Satuan Waktu – Tahun, Bulan, Hari, Jam, Menit, Detik

Posted on

Satuan Waktu – Tahun, Bulan, Hari, Jam, Menit, Detik

Laelitm.com – Di dalam matematika untuk dapat mengukur sesuatu harus dinyatakan dalam ukuran satuan, sementara itu ada banyak sekali macam satuan yang ada, salah satunya adalah satuan waktu . Di dalam pengukuran satuan waktu ada beberapa alat yang digunakan untuk mengukurnya, salah satu alat yang digunakan adalah stopwatch, merupakan alat pengukur waktu hingga ketelitian milidetik.

Selain menggunakan stopwatch, pengukur waktu yang biasa dipergunakan di dalam kehidupan sehari – hari adalah jam, mulai dari jam dinding, jam tangan hingga yang paling modern adalah jam yang ada di smartphone kamu.

Di dalam jam analog yang menunjukkan jam dengan menggunakan angka, batas angkanya adalah 12 padahal sebenarnya dalam satu hari terdapat 24 jam.

Alat ukur lainnya yang biasa digunakan adalah kalender atau penanggalan dalam satu tahun yang tak hanya menunjukkan hari, bulan dan tahun namun di dalam kalender juga memuat hari hari penting yang ada di dalam satu tahun. Jika ada yang bertanya pada kamu, 1 tahun ada berapa bulan? Maka tak perlu bingung menjawab ya, karena 1 tahun ada 12 bulan. Lalu jika ada yang bertanya 1 tahun ada berapa hari? Atau 1 tahun ada berapa minggu?

Tak usah bingung untuk menjawabnya, karena kali ini kita akan membahas mengenai satuan waktu mulai dari tahun, hari, jam, menit hingga detik.

1 Tahun Ada Berapa Minggu?

Jika di dalam 1 tahun ada 12 bulan, 1 bulan ada 4 minggu dan di dalam 1 bulan ada 30 hari,  maka jika diberi pertanyaan 1 tahun ada berapa minggu, kamu bisa menghitungnya dengan mudah yakni dengan cara 12 bulan x 4 minggu sehingga hasilnya adalah 48 minggu.

Banyak sekali yang mengasumsikan jika 1 tahun ada 48 minggu sesuai dengan hitungan normalnya, akan tetapi jika dilihat lagi perhitungan tersebut juga tak bisa dianggap benar kan, sebab di dalam satu tahun tidak selalu ada 365 hari karena di tahun kabisat contohnya 1 tahun ada 366 hari. Begitu pulan dalam 1 bulan tidak tepa juga jika disebut dengan 4 minggu karena yang benar adalah di dalam 1 bulan ada 4 minggu lebih 2 hari atau 3 hari.

Jadi bagaimana cara menghitung jumlah minggu dalam 1 tahun yang benar? Berikut ini adalah caranya :

Jika di dalam 1 tahun ada 365 hari maka 365 hari dibagi dengan 7
( jumlah hari dalam satu minggu ) maka hasilnya adalah 52 hari.

Jadi yang tepat adalah di dalam 1 tahun ada 52 hari.

1 Tahun Ada Berapa Hari?

Di dalam kalender masehi 1 tahun sebenarnya ada 365 lebih ¼ hari, sehingga ¼ hari ini akan dibulatkan setiap 4 tahun sekali dan ditambahkan di tahun tersebut yang disebut dengan tahu kabisat. 1 hari tambahan tersebut di tambahkan ke bulan Februari hal ini lah yang membuat bulan Februari memiliki 29 hari setiap 4 tahun sekali atau pada tahun kabisat.

Maka dari itu 1 tahun bisa dibilang memiliki 365 hari.

1 Tahun Ada Berapa Jam?

Untuk menjawab pertanyaan ini cukup mudah, apabila di dalam 1 tahun diasumsikan ada 365 hari maka cara menghitungnya adalah :

1 hari = 24 jam maka 1 tahun = 24 x 365 = 8.760 jam

Sehingga bisa ditentukan jika dalam 1 tahun ada 8.760 jam

1 Tahun Ada Berapa Menit?

Jika kamu sudah mengetahui di dalam 1 tahun ada 8.760 jam maka untuk mengetahui di dalam 1 tahun ada berapa menit sangatlah mudah, karena tinggal mengkalikannya saja, seperti ini caranya.

Maka 1 tahun = 60 x 8.760 = 525.600 menit

Tahun Ada Berapa Detik?

Untuk mengetahui 1 tahun ada berapa detik, kamu tinggal melihat pembahasan sebelumnya dan mengkalikan jumlah menit dalam satu tahun, seperti di bawah ini :

Maka 1 tahun = 60 x 525.600 = 31.536.000 detik

Sehingga bisa ditentukan jika dalam 1 tahun ada 31.536.000 detik.

 

Nah, itu lah beberapa satuan waktu yang ada di dalam materi pembelajaran matematika. Tak hanya bisa bermanfaat bagi kamu yang masih sekolah tapi materi ini juga memiliki banyak manfaat karena digunakan dalam kegiatan dan kehidupan sehari hari.

Artikel Lainnya :