Teks Eksposisi – Pengertian, Ciri Ciri, Fungsi, Contohnya

Posted on

Teks Eksposisi – Pengertian, Ciri Ciri, Fungsi, Contohnya

Laelitm.com – Teks Eksposisi merupakan salah satu jenis kalimat yang paling sering digunakan, mungkin sahabat belajar semua sering mendengar kalimat ini, namun belum tahu apa itu teks eksposisi. Maka dari itu kami telah menyediakan ulasan lengkapnya khusus untuk sahabat belajar semuanya.

Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang teks eksposisi mulai dari pengertian, ciri ciri, fungsi hingga contoh kalimat eksposisi. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Teks Eksposisi Adalah

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang berisikan informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singat dan juga padat. Tujuan dari teks eksposisi ini sendiri adalah untuk menjelaskan dan memberikan informasi tertentu pada pembaca. Agar bisa memberikan dan menambah ilmu pengetahuan pembacanya dengan membaca teks ini maka pembaca pun akan mendapatkan pengetahuan secara lebih rinci mengenai suatu hal mau pun kejadian.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Berikut ini adalah ciri ciri dari teks eksposisi yang membedakan teks ini dengan teks lainnya, simak di bawah ini ciri cirinya :

  1. Teks eksposisi dapat menjelaskan informasi – informasi pengetahuan.
  2. Teks eksposisi memiliki informasi yang mengajak.
  3. Teks eksposisi biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana dan mengapa.
  4. Teks eksposisi berusaha untuk mejelaskan mengenai sesuatu.
  5. Teks eksposisi memiliki gaya yang bersifat informatif.
  6. Teks ini merupakan fakta yang digunakan sebagai alat kontribusi.
  7. Teks eksposisi biasanya singkat, padat dan akurat.
  8. Teks ini berusaha menjelaskan mengenai sesuatu.
  9. Fakta yang digunakan pada teks ini merupakan alat konkritasi.
  10. Penyampaian pada teks eksposisi biasanya disampaikan secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
  11. Teks eksposisi tidak memihak yang berarti tidak memaksakan kemauan penulisnya pada pembaca.
  12. Fakta yang digunakan pada teks eksposisi ini digunakan sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi.
  13. Paragraf eksposisi sendiri pada umumnya menjawab mengenai askadimega.

Fungsi teks eksposisi

Fungsi dari kalimat eksposisi ini sendiri digunakan untuk menyampaikan, menerangkan, menguraikan hingga mengungkapkan suatu gagasan yang berupa pokok pokok pikiran tentang suatu topil yang bersifat non – fiksi dengan dasar argumentasi yang kuat.

Kalimat eksposisi ini sendiri digunakan untuk menjelaskan suatu pengembangan paragraf dari suatu jenis karangan yang mempunyai sifar non – fiksi.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Sudah tahu kan, pengertian, ciri ciri hingga fungsi dari kalimat eksposisi. Untuk lebih jelasnya, kami juga sudah menyediakan contoh teks eksposisi dalam beberapa jenis khusus untuk sahabat belajar semua. Mau tahu contohnya, simak di bawah ini ya.

Tesis

Kebersihan dari lingkungan sekolah merupakan salah satu dari beberapa faktor yang paling penting untuk dapat menciptakan kenyamanan di dalam lingkungan sekolah dan juga di sekitarnya. Setiap sekolah juga selalu menjarkan pada murid murid di sekolah tersebut agar mereka dapat menjaga kebersihan sekolahnya.

Sehingga tidak jarang banyak yang melaksanakan lomba kebersihan sekolah untuk dapat menarik minat siswa siswi agar menjadi lebih peduli pada kebersihan, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan, misalnya seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis hingga menyapu ruang kelas.

Argumentasi

Di dalam kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari guna menjaga kebersihan petugas piket yang biasanya melakukan tugas guna menyapu, menghapus papan tulis hingga mempersiapkan alat tulis untuk guru.

Pada hari jumat semua anggota kelas akan melakukan kerja bakti untuk membersihkan sekolah setelah jam pelajaran pertama selesai, salah satu manfaat dari membersihkan sekolah ini sendiri adalah dapat membuat hubungan di antara murid dan murid mau pun guru dengan murid menjadi semakin akrab.

Penegasan Ulang

Kebersihan di lingkungan sekolah menjadi salah satu hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan sekolah serta menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan di lingkungan sekolah juga bisa menjadi kebersihan seseorang serta kesehatannya, sehingga kebersihan merupakan usaha manusia agar lingkungan dapat tetap sehat dan terawatt secara terus menerus.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai teks eksposisi mulai dari pengertian lengkap dengan contohnya yang kami hadirkan khusus untuk sahabat belajar semua, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :