Verba Material – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimatnya

Posted on

Verba Material – Kali ini kita akan membahas mengenai materi verba material beserta pengertian, ciri-ciri keterangan jenis verba matrial dan contohnya, simak penjelasannya sebagai berikut.

Pengertian Verba Material

Verba Material
Verba Material
Verba material atau kata kerja material? verba material adalah kata kerja yang berimbuhan yang mengacu pada tindakan fisik yang dapat dilihat secara nyata oleh partisipan yang melakukan sesuatu yg bisa disebut aktor.
Contohnya menari, membaca, dan menulis. Struktur kalimat dari verba material adalah Subjek (aktor) + Verba Material + objek (sasaran).
Contoh : Ayah (aktor) membaca (verba: material) koran (sasaran)

– memukul
– meraba
– menendang
– memasak
– menyuci
– menyapu
– memotong
– mencubit
– meremas
– menulis
– menggambar
– mencabik
– memeluk
– menyium
– mendengar
– mengendarai
– mengetik
– menebang
– mewarnai
– memakan

Contoh Verba Material (Kata dan Kalimat)

sebalum membahas verba material yg di bentuk oleh sebuah kalimat kita harus mengetahui apa itu kalimat? Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan maupun tulisan yang mengungkapkan pikiran secara utuh. Dalam wujud lisan kalimat diungkapkan dengan suara yang naik dan turun, lemah dan lembut, disela dengan jeda, dan diakhiri dengan intonasi.
Contoh kata dan kalimatnya :
1. Melihat: Anwar melihat pesawat itu lepas landas di Bandara.
2. Memukul:  Petinju itu memukul lawannya dengan pukulan yang sangat keras.
3. Menulis: Arif menulis buku karangan nya selama kurang lebih 1 tahun.
4. Mengendarai: Usman mengendarai mobil barunya dengan sangat lihai dan terlatih.
5. Menebang: Para penjahat itu menebang hutan secara liar tanpa memperdulikan efeknya bagi ekosistem.

Ciri-Ciri verba material

Berdasarkan uraian di atas maka verba material memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

berupa perbuatan fisik (aktivitas) dari partisipan,
dapat dilihat secara nyata,
terjadi dalam sebuah peristiwa/kejadian,
dibentuk dari kata benda (nomina).

Jenis-jenis Verba

Verba- adalah kata yang menunjukkan aksi, peristiwa, atau keadaan.
Verba di bagi menjadi 6 yaitu Verba material , verba mental ,verba relasional ,verba verbal ,verba perilaku, eksistensial .

Berikut keterangan,contoh dan pengertiannya;

1. Verba material 

Seperti yang sudah di jelaskan di atas;

2. Verba mental

Verba mental adalah verba yang menerangkan persepsi (misalnya: melihat, merasa), afeksi (misalnya: suka, khawatir), dan kognisi (misalnya: berpikir, mengerti). Pada verba mental terdapat partisipan pengindera (senser) dan fenomena.

Contoh : Ayah (pengindera) mendengar (verba: mental) kabar itu (fenomena).

3. Verba relasional

Verba relasional adalah verba yang menunjukkan hubungan intensitas (yang mengandung pengertian A adalah B), sirkumstansi (yang mengandung pengertian A pada/di dalam B), dan milik(yang mengandung pengertian A mempunyai B). Verba yang pertama tergolong ke dalam verba relasional identifikatif, sedangkan verba yang kedua dan ketiga tergolong ke dalam verba relasional atributif. Pada verba relasional identifikatif terdapat partisipan token (token) atau teridentifikasi (identified) dan nilai (value) atau pengidentifikasi (identifier).

Contoh : Ayah (token) adalah (verba relasional identifikatif) pelindung keluarga (nilai). Pada verba relasional atributif terdapat partisipan penyandang (carrier) dan sandangan (attribute).
Contoh : Ayah (penyandang) mempunyai (verba relasional atributif) mobil baru (sandangan).

4. Verba verbal

Verba verbal adalah verba yang menunjukkan pemberitahuan atau pewartaan (misalnya: memberitahukan, mengatakan). Pada verba verbal terdapat partisipan pewicara dan wicara.

Contoh : Ayah (pewicara) berkata (verba verbal): Saya lelah (wicara) atau ayah (pewicara) berkata (verba verbal) bahwa ia lelah (wicara).

5. Verba Perilaku

Verba perilaku adalah verba yang menunjukkan perilaku, baik fisik maupun psikologis. Yang pertama disebut verba perilaku verbal, yaitu verba yang menunjukkan perpaduan antara ucapan pada verba verbal dan tindakan pada verba material (misalnya: memuji, menggerutu, menertawakan); dan yang kedua disebut verba perilaku mental, yaitu verba yang menunjukkan perpaduan antara ungkapan perasaan pada verba mental dan tindakan pada verba material (misalnya: mengagumi, mencintai).

Pada verba perilaku terdapat partisipan pemerilaku (behaver) dan sasaran (tidak harus ada) untuk verba perilaku verbal, serta pemerilaku dan fenomena untuk verba perilaku mental.

Contoh pertama : Ayah (pemerilaku) menggerutu (verba pemerilaku verbal).
Contoh kedua : Ayah (pemerilaku) mencintai (verba perilaku mental) kami (fenomena).

6. Verba eksistensial

Verba eksistensial adalah verba yang menunjukkan keberadaan sesuatu (misalnya: ada, terdapat). Partisipan pada verba ini disebut eksisten, dan biasanya terletak di belakang verba tersebut.

Contoh : Ada/terdapat (verba eksistensial) dua perguruan tinggi negeri (eksisten) di Solo

Demikianlah penjelasan materi mengenai verba material. semoga dapat menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat bagi yang mambacanya.

Artikel Lainnya: