Sifat – Sifat Magnet

Posted on

Sifat – Sifat Magnet

Laelitm.com – Sebelumnya kita telah membahas mengenai jenis – jenis magnet maka kali ini kita akan membahas menegnai sifat – sifat magnet nyaris semua orang mengetahui bahkan pernah memanfaatkan magnet tapi apakah anda sudah tahu apa sifat – sifat magnet. Namun sebelum mengetahui sifat – sifat magnet ada baiknya jika anda mengetahui pengertian magnet terlebih dahulu.

Pengertian Magnet

Magnet sendiri berasal dari bahasa Yunani yang adalah kata magnesia dan berarti batu Magenisia. Sementara itu Magenisia sebenarnya merupakan wilayah yang ada di Yunani yang sekarang telah berganti nama menjadi Manisa.

Sejarah mencatatkan jika magnet pertama kali ditemukan di Magenisia, batu magnet yang berasal dari alam ini termasuk ke dalam magnet tetap akan tetapi magnet tersebut kini sudah tidak ada. Sementara magnet yang ada di pasaran sekarang ini merupakan magnet buatan yang memang dibuat secara sengaja untuk mempermudah peralatan manusia.

Magnet merupakan benda yang memang mempunyai kemampuan agar bisa menarik benda lain yang ada di sekitarnya, dan pada setiap magnet tersebut mempunyai sifat kemagnetan yang sama yakni kemampuan untuk dapat darik menarik benda benda lain yang terdapat di sekitarnya. Salah satu contoh tas yang dapat dikunci atau ditutup tanpa memanfaatkan resleting tapi menggunakan magnet yang diletakkan di dalamnya.

Nah, kira – kira apa saja ya sifar – sifat magnet yang wajib anda ketahui. Berikut ini kami telah menyiapkan ulasan dan penjelasan secara lengkap mengenai apa saja sifat sifat dari magnet.

Sifat – Sifat Magnet

Magnet Memiliki Sifat Yang Dapat Menarik Benda

Sifat magnet yang pertama adalah magnet memiliki kemampuan untuk menarik benda lain yang berada di sekitarnya dengan catatan benda lain tersebut terbuat dari logam beli atau bahan yang dapat tertarik oleh medan magnet. Karena magnet memang tak dapat menarik semua benda magnet hanya bisa menarik benda yang terbuat dari bahan – bahan logam dan beberapa benda yang bisa ditarik dengan mudah oleh magnet adalah baja dan besi seperti paku dan obeng yang ada di kehidupan sehari – hari kita.

Magnet Memiliki Dua Buah Kutub

Sifat magnet yang berikutnya adalah magnet dikenal memiliki dua buah kutub yang dinamakan dengan kutub utara dan kutub selatan. Apabila ada dua magnet yang dipertemukan maka akan keduanya akan bisa saling tarik menarik jika berhadapan dengan kutub yang berbeda, misalnya kutub selatan dan kutub utara akan saling tarik menarik. Sementara jika kutub selatan berhadapan dengan kutub selatan atau kutub utara berhadapan dengan kutub utara, maka magnet akan saling tolak menolak.

Sifat Magnet Dapat Menghilang

Magnet dapat kehilangan sifat kemagnetannya apabila ada beberapa hal tertentu yang membuat sifat kemagnetannya menjadi menghilang, sifat kemagnetan ini bisa menghilang dikarenakan magnet terbakar atau sering terjatuh. Maka sifat kemagnetannya akan secara perlahan melemah lalu menghilang secara bertahap.

Jika Kutub Magnet Sama akan Menolak Dan jika Kutub Tidak Akan Menarik

Magnet memang bisa menarik benda yang terbuat dari logam, selain itu magnet juga akan saling menempel satu sama lain hanya saja agar bisa terjadi hal tersebut ada syarat yang membuat dua magnet bisa menempel. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika ada dua magnet dengan kutub yang berbeda akan saling tarik menarik atau menempel sementara jika dua magnet dengan kutub yang sama didekatkan maka akan saling tolak menolak. Kutub magnet sendiri ada dua yakni kutub selatan dan kutub utara agar bisa saling menempel magnet dengan kutub selatan harus didekatkan dengan kutub utara. Sementara jika kutub selatan berhadapan dengan kutub selatan atau kutub utara berhadapan dengan kutub utara, maka magnet akan saling tolak menolak.

Medan Magnet Membuat Gaya Magnet

Medan magnet tak hanya terletak pada kutubnya saja namun gaya magnet juga terletak pada sekitar magnet, di daerah yang berada di dekat magnet juga mempunyai gaya magnet, hal ini biasa disebut dengan medan magnet.

Demikian pembahasan kali ini mengenai sifat – sifat magnet dan pengertiannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Sementara jika kutub selatan berhadapan dengan kutub selatan atau kutub utara berhadapan dengan kutub utara, maka magnet akan saling tolak menolak.

Artikel Lainnya :