Zat Padat – Pengertian, Sifat, Tekanan, Contoh

Posted on

Zat Padat – Pengertian, Sifat, Tekanan, Contoh

Zat adalah sesuatu yang memiliki berat atau massa. Selain itu zat juga dapat menempati suatu ruang yang ada di muka bumi ini. Di dalam semua benta yang ada di sekitar kita, pastilah terdiri dari zat atau yang biasa juga disebut dengan materi. Nah, zat ini sendiri terdiri atau dibagi ke dalam beberapa jenis untuk dikelompokkan sesuai dengan sifat sifat yang dimilikinya.

Terdapat tiga jenis zat yang ada di dunia ini, zat gas, zat padat dan juga zat cair. Pengelompokkan ini dilakukan berdasarkan pada bentuk atau wujud dari zat tersebut.

Namun untuk sekarang kita akan memberikan pembahasan mengenai zat padat. Apa sih, zat padat ini? bagaimana sifatnya dan apa saja contoh yang termasuk ke dalam zat padat.

Untuk itu, kami sudah merangkum semuanya dengan lengkap di bawah ini, silahkan simak ulasannya agar bisa digunakan sebagai refrensi belajar yang mudah dan menyenangkan.

Pengertian Zat Padat

Zat padat merupakan sebuah zat atau bisa juga disebut dengan materi yang mempunyai bentuk. Tak hanya mempunyai bentuk, zat padat ini juga mempunyai volume atau ruang yang ditempati.

Zat padat ini sendiri dapat dibentuk dengan melalui dua cara, yakni :

  1. Zat pada dapat terususun dari baris baris yang rapi serta teratur. Dan di dalamnya terdapat susunan abstrak. Jenis zat padat ini dapat terbentuk dari partikel yang disusun secara rapi, dan biasanya disebut dengan kristal. Contoh dari jenis zat padat ini adalah intan, logam, kristal barang hingga es.
  2. Zat padat dapat tersusun dari partikel secara tidak acak dan disebut dengan amorf. Secara umum amorft mempunyai tekstur yang elastis dan tampilannya yang mengkilap. Hal ini dikarenakan partikel yang ada di zat padat tersebut disusun dengan sangat berdekatan serta menyatu menjadi satu. Sehingga hal ini akan membuat zat padat tidak bisa dimampatkan dengan mudah, atau istilah lainnya tidak bisa dikecilkan dengan cara hanya menekannya saja.

 

Partikel yang ada pada zat padat tidak akan bisa bergerak dengan cepat. Terutama untuk dapat mengalahkan daya tarik menarik yang ada pada partikel. Akan tetapi partikel tersebut masih bisa bergetar, namun keberadaannya terikat dan juga rapat pada tempatnya.

Sifat Zat Padat

Zat padat memiliki sifat yang berbeda dengan zat gas mau pun zat cair, berikut ini sifat yang dimiliki oleh zat padat.

  1. Memiliki bentuk tetap
  2. Memiliki volume tetap
  3. Susunan partikel atau molekulnya berdekatan dan teratur
  4. Partikel atau molekul yang ada pada zat padat tidak bisa bergerak dengan leluasa dan bebas
  5. Partikel atau molekulnya tidak bisa dengan mudah untuk dipisahkan
  6. Gerakan dari partikel yang ada pasa zat padat ini hanya bergetar dan berputar pada tempatnya
  7. Bentuk partikel atau molekulnya tidak mengikuti bentuk dari wadah yang ditempatinya

 

Tekanan

Tekanan adalah sebuah besaran gaya yang bekerja di dalam suatu benda pada setiap satuan luas bidang tekanan.

Rumus Tekanan :

P = F / A

Penjelasan :

P = tekanan

F = gaya tekan

A = luas bidang tekan

 

Jadi dari sini bisa disimpulkan jika semakin besar gaya tekan. Maka akan semakin besar juga tekanannya dan semakin luas bidang tekan maka akan semakin kecil juga tekanannya.

Jika berdasarkan pada rumus yang ada di atas, bisa disimpulkan jika :

  • Semakin besar gaya tekan yang diberikan maka akan semakin kecil juga tekanan yang dihasilkan.
  • Apabila semakin kecil luar permukaan yang ada pada bidang tekan. Semakin besar pula tekanan yang akan dihasilkan.

 

Contoh Penerapan Konsep Tekanan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kapak

Untuk membuat kapak, bagian mata kapak memang sengaja dibuat untuk lebih tajam hal ini bertujuan untuk memperbesar tekanan sehingga dapat memudahkan tukang kayu saat membeah atau memotong kayu.

Jika menggunakan kapak yang tajam untuk memotong kayu maka dibutuhkan sebuah sedikit saja tenaga yang harus digunakan. Dibandingkan jika menggunakan kapak yang tumpul, maka harus mengeluarkan tenaga ekstra yang lebih besar untuk dapat memotong kayu.

Kesimpulannya adalah : dari sini kita tahu jika kapak yang baik dan ideal untuk digunakan. Adalah kapak dengan luas bidang kecil.

Sementara dalam kehidupan kita sehari – hari bidang yang kecil di dalam kapak tersebut biasa dinamakan tajam.

 

Contoh Zat Padat

Berikut ini adalah beberapa contoh benda yang merupakan zat padat dan biasa kita temukan di sekitar kita :

KeramikStyrofoam
GigiEmas
BukuAlumunium
PasirBatu
DaduJagung
GelasKaret
ArangLilin
PakuPlastik
KoinBeras
Batok kelapaKerikil

 

Demikian penjelasan kali ini mengenai zat padat dan penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, sifat, tekanan beserta dengan contohnya yang ada di sekitar kita.

Artikel Lainnya :