ = 48 cm²

Sehingga dari sini bisa diketahui jika volume limas segitiga sama kaki tersebut ialah :

L = 1/3 × luas alas × tinggi

L = 1/3 × 48 cm² × 9 cm

L = 144 cm²

 

Nah, jadi begitulah kira – kira cara untuk menghitung volume dari sebuah limas dengan menggunakan rumus yang sudah kita bahas di atas. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua ya, sampai jumpa.

Artikel Lainnya :