Verba Material – Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, dan Contoh Kalimatnya

Posted on

Kali ini kita akan membahas mengenai materi Bahasa Indonesia yakni, verba material beserta pengertian, jenis, ciri-ciri dan disertai dengan contohnya untuk memudahkan kamu dalam memahami materi yang satu ini.

Mungkin materi ini cukup asing di telinga kita, sebab materi ini baru diajarkan di sekolah menengah atas. Nah, bagi kamu yang tengah menjalani jenjang menengah atas, kamu bisa nih menjadikan materi pembahasan kali ini sebagai salah satu refrensi belajar.

Sebab kami akan memberikan ulasan yang cukup lengkap untuk memahami materi ini. Mulai dari pengertiannya yang pasti, jenis verba material yang wajib untuk kamu ketahui, ciri-ciri yang dimiliki verba material yang membuatnya berbeda dengan verba-verba lainnya.

Hingga contoh kalimatnya yang akan membuat kamu semakin mengerti materi pembelajaran kali ini.

Tapi sebelum kita membahasnya lebih lanjut, pastinya kamu harus tahu apa iti verba material melalui pengertiannya yang sudah kami susun di bawah ini. Langsung disimak ya!

 

Pengertian Verba Material

Verba Material

Verba material atau kata kerja material itu apa sih? verba material adalah kata kerja yang berimbuhan yang mengacu pada tindakan fisik yang dapat dilihat secara nyata oleh partisipan yang melakukan sesuatu yg bisa disebut aktor.

Misalnya seperti membaca, menulis atau menari.

Sementara itu struktur dari kalimat verba ini sendiri adalah :

Subjek (aktor) + Verba Material + objek (sasaran)

 

Contoh :

Ayah (aktor) membaca (verba: material) koran (sasaran)

 

Contoh Verba Material

Agar lebih memahami materi pembelajaran yang satu ini, maka kami pun sudah menyediakan contohnya. Mulai dari contoh kata mau pun kalimat dari verba material. Berikut ini adalah contohnya :

1.) Melihat

Andi melihat kapal kertas yang terbang di atas kepalanya.

2.) Memukul

Mohammad Ali memukul lawannya hingga K.O.

3.) Menulis

J.K Rowling membutuhkan waktu hingga dua tahun untuk menyelesaikan bukunya.

4.) Mengendarai

Marc Marques mengendari mobil sportnya dengan kecepatan tinggi.

 

Ciri-ciri Verba Material

Verba material sendiri memiliki perbedaan dengan kalimat verba yang lainnya, untuk membedakannya kamu bisa melihatnya dari ciri ciri yang dimiliki oleh kalimat verba ini.

  1. Dapat berupa perbuatan fisik atau aktivitas yang berasal dari partisipan.
  2. Bisa dilihat dengan nyata.
  3. Terjadi di dalam sebuah peristiwa mau pun dalam sebuah kejadian.
  4. Dibentuk berdasarkan dengan kata benda atau nomina.

 

Jenis-jenis Verba

Verba sendiri memiliki beberapa jenis dan berikut ini adalah penjelasan sekaligus contohnya.

Verba Material

Untuk mengetahui apa itu verba material, maka kamu harus scroll ke atas dulu ya, sebab kami sudah mengulasnya dengan lengkap.

 

Verba Mental

Verba mental merupakan sebuah verba yang digunakan menerangkan sebuah persepsi. Misalnya saja, bisa dilihat dari contoh kata melihat dan merasa. Afeksi, contohnya khawatir dan suka. Serta kognisi dengan contoh : mengerti dan berpikir.

Selain itu di verba mental ini, kamu bisa menemukan adanya partisipan pengindera atau senser serta fenomena.

Contoh :

Kakek ( pengindera ) menonto ( verba: mental ) kabar tentang Tsunami ( fenomena ).

 

Verba Relasional

Jenis verba yang akan kita bahas berikutnya, yakni verba relasional. Verba ini menunjukkan sebuah hubungan yang memiliki intensitas (yang mengandung pengertian A adalah B). Kemudian sirkulasi yang memiliki kandungan pengertian A yang ada pada B. Lalu milik yang memiliki kandungan pengertian A memiliki B.

Contoh :

Adik (token) merupakan (verba relasional identifikatif) anak yang paling di sayang (nilai).

 

Verba Verbal

Berikutnya adalah verva verbal yang mana verba ini digunakan untuk menunjukkan sebuah pemberitahuan mau pun sebuah pewartaan yang sangat penting untuk disampaikan. Jenis ini biasanya menggunakan kata : mengatakan atau memberitahukan.

Di verba ini ada partisipan dan pewicara atau wicara.

Contoh :

Paman (pewicara) berkata (verba verbal): Saya sudah lapar (wicara).

 

Verba Perilaku

Verba yang berikutnya adalah verba perilaku. Yang mana jenis ini digunakan untuk menunjukkan sebuah perilaku. Bisa fisik atau pun psikologis. Jenis verba ini dibagi ked alam dua bagian, yang pertama verbal perilaku fisik. Biasanya verbal ini ditandai dengan penggunaan beberapa kata yang umum digunakan. Seperti : memuji, mentertawakan hingga menggerutu. Yang mana biasanya terdapat

Lalu yang kedua adalah verbal perilaku mental yang digunakan untuk menunjukkan perasaan. Seperti, mencintai atau menyayangi.

Contoh Verba Perilaku Fisik

Dahyat menangis.

Pemerilaku : Dahyat

Menangis : Verba Pemerilaku Verlba

Contoh Verba Perilaku Mental

Taufik mencintai raketnya.

Pemerilaku : Taufik

Verba Perilaku Mental : mencintai

Fenomena : raketnya

 

Verba Eksistensial

Verba ini digunakan untuk menunjukkan sebuah keberadaan, seperti : ada dan terdapat. Eksisten adalah partisipan yang ada pada verba ini dan diletakkan pada belakang verba itu sendiri.

Contoh : Ada (verba eksistensial) dua perguruan tinggi swasta dan negeri (eksisten) di Banyuwangi.

 

Dari contoh verba material di atas, pastinya kamu semakin mudah memahami materi pembelajaran ini kan? Dengan begitu kamu pun bisa mencoba untuk merangkai kalimat verba material sendiri. Menggunakan bantuan dari contoh yang ada di atas.

Demikianlah penjelasan mengenai verba material yang juga kami sertakan pengertian, jenis, ciri ciri dan juga contohnya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat bagi yang mambacanya.