Unsur – Unsur Puisi

Posted on

Unsur – Unsur Puisi

Laelitm.com – Puisi merupakan karya sastra yang paling sering ditemukan di sekitar kita, bahkan sejak duduk dibangku sekolah materi pembahasan puisi telah dijarkan. Banyak juga orang yang gemar membuat puisi karena puisi sering dianggap sebagai ungkapan hati yang paling mudah untuk dibuat. Terutama bagi mereka yang sedang jatuh cinta, puisi menjadi salah satu media untuk mengungkapkan perasaan.

Untuk membuat puisi pun tentu tak boleh sembarangan, selain harus memperhatikan pemilihan kata, majas dan juga tata bahasa agar membuat puisi menjadi lebih indah, sebelum membuat puisi pun harus memperhatikan unsur – unsur puisinya.

Karena memang puisi memiliki unsur – unsur yang keberadaannya tak bisa dilepaskan begitu saja. Nah, berikut ini adalah beberapa unsur – unsur puisi yang wajib anda ketajui terutama bagi anda yang hobi bikin puisi.

Unsur – Unsur Puisi

Unsur puisi sendiri terdiri atas dua unsur yakni unsur intriksi dan unsur ekstrinsik, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

  1. Unsur Intrinsik

Unsur ini adalah suatu unsur yang terkandung di dalam puisi itu sendiri dan juga mempengaruhi puisi sebagai salah satu karya sastra. Berikut ini yang termasuk di dalam unsur intriksik.

  1. Diksi (Pilihan Kata)

Dalam pembuatan puisi pemilihan kata atau diksi menjadi salah satu unsur yang sangat penting untuk dipertimbangkan makna, komposisi bunyi dalam rima dan juga irama sehingga kedudukan kata di tengah konteks kata lainnya dan kedudukan kata di dalam puisi secara keseluruhan.

  1. Imaji (Daya Bayang).

Imaji adalah daya baying yang dibangun oleh penulis pada saat menyusun kata – kata yang konkret dan nyata sehingga memiliki khas yang bisa memberikan imaji visual auditif, maupun taktil.

  1. Majas (Gaya Bahasa)

Majas pastinya sudah tak asing lagi karena penggunaan majas di dalam puisi merupakan salah satu hal yang wajib ada karena penyair bisa memberikan keindahan dengan menggunakan majas yang mempunyai makna kiasan agar terlihat menarik dan indah.

  1. Bunyi

Bunyi di dalam puisi ini biasanya mengacu pada digunakannya kata kata tertentu sehingga bisa memberikan efek nuasa tertentu.

  1. Rima

Rima merupakan persamaan bunyi atau pun perulangan bunyi yang ada di dalam puisi dengan tujuan untuk memberikan efek keindahan.

  1. Ritme

Ritme di dalam puisi ini mengacu pada dinamika suara di dalam puisi agar tak dirasa monoton atau pun membosankan pada saat dibaca.

  1. Tema

Tema di dalam puisi ini mengacu pada suatu ide gagasan pokok yang hendak disampaikan pada pengarang secara tersirat melalui puisinya.

  1. Unsur Ekstrinsik

Unsur ini adalah unsur yang berada di luar dari puisi dan juga mempengaruhi kehadiran puisi sebagai sebuah karya seni, berikut ini adalah unsur ekstrinsik puisi.

  1. Aspek Historis

Aspek ini mengacu pada unsur – unsur sejarah, cerita di masa lalu atau gagasan lain yang terkandung di dalam puisi.

  1. Aspek Psikologis

Aspek ini mengacu pada kejiawaan pengarang yang membuat puisi.

  1. Aspek Filsafat

Aspek ini erat kaitannya dengan sebuah karya sastra terutama puisi akan tetapi beberapa ahli mengungkapkan jika filsafat dan karya sastar memiliki keterkaitan satu sama lain.

  1. Aspek Religius

Aspek ini mengacu pada tema keagaam yang diangkat sehingga bisa memberikan nilai religius untuk pendengar yang diberikan oleh pengarangnya.

  1. Aspek Biografi

Aspek ini merupakan latar belakang atau riwayat hidup dari penyair karena pengalaman dari penyair yang akan mempengaruhi puisi yang dibuatnya.

  1. Aspek Nilai

Aspek ini memiliki nilai yang terkandung di dalam puisi bisa memberikan dampak yang positif seperti nilai di bidang ekonomi, politik, budaya, sosial, pendidikan dan lain-lain.

  1. Aspek Masyarakat

Aspek ini adalah bagaimana kondisi dan situasi sosial pada saat puisi dibuat oleh penulis karena aspek ini bisa berupa keadaan lingkungan sekitar hingga situasi politis suatu Negara yang berkaitan dengan penulisnya.

 

Nah, itu lah unsur – unsur yang wajib ada di dalam puisi, semoga dengan pembahasan kali ini bisa memberikan ilmu pengetahuan baru bagi anda khususnya di bidang sastra.

Artikel Lainnya :