Zona Ekonomi Eksklusif – Pengertian, Batas Wilayah, Fungsi, dan Sejarah

Posted on

Zona Ekonomi Eksklusif – Pengertian, Batas Wilayah, Fungsi, dan Sejarah

Zona Ekonomi Ekslusif –  Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki wilayah perairan yang sangat besar selain itu Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Maka dari itu Indonesia sangat membutuhkan Zona Ekonomi Eksklusif atau yang biasa disingkat dengan ZEE. Lalu apakah itu ZEE?

Pengertian Zona Ekonomi Eksklusif  

Zona Ekonomi Eksklusif adalah zona selebar tidak lebih dari 200 mil laut yang dihitung dari garis pangkal Zona Ekonomi Eksklusif sendiri memiliki hal hal yang berdaulat yang eksklusif sebagai keperluan eksplorasi dan juga eksploitasi akan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui dan juga yuridiksi tertentu terhadap:

  1. Pembuatan dan juga pemakaian pulau buatan, instalasi dan juga pembangunan.
  2. Riset imilah mengenai kelautan.
  3. Melakukan perlindungan serta pelestarian lingkungan laut.

Di dalam zona ekonomi eksklusif ini yang luasnya sekitar 200 mil ini Negara pantai memiliki hak atas kekayaan alam yang berada di wilayah laut tersebut dan juga memiliki hal untuk menggunakan kebijakan hukum, kebebasan bernavigasi, melakukan penanaman kabel dan pipa – pipa atau bahkan terbang di atasnya.

Batas Zona Ekonomi Eksklusif

Zona Ekonomi Eksklusif atau yang biasa disingkat dengan ZEE adalah perkara yang sangat mudah untuk diperhatikan oleh setiap Negara yang memilili wilayah perairan atau pun laut. Salah satu yang harus diperhatikan tentang Zona Ekonomi Eksklusif ialah mengenai batas dan juga lebar dari Zona Ekonomi Eksklusif ini. Telah dikemukakan bahwa lebar dari Zona Ekonomi Eksklusif memiliki lebar 200 mil atau setara dengan 370,4 km yang telah ditetapkan dan tidak bisa menimbulkan kesukaran dan juga bisa diterima oleh Negara Negara lain baik Negara maju mau pun Negara berkembang.

Batas Zona Ekonomi Eksklusif ini adalah batas luar dari laut territorial dan zona batas luar tak boleh melebihi kelautan 200 mil dari garis pantai dasar di mana luas panta territorial ini sudah ditentukan. Sehingga 200 mil menjadi batas maksimum dari Zona Ekonomi Eksklusif yang memberikan ketentuan jika ada Negara yang ingin Zona Ekonomi Eksklusif lebih kecil dari itu maka bisa mengajukan permintaan.

Sementara itu pada tanggal 13 Desember 1957 pemerintah Indonesia sendiri telah mendeklarasikan yang menentukan jika batas perairan wilayah Indonesia adalah 12 mil dari garis dasar pantai di masing masing pulau hingga ke titik yang paling luar. Lalu pada tanggal 21 Maret 1980 Pemerintah kembali mengeluarkan batas dari Zona Ekonomi Eksklusif adalah sepanjang 200 mil yang diukur dari garis pangkal wilayah laut Indonesia.

Fungsi  Zona Ekonomi Eksklusif

Setelah membaca ulasan di atas mengenai Zona Ekonomi Eksklusif tentunya sudah bisa diambil kesimpulan jika fungsi dari Zona Ekonomi Eksklusif ini adalah berkaitan dengan wilayah dari sebuah Negara sehingga sebuah Negara khususnya Negara kepulauan bisa mempertegas wilayah perairannya sehingga tak ada Negara lain yang ada atau mengklaim wilayah tersebut dan memanfaatkan wilayah tersebut untuk melakukan eksploitasi.

Sejarah Zona Ekonomi Eksklusif

Dalam sejarah pembentukannya sendiri Zona Ekonomi Eksklusif ini merupakan konsep mengenai Zona Ekonomi Eksklusif ini telah jauh diletakkan di depan untuk pertama kalinya oleh Negara Kenya yang dilakukan di konfrensi Asian- African Legal Constitutive Committee yang dilangsungkan pada bulan Januari 1971 dan juga pada Sea Bed Committee PBB yang dilangsungkan pada tahun berikutnya

Proposal Kenya menerima dukungan aktif dari banyak sekali Negara di Asai mau pun Negara di kawasan Afrika, hal ini yang juga mendorong banyak sekali Negara di Amerika Latin mulai membangun sebuah konsep serupa yang dilakukan atas laut Patrimonial. Dua hal tersebut sudah muncul secara efektif ketika UNCLOS dimulai, dan konsep baru mengenai Zona Ekonomi Eksklusif akhirnya juga sudah dimulai.

Itu lah pembahasan mengenai Zona Ekonomi Eksklusif mulai dari pengertian, batas wilayah, fungsi bagi Negara – Negara yang menerapkan Zona Ekonomi Eksklusif hingga sejarah yang melatarbelakangi terbentuknya Zona Ekonomi Eksklusif ini. Semoga bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru bagi anda sampai jumpa di pembahasan artikel yang berikutnya.

Artikel Lainnya: