Contoh Kalimat Simple Past Tense – Positif, Negatif, dan Tanya disertai Rumus

Posted on

Contoh Kalimat Simple Past Tense – Positif, Negatif, dan Tanya disertai Rumus

Kali ini kita akan belajar tentang bahasa inggris loh! Yaitu tentang salah satu tenses yang biasa digunakan dalam percakapan bahasa inggris. Banyak yang bilang kalau belajar tenses itu sulit. Mau jago bahasa inggris tapi gak bisa tenses? Hoho, tak semudah itu loh teman – teman. Untuk bisa menguasai bahasa inggris tentu saja kita harus belajar tenses dan juga gramar. Sebenarnya bukan hal yang sulit kok kalau kita belajar dan mencobanya. Dalam bahasa inggris terdapat 16 tenses yang harus di pelajari para pemula dan yang akan kita pelajari adalah contoh kalimat simple past tenses.

Kalimat simple past tenses adalah tenses atau kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan sebuah peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lalu (lampau) atau kejadian yang sudah terjadi. Biasanya menggunakan kata yesterday (kemarin), last years (tahun lalu), last night (tadi malam), dan lain sebagainya yang mengungkapkan kejadian yang sudah berlalu.

Fungsi Simple Past Tense

  1. Simple past tense digunakan untuk menunjukkan pekerjaan atau suatu kegiatan yang terjadi di masa kampau atau kegiatan tersebut telah terjadi.

Contohnya:

“I knocked on your door last night but no one came out”

“Did you tell her that I was with my another girl friend last weekend?”

 

  1. Kalimat simple past tense digunakan dalam conditional sentence type 2

Contohnya:

“I would invite you to go along with me if the car was not full at that time”

“If you did not cheat me, I would be nice to you”

 

  1. Simple past tense digunakan sebagai kalimat penyela terhadap suatu kegiatan atau pekerjaan yang sedang berlangsung pada masa lalu.

Contohnya:

“She came into the class when the teacher was teaching”

“Last night I almost got an accident since a cat crossed in front of my car when I was driving my car”

 

  1. Kalimat simple past tense juga bisa digunakan untuk menerangkan pekerjaan yang terjadi pada masa lalu setelah kejadian lainnya telah selesai dikerjakan atau kejadiannya berurutan secara kronologis. Kejadian pertama biasanya disebut dengan menggunakan kalimat past perfect tense.

Contohnya:

“I had already gone out from that building before the bomb blew up”

“She had finished her job before I came”

 

Itu dia fungsi dari simple past tense, untuk penjelasan yang lebih lanjut berikut merupakan rumus beserta contoh kalimat simple past tenses. Simak di bawah ini!

Rumus Kalimat Simple Past Tenses

 

Kalimat Positif rumusnya (rumus utama)

Rumus:

S + V2 + O (Subject + Verb2 + Objek)

Atau

S + be (was, were)

Kata Subjek di tulis di awal kalimat (I, You, They, We, He, She, It), kemudian dilanjutkan dengan kata kerja bentuk kedua dalam kosakata bahasa inggris yang berupa regular dan irregular verb, dan dilanjutkan kembali dengan kalimat berupa objek. Untuk reguler verb, kita harus tambahkan imbuhan -d atau –ed(Asked, Studied, Loved, dan lainnya), sedangkan untuk irregular verb ada bentuk kedua kamusnya sendiri (begin ->began, drink->drank, dan lainnya) dengan memakai be (was/were).

Contohnya :

Reyna was went to school last morning

Lily asked about english test yesterday

My mother cooked delicious cake last week

 

Kalimat Negatif Rumusnya( menyatakan kalimat ‘tidak’)

S + Did + Not + V1 (Subject + Did + Not + Verb 1

Atau

S + To be ( Was/Were ) + Not

Kata subjek dilanjutkan dengan kata did dan not atau bisa disingkat didn’t, kemudian ditamabah kata kerja bentuk pertama. Atau bisa juga menggunakan to be di tambah not (was not/were not).

Contohnya :

I did not go to school yesterday

I was not study in my room last night

I did not come to my brother birthday party last month

 

Kalimat Introgatif Rumusnya (Kalimat yang menyatakan pertanyaan)

Did + S + V1 ( Did + Subject + Verb 1

Atau

Was/Were  + S

Kata did atau bisa juga was/were diletakan diawal kalimat kemudian di lanjutkan kata subjek baru setelah itu kata kerja bentuk pertama. Jangan lupa menambahkan tanda tanya(?) diakhir kalimat.

Contohnya :

Did you see my phone last morning?

Did my mother cook the cake last week?

Was the actress so beutiful last night?

 

Nah, sekarang kalian tahu kan contoh kalimat simple past tenses dan cara menggunakan kalimat ini. Mulailah belajar dengan giat, agar kalian bisa menggunakan bahasa inggris nantinya, siapa tahu nanti ketemu orang bule kan. Sekian dari artikel yang disampaikan semoga menambah ilmu yang kita miliki.

 

Artikel Lainnya: