Vektor Satuan – Rumus, Persamaan, Contoh Soal terlengkap

Posted on

Vektor Satuan – Rumus, Persamaan, Contoh Soal terlengkap

Vektor Satuan – Pada bidang datar terdapat vektor yang mempunyai dua komponen yakni pada sumbu X dan juga pada sumbu Y. Akan tetapi sebuah vektor ini juga bisa memiliki satu komponen apabila vektor tersebut berada pada salah satu sumbu X atau pun sum Y. Nah, di dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menentukan vektor resultan dengan menggunakan metode analisis. Dari sini sudah dijelaskan bahwa sebelumnya vektor komponen merupakan vektor hasil proyeksi terhadap sumbu X dan sumbut Y di dalam kordinat kartesius.

 

Pengertian Vektor

Apakah yang dimaksud dengan vektor ? vektor adalah sebuah besaran yang ber-arah, vektor biasanya dilambangkan dengan gambar panah sedangkan panjang garisnya adalah besaran vektor. Bisa diberikan contoh sebagai berikut : jika awalan vektor adalah titik A dan akhiran vektor adalh titik B maka dapat dilambangkan dengan huruf AB yg diberi tanda panah kecil seperti gambar berikut ini

 

Vektor basis merupakan salah satu dari vektor satuan yang sudah dikenal . Apa sih vektor basis itu ? yaitu vektor yang panjang sumbunya satu satuan dan arahnya searah dengan sumbu koordinat.

 

Contoh Vektor satuan

 

 

 

Demikianlah ulasan kali ini yang menjelaskan secara rinci mengenai vektor satuan, mulai dari pengertian lengkapnya, rumus satuan vektor, hingga contoh soal dan bagaimana cara mengerjakannya dengan mudah. Semoga dengan penjelasan ini bisa membuat anda lebih mengerti dan memahami mengenai materi yang satu ini. Mudah-mudahan pembahasan kali ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda, sampai jumpa di pembahasan berikutnya.