Teks Inspirasi – Pengertian, Ciri Ciri, Contohnya

Posted on

Teks Inspirasi

Laelitm.com – Teks Inspirasi merupakan salah satu teks yang sebenarnya sangat sering kita temui. Baik di dalam buku, surat kabar hingga sosial media.

Jumpa lagi dengan kami yang kali ini akan memberikan ulasan lengkap tentang teks inspirasi. Kata inspirasi mungkin sudah tidak asing bagi sahabat belajar semua, namun apakah sahabat belajar juga sudah tahu apa itu teks inspirasi.

Untuk itulah kami akan membahasnya secara lengkap pada kesempatan kali ini, dan jika sahabat belajar belum mengetahui mengenai teks inspirasi. Maka sahabat belajar tidak boleh melewatkan ulasan berikut :

 

Pengertian Teks Inspirasi

Jika berdasarkan pada Kamus Besar Indonesia atau KBBI, Inspirasi sendiri merupakan sebuah ilham sehingga jika diartikan teks inspirasi merupakan sebuah teks yang digunakan untuk mendapatkan ilham, idem au pun gagasan yang bisa memberikan dan mendapatkan semangat untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Tujuan dari teks inspirasi ini sendiri adalah guna menambah dan menggugah motivasi, semangat hingga rasa percaya diri bagi seseorang yang membacanya untuk menggapai tujuan yang diharapkan dan tentu saja tujuan ini bersifat positif.

 

Ciri-ciri Teks Inspirasi

Teks Inspirasi sendiri memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan teks lain, di antaranya adalah :

1.) Kisah Nyata

Teks inspirasi diangkat dari sebuah kisah nyata yang digunakan untuk memberikan gambaran mengenai hal hal yang terjadi di sekeliling kita di dalam kisah tersebut sehingga mampu memberikan kesan nyata dan membangkitkan semangat pembaca.

2.) Tema

Tema dari teks inspirasi ini sendiri biasanya didapat dan dikembangkan dari satu tema tertentu sehingga dapat dijadikan sebagai inspirasi menarik dan mampu meningkatkan semangat pembaca.

3.) Judul

Sama seperti teks lainnya, teks inspirasi pun harus memiliki judul yang digunakan untuk memudahkan pembaca dalam mengidentifikasi mengenai gambaran dari teks tersebut.

4.) Alur

Alur di dalam teks inspirasi ini sendiri dibuat sederhana untuk memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita mau pun kisah sehingga dari teks inspirasi dapat disebut juga sebagai cerita inspirasi karena di dalamnya terdapat alur seperti alur waktu.

5.) Bersifat Naratif

Ciri ciri dari teks ini yang berikutnya adalah teks inspiratif bersifat naratif atau cerita dikarenakan teks ini merupakan cerita atau kisah nyata yang disusun menjadi sebuah teks dengan tujuan memberikan semangat.

6.) Ada tokoh yang diceritakan

Karena teks inspirasi ini juga merupakan sebuah cerita yang digunakan untuk memberikan inspirasi bagi pembacanya. Maka di dalam teks ini pun tak hanya terdapat alur saja namun juga terdapat tokoh cerita dengan kehidupannya yang dijadikan sebagai sumber inspirasi.

 

Struktur Teks Inspirasi

Teks inspirasi sendiri terdiri dari beberapa unsur yang di antaranya adalah :

1.) Orientasi

Merupajan bagian dari pengantar cerita atau teks inspirasi.

2.) Perumitan Peristiwa

Bagian ini merupakan kisa tokoh serta peristiwa yang digunakan untuk menuju ke inti cerita, puncak cerita atau konflik.

3.) Komplikasi

Bagian ini adalah inti dari cerita yang biasanya digunakan untuk menempatkan inspirasi atau pesan dari cerita yang disampaikan.

4.) Resolusi

Resolusi merupakan suatu peristiwa yang digunakan untuk menyadarkan tokoh mengenai suatu kebaikan.

5.) Koda

Koda adalah bagian penutup cerita yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan kesimpulan dari cerita. Biasanya juga berisikan pesan moral yang ingin disampaikan pada pembaca.

 

 

Contoh Cerita Inspiratif

Untuk melengkapi ulasan kali ini kami juga sudah menyedikan contoh teks inspirasi di bawah ini :

 

Judul : Dedikasi Penyapu Jalan

Cerita ini mengisahkan perjalanan seorang pria yang berprofesi sebagai penyapu jalanan. Shang Wuyi yang berusia 46 tahun merupakan tunarungu dan tunadaksa yang hanya mempunyai satu kaki dan telah menjadi seorang penyapu jalan selama hampir 12 tahun hidupnya.

Yang menakjubkan dari pria ini adalah meski setiap pagi harus bangun pada jam 4 pagi untuk mulai bekerja, dirinya tak pernah libur sehari pun dan bekerja bersama dengan sang istri bernama Wang Yaqing yang juga merupakan seorang penyapu jalan, untuk menyapu jalanan di Xi’an, Tiongkok.

Setiap hari pasangan suami istri ini berangkat 30 menit sebelum jam kerjanya dimulai, namun jika sang istri sakit maka Shang akan berangkat bekerja mulai jam 3 pagi untuk memastikan jika pekerjaan mereka dapat selesai tepat.

Keduanya tidak hanya pekerja keras namun juga karyawan yang penuh dedikasi karena selalu berangkat ke tempat kerja setengah jam sebelum giliran mereka dimulai.

Terkadang sang istri yang sakit sehingga harus cuti dan mengambil absen dari pekerjaan, membuat suaminya akan berangkat pukul 3 pagi. Hal ini dilakukan agar pekerjaan mereka berdua bisa dirinya selesaikan.

Pada awalnya atasa Shang khawatir mereka tidak bisa bekerja dengan baik di samping usia mereka yang sudah tua dan keterbatasan fisik yang dimiliki oleh Shang, namun rupanya keterbatasan yang dimiliki oleh pria ini tak lantas membuat pria ini tidak dapat bekerja dengan baik.

Shang menunjukkan jika dirinya mampu bekerja sama seperti manusia normal pada umumnya, namun meski memiliki keterbatasan fisik Shang justru berusaha lebih keras dari orang lain karena dirinya sadar fisiknya yang tidak sempurna hanya akan membuat orang lain memandangnya rendah, maka dari itu Shang berusaha untuk membuktikan jika dirinya sama saja dengan manusia normal lainnya yang berhak untuk dihormati dan dihargai karena mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

 

Dari kisah Shang ini dapat diambil pelajaran jika setiap manusia dapat melakukan banyak hal asal mau berusaha dan bekerja dengan keras tanpa memandang kekurangan yang dimiliki.

 

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai teks inspirasi, semoga dari pembahasan ini sahabat belajar semua menjadi semakin terinspirasi ya.

 

 

Artikel Lainnya :

  1. Teks Eksposisi – Pengertian, Ciri Ciri, Fungsi, Contohnya
  2. 1 jam berapa detik?
  3. Gerak Rotasi – Rumus, Penyebab, Manfaat, Contoh soal