Pengertian Dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Posted on

Pengertian Dan Contoh Kalimat Simple Present Tense

Simple Present Tense adalah salah satu dari beberapa bentuk present tense dalam bahasa Inggris. Ini digunakan untuk menggambarkan kebiasaan, situasi yang tidak berubah, kebenaran umum, dan pengaturan tetap. Nah, untuk Anda yang belum memahami betul apa itu simple present tense, simak pengertiannya berikut.

 

Pengertian

Simple present tense (juga disebut present simple atau present indefinite) adalah kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan pengulangan, kebiasaan atau generalisasi. Lebih jarang, present tense dapat digunakan untuk membicarakan tindakan terjadwal dalam waktu dekat dan, dalam beberapa kasus, tindakan terjadi sekarang. Gunakan simple present tense untuk mengungkapkan gagasan bahwa suatu tindakan diulangi atau biasa. Tindakan itu bisa berupa kebiasaan,  hobi, acara harian, acara terjadwal atau sesuatu yang sering terjadi. Ini juga bisa menjadi sesuatu yang sering dilupakan orang atau biasanya tidak dilakukan. Pembicara juga kadang-kadang menggunakan simple present tense untuk membicarakan acara yang dijadwalkan dalam waktu dekat. Ini paling umum dilakukan ketika berbicara tentang transportasi umum, tetapi dapat digunakan dengan acara terjadwal lainnya juga.

Anda bisa menggunakan simple present tense untuk mengekspresikan ide-ide berikut:

 

  • Untuk menyatakan fakta atau kebenaran umum
  • Untuk mengekspresikan kebiasaan atau kebiasaan
  • Untuk mengaitkan rencana masa depan (sering mengenai program dan jadwal)
  • Untuk menceritakan atau melaporkan acara

 

Fungsi Simple Present Tense

Kalimat simple present tense merupakan kalimat yang sederhana dan memiliki keunikan. Berikut ini adalah fungsi dari kalimat simple present tense.

Menyatakan kegiatan setiap hari (Daily Activity)

Fungsi  dari simple present tense adalah untuk meyatakan kegiatan sehari-hari atau daily activity. Aktivitas sehari-hari yang dilakukan secara berulang-ulang disampaikan dengan menggunakan tense ini, aktifitas setiap hari atau daily activity ini merupakan kegiatan yang dilakukan dari bangun tidur hingga tidur lagi, seperti mandi, sarapan atau berangkat ke sekolah.

Contoh dari kalimat ini seperti, Andi bangun pagi seperti biasa pada pukul 6 pagi, Andi merupakan anak yang sangat baik, saat bangun pagi Andi beres-beres kamarnya kemudian bersiap ke sekolah untuk kemudian pergi pada pukul 7 pagi. Andi selalu pergi ke sekolah dengan berjalan kaki. Andi berharap hari ini dia bisa bertemu dengan teman yang sangat spesial seperti kemarin kemarin. Andi kebetulan bertemu dengan teman spesialnya yang membawa sepeda tempo hari. Kemudian Andi pulang bersama dengan teman spesialnya. Akhirnya mereka berangkat ke sekolah bersama namun hari ini Andi tidak bisa bertemu dengan teman baiknya itu.

Dari ilustrasi yang disebutkan di atas maka dapat dibuat menjadi kalimat simple present tense, berikut ini contohnya:

  1. Andi usually wakes up at 6 a.m.
  2. He tidies and cleans her room.
  3. He goes to school at 7 o’clock.
  4. Andi always goes to school on foot.

Bentuk Positif

Untuk membentuk kalimat dalam present tense, biasanya digunakan kata kerja bentuk dasar atau verb 1. Tetapi, untuk kata ganti orang ketiga, Anda harus menambahkannya menjadi Verb 1 + s/es.

Contohnya:

Rumus untuk bentuk positif: Subject + Verb 1 + s/es (bila diperlukan) + object.

  • Myra goes to football practice every Tuesday.
  • I go to the beach every weekend.
  • Do yougo to the supermarket every week?

 

Bentuk Negatif

Untuk membentuk kalimat negatif, present tense menambahkan do not atau does not, kecuali jika menggunakan to be atau modal. Untuk bentuk orang ketiga, tidak perlu lagi menambahkan s atau es. Rumus dan contohnya adalah:

 

Rumus bentuk negatif:

S + Don’t / Doesn’t + Verb (1) + O

Tetapi, jika kata kerja / verb nya berupa To Be, maka rumusnya menjadi

S + (is, am, are) + not + O

 

Contoh kalimatnya:

  • He is not my teacher.
  • She doesn’tread newspaper.
  • They don’t watch football every sunday.

 

Bentuk Kalimat Tanya

Sama seperti kalimat negative, dalam bentuk pertanyaan Anda bisa menggunakan do atau does. Tetapi, do atau does menempati urutan pertama di kalimat. Do digunakan untuk they, we, I, you. Lalu untuk kata does digunakan oleh she, he, dan it. Rumus dan contohnya adalah:

Rumus kalimat tanya:

Do / Does + S + Verb 1 + O

Contohnya adalah:

  • Does she read newspaper?
  • Do they watch football every weekend?
  • Do you play basketball every morning?

Tetapi untuk kata kerja (verb) berupaTo Be atau Modal, tidak menggunakan kata do atau does.

Contohnya :

  • Is she your teacher?
  • Are you a new student?
  • Where do you go?

 

Simple present tense merupakan salah satu tata bahasa dasar dalam Bahasa Inggris. Nah, kalau Anda memang ingin memahami Bahasa Inggris, sangat disarankan untuk memahami simple present tense terlebih dahulu sebelum masuk ke rumus-rumus yang lain. Selamat belajar!

 

Artikel Lain: