Satuan Panjang – Pengertian, Tangga Satuan Panjang dan Contoh

Posted on

Satuan Panjang – Pengertian, Tangga Satuan Panjang dan Contoh

Satuan Panjang merupakan salah satu satuan yang digunakan untuk mengukur panjang suatu benda atau sesuatu yang ada di sekitar kamu, untuk mengetahui ukuran satuan panjang bisa menggunakan beberapa alat ukur seperti meteran.

Pengertian Satuan Panjang

Meter merupakan satuan panjang yang umum digunakan di dalam SI ( International System of Units ), sementara di dalam sisrem cgs ( centimetre gram second ) satuan panjang yang umum digunakan adalah cm. Kata panjang sendiri jika did ala ilmu fisika digunakan secara sinonim dengan jarak dan menggunakan simbol “ l “.

Jenis – Jenis Satuan Panjang

  1. km (kilometer)

Merupakan ukuran satuan panjang di dalam sistem metric dan memiliki nilai yang sama dengan 1000 meter. Km sendiri kini telah secara resmi untuk menyatakan jarak dari sebuah tempat ke tempat lain secara geografis, di tanah air dan di sebagian besar dunia, kecuali di Amerika Serikat dan jaringan jalan di Inggris dan beberapa Negara lain yang lebih memilih untuk memggunakan unit satuan panjang yang lainnya.

  1. hm (hectometer)

Hm sendiri merupakan singkatan dari hectometer yang merupakan ejaan dari Amerika sedangkan hectometre adalah ejaan dari SI ( International System of Units ), satuan panjang satu ini merupakan nilai ukuran satuan panjang yang terdapat di dalam sistem metric yang telah disesuaikan dengan standar internasional. 1 hm sendiri nilainya sama dengan 100 m.

  1. Dm (Decameter)

Dm ini merupakan singkatan dari decameter yang merupakan ejaandari Amerika sementara itu ejaan dari SI ( International System of Units ), sendiri adalah decametre. Satuan panjang ini merupakan satuan panjang yang terdapat dalam sistem metric yang sesuai dengan standar internasional. 1 dm sendiri adalah sama nilainya dengan 10 m.

  1. m (meter)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan satuan panjang ini karena satuan panjang ini, m sendiri merupakan singkatan dari meter yang merupakan ejaan Amerika sedangkan metre adalah ejaan dari SI ( International System of Units ). Satuan panjang ini merupakan nilai ukuran di dalam sistem metrik yang merupakan Standar Internasional. Nilai 1 m sendiri sama dengan 100 cm atau 0.001 km.

  1. dm (decimeter)

dm merupakan singkatan dari decimeter yang merupakan ejaan Amerika, satuan panjang ini merupakan satuan panjang metrik yang telah sesuai dengan standar internasilan dan 1 dm sama dengan 0.1 m.

  1. cm (sentimeter)

Merupakan singkatan dari centimeter dan merupakan satuan panjang di dalam sistem metrik yang digunakan sebagai standar internasional dan menjadi dasar pengukuran standar di dalam sistem cgs.

  1. mm (milimeter)

Merupakan singkatan dari millimeter dan merupakan nilai ukuran satuan unit di dalam sistem metric yang dijadikan dasar dari pengkuruan panjang.

  1. mil

Mil atau biasa juga disebut mile yang merupakan pengukuran unit yang digunakan di Inggris. 1 mil sendiri sama dengan 5280 feet.

  1. yd (yard)

Yd atau Yard merupakan satuan unit panjang di dalam bahasa Inggris yang digunakan di sistem British kekaisaran mau pun di Amerika, yang telah disepakati secara internasional 1959 sebagai standar persis sama dengan 0.9144 meter. 1 yard juga sama nilanya dengan 3 dan 36 inchi.

  1. inci (inchi)

Inci bisa juga disingkat dengan in dan menggunakan simbol “ setelah angka, contohnya seperti 14”. Satuan panjang ini merupakan satuan panjang di dalam sistem kekaisaran dan Amerika Serikat dan berasal dari Uncia Romawi. Tak hanya digunakan untuk mengukur satuan panjang, satuan ini juga bisa digunakan untuk mengukur satuan lain lebar dari jempol manusia. 1 inci nilainya sama dengan 2.54 cm.

  1. kaki (ft, feet)

Ft merupakan singkatan dari foot atau kaki yang merupakan satuan unit panjang dalam sistem kekaisaran dan juga kebiasaan pengukuran yang digunakan di Amerika. 1 ft nilainya sama dengan 0.3048 meter.

Tangga Satuan Panjang

Untuk lebih lengkapnya lagi, kami juga sudah menyediakan tangga satuan panjang di bawah ini.

 

Demikian penjelasan kali ini mengenai satuan panjang semoga bisa memberikan pengetahuan bagi anda semua ya.

Artikel Lainnya :