Tanggung Jawab – Pengertian, Manfaat, Dan Contohnya

Posted on

Tanggung Jawab – Pengertian, Manfaat, Dan Contohnya

Laelitm.com – Hai sahabat belajar, bertemu lagi dengan kami yang kali ini akan memberikan pembahasan mengenai tanggung jawab, pastinya sahabat belajar sudah sering kan mendengar tentang tanggung jawab, tapi apakah sahabat belajar sudah mengetahui dengan pasti apa itu tanggung jawab?

Nah, maka dari itu pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai tanggung jawab mulai dari pengertian, manfaat hingga contoh lengkapnya.

Penasaran kan? Simak di bawah ini ya!

Pengertian Tanggung Jawab

Apa yang dimaksud dengan tanggung jawab? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tanggung jawab merupakan keadaan dimana seseorang mempunyai kewajiban dalam menanggung segala sesuatu, atau menanggung segala akibatnya.

Adapun menurut harfiah tanggung jawab merupakan sebagai keadaan seseorang wajib menanggung segala sesuatunya walaupun seseorang itu dituntut, dipersalahkan, diperkarakan serta hak yang berfungsi sebagai penerimaan beban yang diakibatkan oleh pihak lain.

Jika pengertian tanggung jawab secara umum yaitu kesadaran seseorang akan perilakunya atau perbuatannya yang disengaja walaupun tidak sengaja. Tanggung jawab dilakukan dalam keadaan dimana seseorang itu sedang dalam kondisi sadar akan kewajibannya. Jika seseorang mempunyai sifat tanggung jawab ini maka ia termasuk seseorang yang mempunyai kejujuran tinggi dan kepedulian yang tinggi.

Tetapi, jika seseorang kehilangan sifat tanggung jawabnya maka, ada pihak lain yang akan memaksakan tanggung jawab itu. Dengan begitu, tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi diantaranya dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.

 

Manfaat Sikap Tanggung Jawab

Sikap tanggung jawab tentunya mempunyai manfaat yang begitu besar bagi kehidupan masyarakat. Berikut ini manfaat dari sikap bertanggung jawab diantaranya :

  1. Lebih Dihargai Orang Lain

Dengan adanya sifat tanggung jawab ini seseorang akan lebih dihargai oleh orang lain. Karena, dalam sikap tanggung jawab ini ia tidak akan melalaikan tugasnya dan akan bertanggung jawab jika, ia melakukan kesalahan dalam tugasnya. Jadi, orang tidak akan segan untuk meremehkannya melainkan orang lain akan lebih menghargainya.

  1. Mempunyai Ketelitian Tinggi

Biasanya, orang yang mempunyai sifat ini akan mempunya sifat teliti yang tinggi karena, ia akan lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya.

  1. Akan Lebih Dipercaya Orang Lain

Kita pasti sudah tidak asing lagi mendengar kalimat orang baik akan mudah dipercaya orang lain. Karena sikap tanggung jawab termasuk sifat baik, maka seseorang yang memiliki sifat ini tentunya akan dipercaya oleh masyarakat, organisasi maupun tempat bekerjanya.

Kepercayaan itu biasanya didapat dari upaya yang sudah dikerjakan oleh seseorang sebelumnya.

  1. Akan Mendorong Kesuksesannya

Sikap tanggung jawab tentunya akan menghasilkan kepuasaan sendiri maupun orang lain. Karena pastinya seseorang yang mempunyai sifat ini tidak akan asal-asalan dalam bekerja dan ia tidak akan pernah lari dalam masalahnya sampai ia menyelesaikan masalahnya.

 

Itulah beberapa manfaat dari tanggung jawab. Adapun contoh dari sifat tanggung jawab. Simak penjelasan berikutnya.

 

Contoh Sikap Tanggung Jawab

Adapun contoh dari sikap tanggung jawab berdasarkan macam tanggung jawab diantaranya adalah:

  1. Tanggung Jawab Pada Diri Sendiri

Contoh dari tanggung jawab pada dirinya sendiri ialah jika seorang mahasiswi ingin mendapatkan nilai IPK tinggi ia akan lebih giat dalam belajarnya, jika ia tidak ingin mendapatkan nilai IPK tinggi maka, ia tidak akan belajar sehingga nilainya tidak memuaskan.

Jadi, ia harus bertanggung jawab pada dirinya sendiri karena tidak belajar sehingga nilai ipk nya tidak memuaskan.

  1. Tanggung Jawab Pada Keluarga

Contoh dari tanggung jawab pada keluarga ialah seorang anak harus menghormati orang tuanya karena itu merupakan kewajiban seorang anak. Maka, dari itu anak harus bisa bertanggung jawab pada orang tuanya seperti, menghormatinya dan menyayanginya.

  1. Tanggung Jawab Pada Masyarakat

Contoh tanggung jawab pada masyarakat ialah apabila ada seseorang yang tidak ikut kerja bakti Karena bermalas-malasan. Maka, ia akan ditegur oleh kepala desa atau masyarakat setempat karena, kerja bakti merupakan tanggung jawab seluruh anggota masyarakat.

  1. Tanggung Jawab Pada Tuhan

Contoh tanggung jawab pada tuhan ialah setiap umat manusia yang beragama harus mematuhi kewajibannya yang diatur dalam agamanya.

 

Demikian pembahasan mengenai pengertian, manfaat dan contoh tanggung jawab. Semoga dengan adanya artikel diatas, bisa menambah wawasan sahabat belajar.

Artikel Lainnya :