Soal Pat Bahasa Indonesia Disertai Kunci Jawabannya

Posted on

Halo sobat belajar semua, di kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh soal PAT Bahasa Indonesia disertai kunci jawabannya. Materi kali ini pastinya akan sangat berguna bagi kamu yang sedang mencari materi bahasa Indonesia khusus kelas 8 Kurikulum 2013.

Soal PAT Bahasa Indonesia SMP kelas 8 Kurikulum 2013 untuk tahun ajaran 2018/2019 ini. Pastinya bisa kamu jadikan sebagai refrensi belajar yang menyenangkan. Karena kamu bisa belajar santai dengan sambil membaca ulasan di bawah ini.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah contoh soal dan juga kunci jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013.

 

Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Beserta Dengan Jawabannya

Jawablah Pertanyaan Di Bawah Ini Dengan Benar!

1.) Coba bacalah paragraf di bawah ini dengan seksama!

( A ) Buah Mangga Indramayu atau yang biasa disebut dengan Mangifera Indica, tapi bisa juga disebt dengan mangga cangkir yang sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Mangga ini diberi nama sesuai dengan daerah asalnya yakni Indramayu dan mangga ini dikenal dengan ciri-ciri buahnya dengan ukuran yang cukup besar dan dagingnya yang tebal. Rasa dari buah mangga ini pun sangat manis dan sefar sehingga membuat mangga ini populer dan digemari banyak orang.

( B ) Hujan dapat terbentuk dengan melalui beberapa tahapan, pembentukan hujan sendiri diawali dengan proses penguapan air yang dilakukan oleh sinar matahari. Sinar dari matahari yang terus menyinari bumi akan membuat cuaca menjadi panas sehingga dapat mengakibatkan penguapan pada air laut, air sungai dan lainnya.

( C ) Ada sesuatu yang menarik dari Film yang memiliki banyak momen menyentuh ini, dikemas dengan chemistri yang kuat antar para pemainnya, Warga Baru adalah film pendek yang sangat berkualitas dan diangkat dari sebuah kisah nyata. Film ini mengangkat kisah para warga tahanan dari Polres Indramayu. Akan tetapi lebih dari itu sebenarnya film ini adalah film yang penuh dengan pesan dan juga mencerahkan.

( D ) Film 5cm merupakan film drama Indonesia yang disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini sendiri merupakan adaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Donny Dhirgantoro yang merupakan novelis muda Indonesia. Film ini diperankan sederet nama terkenal seperti Fedi Nuril, Denny Sumargo, Raline Shah, Igor Saykoji, Herjuno Ali dan juga Pevita Pearce.

Tentukan paragraf mana yang termasuk paragraf ulasan?

a.) ( A )

b.) ( B )

c.) ( C )

d.) ( D )

Soal kedua, ketiga, dan ke empat bacalah teks dibawah ini sampai selesai!

 

Bacalah teks ulasan di bawah ini!

Film Dilan 1990 adalah salah satu film yang sangat identik dengan kehidupan remaja SMA pada saat itu. Mulai dari pacaran, tawuran dan juga konflik yang terjadi antar sesame teman, film ini sendiri sangat sukses membuat para penonton terbawa perasaan, utamanya kamu wanita remaja. Dilan sendiri menampilkan sosok laki-laki yang sangat diidam-idamkan oleh banyak wanita karena tampan, baik dan juga pemimpin geng motor. Latar belakang dari film ini sendiri dibuat sesuai dengan judulnya yakni pada tahun 1990. Maka tak heran jika properti yang digunakan pun merupakan barang-barang yang berasal dari tahun 1990.

Akan tetapi banyak yang beranggapan jika film ini tidak meggambarkan suasana 1990 secara keseluruhan. Film ini pun merupakan bagian awal dari film pertama dan aka nada kelanjutan dari film berikutnya. Sehingga ending dari film ini terbilang cukup nanggung dan membuat banyak orang penasaran terutama remaja perempuan di seluruh Indonesia. Namun film ini juga memikat banyak kalangan dewasa yang sangat antusias dengan kelanjutannya, karena film ini sangat mengingatkan mereka pada masa muda mereka di tahun 1990.

2.) Objek dari teks ulasan yang ada di atas adalah?

a.) Teks ulasan film, berisikan tentang penilaian mengenai beberapa keunggulan hingga kelemahan dari film tersebut dan alasan pendukung yang berkaitan dengan bidang perfilman.

b.) Teks ulasan film di atas berisi tentang kesimpulan isi film. Yang juga disertai dengan keunggulan beserta kelemahan film tersebut.

c.) Teks ulasan flm berikan mengenai penilaian dan keunggulan serta kelemahan film berupa buku nonfiksi yang dilengkapi dengan alasan pendukung.

d.) Teks ulasan film ini berisi mengenai gambaran umum tentang tokoh tokoh pemeran umum yang disertai dengan alasan pendukung yang berkaitan erat dengan proses penciptaan sebuah karya sastra.

 

3.) Kalimat mana yang menyatakan kekurangan karya berdasarkan kutipan teks ulasan yang ada di atas adalah?

a.) Tema yang dianggak merupakan tema yang sangat umum

b.) Film ini mengambil berlatar belakang kehidungan remaja yang ada pada tahun 90an.

c.) Film tidak menunjukkan suasana di zaman 90an secara detail dan kurang rinci.

d.) Penggambaran tokoh yang terkadang berubah-ubah dengan sendirinya.

 

4.) Keunggulan dari karya di atas yang cukup diapreasiasi oleh sang penulis, yakni :

a.) tema, penokohan

b.) kemasan cerita, gaya bahasa

c.) kemasan cerita, tema

d.) tema, perjuangan hidup

 

Untuk soal nomod 5 dan 6, baca teks di bawah ini ya!

(1) Cerita Pendek atau biasa disebut dengan Cerpen, biasanya menggunakan bahasa yang lebih santai dan bahasa yang biasa digunakan setiap hari. Hal ini dilakukan agar pembaca bisa lebih memahami isi ceritanya.

(2) Tidak hanya bersifat sebagai hiburan, kadangkala Cerpen juga dibuat untuk menjadi motivasi dan memberikan panutan bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari.

(3) Penulis akan mengemas nasihat yang diberikan pada Cerpen dengan cara yang apik agar mudah diterima oleh pembacanya.

(4) Akan tetapi alur dari Cerpen ini cukup mudah tertebak tetapi sosok sang Ayah digambarkan dengan cukup jelas.

 

5.) Manakah pernyataan yang menggambarkan mengenai kekurangan dari buku di atas?

a.) 1

b.) 2

c.) 3

d.) 4

 

6.) Manakah yang merupakan bagian struktur dari teks ulasan yang ada di atas?

a.) orientasi

b.) sinopsis

c.) penafsiran

d.) kesimpulan

 

7.) Cobalah simak teks ulasan yang ada di bawah ini!

(1) Rindu merupakan sebuah karya sastra dari Darwis Tere Liye.

(2) Sebagai salah satu Novel yang cukup populer, novel ini dirilis di tahun 2014 lalu.

(3) Novel ini bercerita mengenai sebuah perjalanan yang cukup panjang mengenai sebuah kerinduan.

(4) Perjalanan kerinduan ini sendiri tertimbun di dalam hati dan sangat membebani.

(5) Kisah ini bermula dimulai cara tokoh utama menempuh sebuah perjalanan. Dengan penuh dosa yang tidak terhitung pada masa lalu nya.

(6) Lalu ada seseorang yang hatinya dipenuhi dengan kebencial selama menempuh perjalanan panjangnya.

(7) Kisah perjalanan ini pun dikarenkan kehilangan cinta yang dia rasakan.

(8) Untuk latar waktu nya sendiri Novel ini mengusung masa pemerintahan Hindia Belanda yang artinya kala itu Indonesia masih berada di bawah pimpinan atau jajahan Belanda.

Sebutkan bagian manakah yang merupakan orientasi pada teks ulasan yang ada di atas!

a.) (1) dan (2)

b.) (3) dan (4)

c.) ( 5) dan (6)

d.) (7 ) dan (8)

 

8.) Baca ulasan di bawah ini!

Keluarga Cemara adalah sebuah film yang merupakan prekuel dari sebuah serial televisi yang populer di tahun 1990an. Serial tv ini bercerita mengenai sebuah keluarga yang terdiri dari Abah, Emak dan kedua anaknya yakni Euis dan Ara.

Film ini pun dibintangi oleh beberapa aktor kenamaan Indonesia.

Karakter Abah sendiri di film ini diperankan oleh aktor asal Bandung, yang terkenal lewat film Jomblo, Ringgo Agus Rahman. Sedangkan aktor pemenang Piala Citra, Nirina Zubir dengan apik memerankan tokoh emak yang sabar dan penuh kasih sayang. Dan Zara JKT48 memerankan karakter Euis serta Widuri yang berperan sebagai Ara.

Mulanya keluarga ini hidup dengan bahagia namun tiba-tiba sebuah musibah terjadi pada keluarga ini. Mereka menyelesaikan setiap permasalahan dengan tetap mengedepankan cinta dan kasih sayang antara kekuarga.

Kutipan pada ulasan di atas menunjukkan bagian?

a.) penafsiran

b.) sinopsis

c.) gambaran umum

d.) kesimpulan

 

9.) Simak ulasan di bawah ini dengan seksama ya!

Sang Pemimpi merupakan bagian kedua dari Trilogi Laskar Pelangi. Novel ini merupakan karya dari Andrea Hirata yang mengusung mengenai tema kekeluargaan, persahabatan dan perjuangan sang tokoh utama.

Di sini mereka akan berjuang keras mengarungi kehidupan serta tetap percaya pada mimpi mereka yang akan menjadi nyata jika diperjuangkan.

Pada sekuel ini, kita masih akan bertemu dengan karakter utama sebelumnya yakni Ikal yang kali ini akan bertemu dengan sahabat terbaik yang masih sepupunya yakni Arai. Lalu ada Jimbron yang melengkapi persahabatan mereka.

Mana kah yang merupakan kalimat konjungsi penerang pada teks di atas?

a.) Sang Pemimpi merupakan bagian kedua dari Trilogi Laskar Pelangi.

b.) Novel ini merupakan karya dari Andrea Hirata yang mengusung mengenai tema kekeluargaan, persahabatan dan perjuangan sang tokoh utama.

c.) Di sini mereka akan berjuang keras mengarungi kehidupan serta tetap percaya pada mimpi mereka yang akan menjadi nyata jika diperjuangkan.

d.) Pada sekuel ini, kita masih akan bertemu dengan karakter utama sebelumnya yakni Ikal yang kali ini akan bertemu dengan sahabat terbaik yang masih sepupunya yakni Arai.

 

10.) Untuk menjawab soal ini, baca ulasannya dulu ya!

(1) Bahtari Anugerah merupakan penulis Cerpen terkenal “Aku, Ibu, dan Takdir”.

(2) Tema yang diusung oleh cerpen ini adalah kekeluargaan dan sosial.

(3) Kisah utama cerpen ini adalah gadis belia yang mengarungi kerasanya hidup.

(4) Gadis ini bernama Bella dan sejak kecil dia berpisah dengan ibu kandungnya.

(5) Sejak kecil Bella diasuh oleh seorang nenek tua dan kini Bella sudah duduk di bangku SMA ,

(6) Cerpen ini memiliki nasihat yang sangat baik bagi kaum remaja.

Pada kalimat manakah penggunaan konjungsi temporal ditemukan?

a.) (1)

b.) (2)

c.) (4)

d.) (5)

 

 

Kunci Jawaban

1.) c                 6.) b

2.) a                 7.) a

3.) c                 8.) b

4.) a                 9.) c

5.) b                 10.) d

 

 

Demikian ulasan mengenai soal PAT Bahasa Indonesia disertai kunci jawabannya lengkap sehingga kamu bisa menggunakannya untuk refrensi belajar yang asyik dan menyenangkan. Semoga bermanfaat ya.

 

Artikel Lainnya:

Sponsor :