Simple Present Tense – Pengertian, Disertai Contohnya

Posted on

Simple Present Tense – Pengertian, Disertai Contohnya

Simple Present Tense – Menjadi salah satu materi pembelajaran yang paling sering dibahas di sekolah, maka dari itu untuk kali ini kita akan memberikan ulasan mengenai simple present tense dilengkapi dengan pengertian dan contohnya.

Pengertian Simple Present Tense

Merupakan bentuk tense yang digunakan untuk menjelaskan mengenai sesuatu yang terjadi pada saat ini (present) pada suatu spesifik waktu maka dari itu dalam kalimat ini menggunakan kata kerja pertama atay vebr 1 karena menyatakan kejadian yang terjadi searang.

Berikut ini adalah rumus dan contoh kalimatnya :

Rumus (+) Subject + verb 1 (+ s/es) + object

Contoh kalimat : I use social media

Rumus (+) Subject + to be (am/is/are) + adjective/adverb

Contoh kalimat : She is very polite and kind

Rumus (-) Subject + do/does not + verb 1 + …

Contoh kalimat : They do not use social media

Rumus (-) Subject + to be (am/is/are) + not + adjective/adverb

Contoh kalimat : She is not very polite and kind

Rumus (?) Do/does + subject + verb 1 + object?

Contoh kalimat : Does he use social media?

Rumus (?) To be (am/is/are) + subject + adjective/adverb?

Contoh kalimat : Is she polite and kind?

Subject – Verb Agreement

Dari rumus yang di atas kalimat simple present tense ini memang terlihat mudah akan tetapi ternyata banyak sekali pengguna yang yang tidak teliti dengan subject verb agreement yang terdapat pada kalimat yang digunakan.

Subject verb agreement ini sendiri merupakan ketentuan pemasangan subjek dan kata kerja yang mengikutinya, untuk kalimat simple present tense, subject – verb agreement yang wajib untuk diikuti ialah :

  1. Untuk kalimat positif yang menggunakan subject I, You, We, They maka kata kerja tidak diikuti imbuhan e atau es, contoh kalimatnya : I go to school.
  2. Untuk kalimat positif yang menggunakan subject He, She, It maka kata lerjanya diikuti dengan imbuhan s atau es, contoh kalimatnya : He goes to school.
  3. Untuk kalimat negatif yang menggunakan subject I, You, We, They maka do not atau don’t digunakan sebelum kata kerja, contoh kalimatnya We do not attend class together.
  4. Untuk kalimat negatif yang menggunakan subject He, She, It maka does not atau doesn’t digunakan sebelum kata kerja, contoh kalimatnya He does not attend class with me.
  5. Untuk kalimat interogatif yang menggunakan subject I, You, We, They maka kata do mengawali kalimat, contoh kalimatnya Do you finish your homework?
  6. Untuk kalimat interigatif yang menggunakan subject He, She, It maka kata does mengawali kalimat, contoh kalimatnya Does she finish your homework?
  7. Sementara itu untuk kalimat yang menggunakan to be, maka bentuknya harus selalu presen tense yakni is, am, are yang tentunya mengikuti subjectnya.

Penggunaan Simple Present Tense

Selain mengetahui rumus dan contoh kalimatnya kamu juga wajib mengetahui penggunaan yang tepat untuk kalimat simple present tense ini, karena meski terlihat sepele tapi masih banyak sekali yang tidak mengetahui penggunaan kalimat simple present tense yang benar sehingga sering sekali ada kesalahan dalam penggunaan kalimat simple present tense. Maka dari itu dalam artikel ini juga akan membahas mengenai penggunaan kalimat simple present tense dan berikut ini adalah penggunaan kalimat simple present tense yang tepat dalam sebuah kalimat :

  1. Digunakan untuk menyatan sebuah fakta.
  2. Digunakan untuk menggambarkan kebiasaan atau kejadian yang dilakukan berkali kali di dalam bingkai waktu sekarang.
  3. Digunakan untuk menggambarkan perasaan atau emosi.
  4. Digunakan untuk mengungkapkan kepemilikan dan juga hubungan logis.
  5. Digunakan untuk menyampaikan pendapat dan juga pikiran.
  6. Digunakan untuk kalimat instruksi.
  7. Digunakan pada kalimat pengandaian tipe satu.

Demikian pembahasan kali ini mengenai simple present tense mulai dari pengertian, rumus, contoh hingga penggunaan kalimat simple present tense. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya ya.

Artikel Lainnya :